SELEBRITI

Awali Bisnis Sejak SMA, Mulanya Rachel Vennya Hanya Ingin Bisa Naik Ojek

Rabu, 10 April 2019 19:12 Penulis: Rezka Aulia

Rachel telah memulai bisnisnya sejak usia remaja. © Youtube: Raditya Dika

Kapanlagi.com - Sosok Rachel Vennya bisa dibilang jadi panutan remaja saat ini. Ia berhasil membangun kesuksesannya tanpa embel-embel nama belakang tenar. Rachel kini tak hanya sebatas selebgram, ia adalah pebisnis yang inspiratif.

Belum lama ini Rachel menjadi bintang tamu podcast miliki Raditya Dika. Dalam acara berdurasi 1,5 jam ini Radit bertanya banyak hal pada Rachel. Satu hal yang paling membuat penasaran tentang bagaimana Rachel memulai bisnisnya.

"Umur 17 aku jual produk kecantikan, sebenernya aku jual apa aja. Pertama kali banget aku jualan Kitkat yang dari Jepang. Pas aku SMA ada temen aku liburan ke Jepang, pulang kasih oleh-oleh satu orang dikasih 2," ungkap Rachel di awal video.

1. Jeli Melihat Peluang

Rachel mengaku selama sekolah ia bukan termasuk siswa pintar. Bahkan dengan jujur ia mengakui ranking 2 terbawah di kelasnya. Namun Radit memuji otak bisnis Rachel yang amat jeli.

"Terus aku cari di forum jual beli penjual Kitkat yang lebih murah. Temen aku jual 200 ribuan, aku dapat sekatung cuma 110 ribuan. Aku bilang ke temen-temen, 'Tante aku mau ke Jepang, ada yang nitip gak?'," kenang Rachel.

2. Jarang Diberi Uang Jajan

Rachel mengaku tumbuh di keluarga sederhana. Sosok ibunda Rachel bukan tipikal ibu yang memanjakan anaknya. Semasa masih SMA Rachel mengaku diberi jarang diberi uang jajan.

"Mama aku jarang kasih uang jajan, dikasih uang seminggu 200 ribu. Rumah aku ke sekolah jauh banget, kalau naik angkot 1 kali (perjalanan) 8 ribu karena harus 3 kali ganti. Tapi kalau naik ojek itu 40 rb sekali jalan," terang Rachel sambil tertawa.

3. Alasan Utama Berdagang

"Kenapa aku jualan Kitkat karena aku pengen naik ojek. Capek banget naik angkot, belom ketiduran dan kelewatan tempat stop. Dulu ojek itu mahal banget, ga ada angkot yang ngelewatin rumah aku harus ganti berkali-kali," ujar Rachel dengan polos.

Merintis usaha sejak masih di bangku sekolah, kini Rachel menuai hasilnya. Wanita yang kini berhijab ini telah memiliki sejumlah rumah makan dan bisnis lainnya. Di usia cukup muda Rachel mengakhiri masa lajang dengan kekasihnya, Nico Al Hakim.

 

 


REKOMENDASI
TRENDING