SELEBRITI

Hotman Paris Analisis Kasus Audrey, Apakah Pelaku Dapat Diadili Atau Damai?

Rabu, 10 April 2019 19:05 Penulis: Dhimas Nugraha

Hotman Paris ©KapanLagi.com/Budy Santoso

Kapanlagi.com - Kasus Audrey ini memang menarik banyak perhatian banyak orang. Seperti beberapa waktu yang lalu, pengacara kondang Hotman Paris Hutapea juga berkeinginan membantu Audrey di pengadilan nanti. Namun, sebelum ia mulai membantu, Hotman Paris mengajak beberapa orang untuk menganalisa kasus yang menimpa Audrey tersebut.

Hotman Paris bersama dengan beberapa orang mencoba untuk membedah kasus kekerasan yang terjadi pada Audrey. Ia mengatakan ada beberapa kemungkinan untuk menyelesaikan kasus ini. Yaitu dengan cara damai dan kekeluargaan antara keluarga korban dan pihak keluarga pelaku. Hanya saja jika dugaan adanya kekerasan terbukti, maka seusai dengan hukum pidana yang berlaku, pelaku akan diadili seadil-adilnya di sidang pengadilan.

 

 

1. Diselesaikan Dengan Damai

Dalam videonya yang berdurasi sekitar 14 menit, Hotman mengatakan bahwa kasus ini bisa saja diselesaikan secara damai atau kekeluargaan. Hal ini sudah diatur dalam Undang-Undang No. 11 Tahun 2012, tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, dalam Pasal 10, yang disebut Kesepakatan Diversi. Namun, Hotman Paris juga menjelaskan bahwa pasal ini berlaku hanya terjadi kepada korban tindak pidana Ringan.

Menurut Hotman Paris, kejadian yang dialami oleh Audrey ini bukanlah tindak pidana ringan. Kekerasan yang terjadi kepada Audrey ini merupakan pelanggaran yang cukup berat. Adanya bekas luka di beberapa bagian tubuh menjadi salah satu bukti kuat bahwa adanya penganiayaan terhadap Audrey.

2. Dihukum Penjara

Meski ada kesepakatan damai dari keluarga pihak korban dengan terduga pelaku, polisi wajib harus melakukan penyidikan kasus yang berlaku. Dalam UU Perlindungan Anak, pelaku kekerasan terhadap Audrey jika terbukti bersalah, meski pelaku masih di bawah umur, maka sesuai hukum yang berlaku, para pelaku akan dihukum sekurangnya lima tahun hukuman penjara.

Tak hanya itu, apabila dugaan tentang kekerasan yang dilakukan pelaku kepada alat vital korban terbukti benar, maka itu bisa menjadi bukti kuat untuk memutuskan hukuman yang sesuai kepada pelaku. Dan jika itu memang terbukti benar, seharusnya pelaku saat ini sudah dipenjara.

Ia juga mengungkapkan hasil analisanya tersebut. Sesuai dengan UU No. 11 tentang Sistem Peradilan Pidana Anak, dan UU No. 32 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak, Kasus Audrey memenuhi syarat untuk disidik dan ditetapkan tersangka. Bahkan memenuhi syarat untuk dilakukan penahanan kepada yang diduga pelaku.


REKOMENDASI
TRENDING