Jika Batal Nikah Dikabulkan, Asmirandah Berstatus Janda

Rabu, 27 November 2013 16:31 Penulis: Darmadi Sasongko
Jika Batal Nikah Dikabulkan, Asmirandah Berstatus Janda Jonas Rivanno - Asmirandah
Kapanlagi.com - Berbeda dengan pasangan suami istri lain, Asmirandah lebih memilih untuk membatalkan perkawinannya dengan Jonas Rivanno, ketimbang mengugat cerai.

Muncul pertanyaan tentang status mereka jika memang pengadilan mengabulkan pembatalan perkawinan? Apakah keduanya menyandang status janda dan duda atau seolah tidak pernah ada perkawinan di antara keduanya?

Humas Pengadilan Agama Depok, Jawa Barat, Suryadi, S. Ag, SH, MH, mengungkapkan, bahwa nantinya status Asmirandah dan Jonas Rivanno akan menjadi janda dan duda.

"Memilih bercerai atau pembatalan pernikahan itu hak prerogatif pemohon. Mengenai status akibat dari pembatalan nikah, jika dikabulkan hakim, ada janda ada duda," ungkap Suryadi saat ditemui di kantornya, Rabu (27/11).

Semula status Jonas sebagai mualaf sehingga mereka mengikat dalam perkawinan. Namun karena status Jonas yang kembali ke agamanya sebelumnya, Asmirandah merasa 'salah sangka' dan mengajukan gugatan pembatalan pernikahan.

"Kenapa mengajukan pembatalan perkawinan? Jadi ini persoalan ada salah sangka dan ternyata pihak termohon (Jonas Rivanno) tidak beragama Islam lagi," ungkap Suryadi.

(kpl/pur/dar)


REKOMENDASI
TRENDING