SELEBRITI

Cinta Laura Kiehl Ajak Generasi Kekinian Ubah Mindset Lewat #SerunyaBelajar Ada di TikTok

Sabtu, 02 Juli 2022 00:01 Penulis: Wuri Anggarini

(c) Fimela/Daniel Kampua

Kapanlagi.com - Dikenal sebagai sosok yang cerdas dan berprestasi, Cinta Laura Kiehl termasuk salah satu selebriti yang sangat mengutamakan pendidikan dan personal development. Hal ini selalu ia ungkapkan lewat postingan hingga berbagai kegiatan sehari-hari yang membuat sosok yang satu ini selalu menghadirkan inspirasi tersendiri buat para fansnya. Ngobrolin soal edukasi, Cinta menganggap belajar adalah sebuah proses yang terjadi seumur hidup dan terus-menerus. Sementara itu, zaman yang terus berubah membuat mindset dan cara belajar generasi kekinian pun sudah waktunya berubah juga.

Belajar nggak harus menjadi kegiatan yang penuh paksaan dan membosankan kok, karena #SerunyaBelajar Ada di TikTok mengajak generasi masa kini menikmati proses belajar yang lebih fun. Ini dia kampanye edukasi terbaru yang diluncurkan oleh TikTok dengan menggandeng Cinta sebagai TikTok Edu Ambassador.

Kampanye ini resmi diluncurkan dalam sesi press conference virtual di Zoom yang berlangsung pada Rabu (29/06/2022) yang menghadirkan Kevin Chandra (Education & Lifestyle Creators Partnership Lead, TikTok Indonesia), Cinta Laura Kiehl (TikTok Edu Ambassador), Tjokro W. atau yang dikenal sebagai Pak Win dan Vina Muliana yang dikenal sebagai creator top TikTok di bidang edukasi.

Terpilih menjadi TikTok Edu Ambassador, Cinta banyak membagikan inspirasi buat generasi kekinian tentang proses belajar yang kini bisa dilakukan lewat media digital seperti TikTok. Apa sih kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok dan inspirasi apa saja yang dihadirkan oleh para speakersnya? Intip lebih jauh!

1. Dunia Makin Kompetitif, Cinta Ingin Ubah Mindset Proses Belajar

Obrolan inspiratif hadir dalam sesi press conference secara virtual tersebut. Sebagai salah satu public figure yang aware dalam bidang pendidikan, ia mengungkapkan pentingnya untuk terus belajar karena zaman terus berubah dan dunia yang makin kompetitif.

“Kalau ingin setara dengan orang-orang di negara lain, harus terbuka pemikirannya dan harus mau belajar. Kalau sekarang kamu merasa expert dalam bidang tertentu, pasti ada kelompok lain di luar sana yang kemampuannya lebih dari kita,” ungkap Cinta.

Cinta juga selalu mengutamakan edukasi dan mengajak generasi kekinian mulai mengubah mindset mereka tentang proses belajar.

“Cara berpikir masyarakat sudah mulai berubah, tapi anak muda masih melihat nilai di atas kertas sebagai standar kemampuan mereka. Saat melihat nilai di bawah 90 mereka jadi down. Mindset ini yang harus diubah karena nggak semua orang yang dites bisa terlihat keunggulannya di atas kertas. Dengan adanya platform digital seperti TikTok, kita bisa belajar dengan metode yang suitable buat mereka agar bisa mengaplikasikan apa yang dipelajari dalam kehidupan nyata. Nggak hanya public figure saja, tapi orang-orang biasa juga bikin konten dan itu yang membuat lebih related dengan kita. TikTok juga membuat proses belajar jadi nggak merasa terpaksa, tapi kita juga bisa memilih konten yang disukai” lanjutnya.

2. #SerunyaBelajar Ada di TikTok Dorong Terciptanya Konten Edukasi yang Kreatif

Menggali lebih jauh tentang kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok, Kevin menjelaskan bahwa kampanye ini merupakan update dari #SamaSamaBelajar yang sudah sukses dilakukan TikTok sebelumnya dan berhasil menembus 95 miliar views. Latar belakang utamanya adalah perkembangan konten edukasi yang makin meningkat, bahkan menjadi salah satu top category di TikTok.

“Perkembangan edukasi di TikTok ngga luput dari dukungan komunitas yang aktif berkreasi yang menjadikan TikTok tempat belajar yang menghibur. Fitur TikTok mempermudah orang untuk berbagi pengetahuan dan skill yang dikuasai. Bikin konten edukasi jadi lebih menarik dan mudah dicerna,” jelas Kevin.

Kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok juga berlangsung sejalan dengan pembelajaran melalui platform digital yang didorong oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek). Metode pembelajaran digital juga menjadi upaya Kemendikbudristek menciptakan lingkungan internet yang sehat sebagai media belajar.

