Fandy Christian Diduga Ngevape di Dalam Pesawat, Ini Kronologinya

Senin, 14 Mei 2018 14:36 Penulis: Mahardi Eka
Fandy Christian Diduga Ngevape di Dalam Pesawat, Ini Kronologinya KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Akhir pekan lalu, beredar foto diduga Fandy Christian sedang digiring pihak Bandara. Kabar yang menyertainya, Fandy disebut telah melakukan pelanggaran peraturan penerbangan dengan merokok rokok elektrik vape.

Dalam penelusuran KapanLagi.com®, kejadian tersebut sebenarnya telah berlangsung pada Rabu (9/5) di Bandara Internasional Lombok Praya, NTB. Keterangan itu diberikan oleh Batik Air melalui rilis pers. Fandy yang kala itu turut serta dalam penerbangan ID 6950 rute Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng dengan tujuan Bandar Udara Internasional Lombok Praya, Lombok Tengah, NTB diketahui melakukan tindakan yang mengganggu kenyamanan perjalanan dan melanggara aturan penerabangan sipil.

Disebut dalam rilis tersebut, Fandy merokok menggunakan rokok elektrik (vape) di kamar kecil bagian depan. Kepala awak kabin dan pilot lantas melaporkan tindakan Fandy tersebut kepada petugas keamanan bandar udara (aviation security/ avsec).

Setelah mendarat di Lombok, awak pesawat, petugas layanan darat dan avsec langsung menangangi Fandy dan mengamankan barang bukti.
Batik Air menyerahkan Fandy kepada avsec dan otoritas bandar udara untuk pemeriksaan dan proses lebih lanjut.

Batik Air mempertegas bahwa seluruh operasional pesawat adalah bebas asap rokok termasuk rokok elektronik. Setiap penerbangan, awak kabin memberitahu penumpang bahwa merokok di pesawat adalah tindakan yang dilarang.

Menurut peraturan keselamatan penerbangan sipil (CASR) 25.854, setiap pesawat udara yang berkapasitas 20 orang atau lebih, wajib memasang pendeteksi asap (smoke detector system) di setiap kamar kecil.

KapanLagi yang berusaha menghubungi Fandy untuk klarifikasi belum mendapat respon hingga berita ini diturunkan. Namun, nampaknya Fandy bisa menyelesaikan urusan dengan pihak Bandara kala itu. Dari postingan IG story Sabtu (12/5) lalu, Fandy sudah berada di Pontianak. Dalam salah satu postingannya, Fandy menyebut kata "maaf" tanpa keterangan apa pun. Apakah itu ditujukan sebagai responnya atas insiden vape ini?

Postingan Fandy Christian dalam Instastory miliknya. Postingan Fandy Christian dalam Instastory miliknya.

(kpl/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING