SELEBRITI

Jadi Transgender, Oscar Lawalata Ungkap Sempat Ada Tentangan dari Keluarga

Rabu, 19 Agustus 2020 14:30

Oscar Lawalata (credit: instagram.com/oscarlawalata)

Kapanlagi.com - Oscar Lawalata baru saja membuat pengakuan lewat channel Youtube keluarganya, The Lawalatas. Setelah sang mama, Reggy Lawalata, yang menceritakan perasaannya dengan pengakuan Oscar, sekarang giliran sang desainer yang berbagi kisah tentang dirinya yang seorang transgender.

Oscar cerita dia sendiri mengalami pergolakan batin yang hebat. Hal ini tentunya semakin tidak mudah ketika ia harus menjelaskan masalah ini kepada keluarga. Meskipun pada akhirnya ibu dan adiknya, Mario Lawalata, bilang bisa menerima keadaannya.

"Nah keluarga saya pun untuk menerima social judgement beda dengan saya gitu. Mungkin mereka dengan caranya sendiri, saya dengan cara sendiri. Tapi mereka kalau ditanya juga, 'Aduh ini apa sih? Kenapa harus ada seperti ini sih?'. Kan nggak enak untuk mereka secara kenyamanannya. Jadi keunikan itu banyak juga perbenturan-perbenturan dari mereka untuk mengerti saya gitu. Yang di mana saya sendiri juga, pengertian ini memang perlu skill khusus," kata Oscar.

 

1. Cari Cara Buat Menjelaskan

Ketika ingin menjelaskan keadaannya pada keluarga, Oscar harus mencari cara supaya bisa dimengerti. Untungnya di balik semua itu, ia yakin kalau ibu dan adiknya adalah dua orang yang open minded.

"Saya memang berpikir, ini bagaimana saya menjelaskan. Tapi satu yang saya pegang, saya tahu mama saya dan adik saya itu adalah open minded. Tetapi mereka sendiri juga masih proses dengan open minded mereka itu. Karena mereka tidak mengalami yang saya alami. Tapi mereka mencoba mengerti apa yang saya alami. Tapi dalamnya saya itu kan mereka nggak bisa ukur, hanya saya yang bisa ukur itu. Artinya, saya berpikir, mereka tidak tahu sejauh apa yang saya rasa in the end," jelasnya.

2. Lama Tak Dimengerti

Banyak sakit hati yang dirasakan Oscar selama ini. Tapi bagaimanapun ia mencoba mengerti dari sudut pandang orang lain. Kalau kini banyak yang melihat keluarganya harmonis selalu, bagi Oscar itu butuh perjalanan panjang untuk bisa begitu.

"Kalau orang ngelihat kita kayaknya harmonis, perjalannya nggak seperti itu. Pasti ada prosesnya untuk saling mengenal satu sama lain. Dan akhirnya dengan pembenturan, kalau ditanya, kalau mau ngikutin, sakit hati saya, kekecewaan saya, pasti ada. Tapi pada saat saya kecewa dan sakit hati itu, tetap saya beli, pada akhirnya mereka selalu keluar kata, 'Kita terima kamu, tapi kadang kita nggak ngerti lo itu apa?'. Kan digituin nggak enak ya, 'Kok lu udah sekian puluh tahun sampai nggak ngerti aku juga tuh gimana sih?, gitu," cerita Oscar.

3. Tetap Terima Pendapat Keluarga

Pada akhirnya selain meminta untuk dimengerti, Oscar juga belajar mengerti perasaan orang-orang di sekitar mereka. Walau itu artinya, ia merasakan sakit hati.

"Tapi aku dalamin lagi, apa yang keluar dari mulut mereka itu, itu jujur mereka, walaupun sakit hati untuk saya. Kalau diukur sakit hati, pasti sakit. Karena untuk saya berjuang ama diri saya sendiri aja itu nggak semudah itu," pungkasnya.

Gimana komentar KLovers soal pengakuan Oscar?


REKOMENDASI
TRENDING