Lebih jauh lagi, Kevin menjelaskan bahwa rangkaian kampanye #SerunyaBelajar Ada di TikTok dilaksanakan secara hybrid mulai tanggal 27 Juni hingga 10 Juli. Ada 3 kegiatan utama yang ada dalam kampanye tersebut. Dimulai dari Hashtag Challenge untuk semua pengguna TikTok di atas usia 18 tahun, selanjutnya ada TikTok Live Series dengan tema Serunya belajar Bangun Masa Depan pada 29 Juni – 7 Juli 2022. Selain itu, ada juga acara yang digelar secara offline di MBloc Space yang akan diisi dengan Creative Edu Exhibition pada tanggal 4-10 Juli 2022 yang terbuka untuk umum secara gratis dan Networking Party yang digelar secara hybrid pada 9-10 Juli 2022.

Khusus untuk Networking Party, acara ini merupakan sesi mentorship bersama para key speakers dan TikTok Educator Creator yang pastinya sudah nggak asing lagi buat kamu. Bagi yang nggak sempat datang langsung, bisa tetap menyaksikan acaranya secara live streaming di @tiktokofficialindonesia mulai jam 1 siang.

Kelas inspiratif yang berlangsung selama 2 hari ini akan dibuka oleh sesi menarik bersama Rachel Amanda yang mengangkat tema Spektrum Kepribadian Manusia di Dunia Hari Ini. Sesi selanjutnya menghadirkan kelas bersama Pak Win dengan tema Cerdas Memulai Bisnis dan Vina Muliana yang lewat kelas personal development yang membahas Mempersiapkan Karier dengan Cerdas. Terakhir ada kelas super master dari Anton Ismael tentang fotografi lewat tema menarik Melihat Ketidakteraturan Dunia Melalui Lensa.

Hari kedua nggak kalah inspiratif! Kamu akan disambut oleh super master Merry Riana yang akan berbagi inspirasi tentang Berbahagia dengan Kreativitas yang Tepat untuk Dunia. Kreator lain juga akan mengisi kelas selanjutnya, yaitu @urrofi_ yang akan berbagi dengan tema Menyambut Era Baru Audio Visual dan Erika Richardo yang mengisi kelas Berekspresi Melalui Lukisan. Terakhir, super master Garin Nugroho akan menghadirkan inspirasi baru lewat tema Berkembang dan Berbagi dengan Bercerita.

3. Belajar Bikin Konten Edukasi yang Kreatif dari Ahlinya

Konten edukasi di TikTok menempati top category juga nggak terlepas dari dukungan para kreator yang ada. Misalnya saja Pak Win, kreator dan Pemenang TikTok Awards 2020 kategori Best of Learning & Education yang dikenal membagikan konten tips finansial dan bisnis. Bahasan yang berat bisa jadi konten yang seru dan mudah dicerna berkat kreativitas Pak Win dalam berbagi informasi edukasi kepada pengguna TikTok lainnya.

Pak Win pun membagikan salah satu tipsnya untuk membuat konten menarik yang bikin orang nggak bosan saat menonton.

“Supaya lebih menarik, menurut saya ada elemen dari sisi keunikan. Bisa jadi nada suara atau kata yang diucapkan berulang. Ini harus konsisten ada di setiap konten kita. Lalu jangan lupa dari sisi trending bisa lewat hashtag, lagu, atau efek. Kita bisa sinergikan dengan konten kita. Misal ada filter menangis yang seperti tertawa, kita cari konten apa yang kira-kira cocok dengan filter itu. Jangan lupa engage dengan user, jawab pertanyan mereka atau buat jadi konten lain,” jelas Pak Win.

Ada juga Vina Muliana, kreator yang berbagi konten karier dan pengembangan diri, sekaligus Pemenang TikTok Awards 2021 kategori Best of Learning & Education. Vina menganggap bahwa konten menarik adalah yang paling related dengan kehidupan sehari-hari.

"Menurut aku harus practical dan harus related. Aku merasa konten related itu paling disukai, jadi kalau mau membuat konten edukasi cari permasalahan orang banyak dan beri solusinya lewat video kamu,” jelas Vina.

Baru melalui sesi press conference saja, sudah banyak banget inspirasi yang dibagikan TikTok lewat kampanye #SerunyaBelajar Ada di Tiktok ini kan! Jadi nggak sabar buat belajar lebih banyak hal lagi? Makanya jangan lewatkan rangkaian acara #SerunyaBelajar Ada di TikTok mulai dari Hashtag Challenge, TikTok Live Series, hingga offline event di MBloc Space yang akan datang! Don’t miss it!

Cek informasi menarik lainnya lewat #SerunyaBelajar di TikTok atau langsung saja klik di sini.

(adv/wri)

Editor: Wuri Anggarini


REKOMENDASI
TRENDING