Daripada Guru Spiritual, Dude Harlino Pilih Belajar ke Para Ustaz

Kamis, 01 September 2016 17:15 Penulis: Ahmat Effendi
Daripada Guru Spiritual, Dude Harlino Pilih Belajar ke Para Ustaz Dude Harlino ©KapanLagi.com

Kapanlagi.com - Dunia selebriti sempat diwarnai dengan munculnya nama-nama yang menjadi guru dan penasehat spiritual artis. Misalnya saja Gatot Brajamusti, Ki Kusumo, Umi Nung hingga Eyang Subur yang kontroversial. Namun ketimbang belajar kepada guru spiritual seperti itu, aktor Dude Harlino lebih memilih belajar kepada Ustaz.

Sebagai artis yang dikenal cukup religius, Dude Harlino percaya bahwa setiap umat Islam memiliki kewajiban untuk menuntut ilmu. Namun tetap ada rambu-rambunya yaitu bahwa ilmu yang didapat tidak boleh keluar dari syariat, Al Quran dan Hadis.

"Begini, di dalam Islam kita harus diwajibkan menuntut ilmu. Menuntut ilmu bisa sendiri bisa melalui majelis taklim, artinya ada gurunya ada ustaznya ada para kiai. Pesantren juga ada guru. Ada kepala pesantrennya. Ada kiai. Jadi semua orang yang berikan ilmu pada kita bisa disebut guru kita," ujar Dude Harlino ditemui usai jumpa pers nominasi Panasonic Award di Sinergy Building, Dewi Sartika, Rabu (31/8).

Dude memilih ikut mengaji dan menyerap ilmu dari banyak Ustaz daripada memiliki guru spiritual khusus. ©KapanLagi.com/Agus ApriyantoDude memilih ikut mengaji dan menyerap ilmu dari banyak Ustaz daripada memiliki guru spiritual khusus. ©KapanLagi.com/Agus Apriyanto

"Jadi kalau penting nggak punya guru? Ya penting sekali. Tapi guru yang seperti apa. Nah itu yang jadi kata kuncinya. Guru yang membawa kita tidak keluar dari syariat islam dari Quran dan Hadis. Selama masih dalam jalur yang benar itu guru kita," tuturnya.

Tidak seperti banyak artis yang memiliki penasehat spiritual khusus, Dude tak memiliki satu Ustaz tersendiri. Baginya belajar ilmu agama dari banyak Ustaz lebih bisa memberikan pengetahuan yang menyeluruh, daripada fanatik kepada satu orang.

"Oh kalau khusus nggak. Saya belajar dari banyak orang. Saya belajar dari banyak ustaz. Belajar dari banyak kiai. Teman ustaz saya juga banyak jadi kalau ada apa apa saya tanya. Jadi ada pendapat dari mana mana lalu saya simpulkan," tandasnya.

(kpl/pur/sjw)

Reporter:

Mathias Purwanto


REKOMENDASI
TRENDING