SELEBRITI

Belum Bebas, Rizky Nazar Masih Harus Jalani Rehabilitasi di BNNK Jakarta Selatan

Selasa, 01 Maret 2022 22:30

Rizky Nazar ketika tertangkap karena narkoba © KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Diketahui aktor Rizky Nazar belum lama ini telah diamankan pihak kepolisian terkait kasus penyalahgunaan narkoba di kediamannya kawasan, Kramat Jati, Jakarta Timur. Saat ini lelaki berusia 25 tahun ini masih menjalani rehabilitasi di BNNK Jakarta Selatan.

Kepala BNNK Jakarta Selatan, Dikdik Kusnadi menyebut aktor Rizky Nazar saat ini masih harus menjalani dua kali rawat jalan terkait penyalahgunaan narkoba. Ia juga menjelaskan bahwa tak ada perlakuan khusus kepada para selebriti Tanah Air yang dalam proses penyembuhan akan kecanduan barang haram tersebut.



1. Masih 2 Kali Rawat

"Sebetulnya bukan bebas dia masih 2 kali lagi untuk rawat jalan. Kan 8 kali rawat jalan jadi masih tinggal 2 kali lagi di BNNK Jakarta Selatan," ungkap Dikdik Kusnadi saat dihubungi, Selasa (1/3).

"Jadi ini pembelajaran buat siapapun jangan berpikir karena artis kemudian dapat perlakuan spesial, tidak. Kebetulan aja kalau artis itu dikejar media, orang-orang tidak dicari media sementara yang prosesnya sama dengan Rizky itu banyak," lanjutnya.

2. BNNK Over Kapasitas

Selain itu, Dikdik juga menjelaskan bahwa saat ini BNNK Jakarta Selatan menghindari over kapasitas. Sehingga pada kasus kecil restorasi justice mungkin dilakukan.

"Untuk menghindari over kapasitasnya lapas, untuk kasus-kasus yang nol koma, nol koma, yang kecil-kecil itu ada kebijakan Kapolri soal restorasi justice. Kemudian tentu tetap melibatkan tim asesmen terpadu antara Kepolisian, BNN, Kejaksaan, untuk melihat dari semua sisi. Dari sisi medis dilihat. Riwayat penyalahgunaannya. Jenis apa dia pakai, sudah berapa lama dia pakai, dan bagaimana kondisi fisik dan psikisnya," ujarnya.

3. Berobat Jalan

Dikdik juga menilai bahwa kasus Rizky Nazar masih bisa ditindak lanjuti untuk proses ke depannya untuk pertimbangan apakah pengobatan berjalan perlu dilakukan.

"Nah, Rizky ini penyalahguna cannabis ya atau jenis ganja, kalau nggak salah tembakau gorila sisa-sisa. Kemudian tentu kami lihat dari asesmen pandangan hukum apakah yang bersangkutan ada indikasi peredaran atau tidak, tergolong dalam peredaran atau tidak, ternyata tidak. Jadi, hanya pengguna murni. Artinya perlu dilakukan menindaklanjuti hasil asesmen di mana yamg bersangkutan kategorinya ketergantungan sedang maka perlu dilakukan berobat jalan," pungkasnya.

(kpl/irf/phi)


REKOMENDASI
TRENDING