Kini Jadi Pelari, Dulu Nilai Olahraga Melanie Putria Jelek

Rabu, 10 Mei 2017 13:58 Penulis: Mahardi Eka
Kini Jadi Pelari, Dulu Nilai Olahraga Melanie Putria Jelek KapanLagi.com®

Kapanlagi.com - Melanie Putria yang kini aktif berlari punya kisah tak biasa seputar kegemarannya itu. Bagaimana tidak, ketika 2012 ia mengikuti Singapoer Marathon untuk pertama kalinya, ia belum punya bekal apa pun seputar teknik berlari. 

"Belum pernah lari seumur hidup. Belum tahu cara lari, langsung ikut, langsung full marathon nekat," akunya saat ditemui dalam preskon Bandung Marathon bersama Pocari beberapa waktu lalu. Saat itu Melanie berhasil menyelesaikan larinya selama lima jam.

"Aku sama sekali nggak latihan ya, karena for the sake of aku baru melahirkan. Enam bulan masih menyusui, kepengen kembali menjadi Melanie Putria yang memiliki daya karena aku dapat ngerasain kena baby blues syndrome," lanjutnya.

Pasca mengalami sindroma tersebut, Melani mengaku ada di titik terendah dalam kehidupan. Ia merasa tidak berdaya lagi, terutama menjadi seorang entertainer karena merasa tidak pede dengan perubahan bentuk badannya. Dari situ ia memilih marathon sebagai jalan keluar.

Melanie tidak menyangka bahwa ia bakal menjadi pelari saat dewasa jika mengingat masa kecilnya. Ia bercerita bahwa ketika masih duduk di bangku TK, ia berlangganan surat dokter agar diizinkan untuk tidak berolahraga. 

"Dulu kerjaan aku waktu TK, SD, dikasih surat dokter atau surat dari mama. Suratnya diberikan ke guru gitu ya, bahwa Melanie nggak bisa lari, nggak bisa olahraga hari ini karena kurang enak badan. Segitu payahnya," ceritanya. Oleh karenanya, nilai pelajaran olahraga Melanie sejak kecil selalu jelek. Hal tersebut dimanfaatkannya untuk jadi motivator buat temen-temen lain untuk berlari. 

Salah satu tips yang kerap diberikannya adalah tentang nutrisi. Ia punya tips bagi para pelari. "Sudah pasti mengandung banyak kalium, elektrolit yang dibutuhkan oleh pelari untuk mencegah kram. Terus kalau minuman uda pasti isotonik, aku nggak mau main-main kalau uda urusan minum," jelasnya. 

Kini, event marathon bukan lagi hal baru bagi Melanie. Ia telah mengikuti event di banyak negara. Bahkan beberapa di antaranya ia menjadi perwakilan sebuah brand untuk berlomba.

(kpl/dka)

Editor:

Mahardi Eka


REKOMENDASI
TRENDING