SELEBRITI

Kuasa Hukum Putra Siregar Sebut Ada Kejanggalan dalam BAP Nur Alamsyah

Jum'at, 15 Juli 2022 09:15

Lanjutan sidang kasus yang menyeret Putra Siregar. (credit: Kapanlagi.com/Muhammad Akrom Sukarya)

Kapanlagi.com - Kuasa hukum Putra Siregar dan Rico Valentino, Nur Wafiq Warodat, mempertanyakan keabsahan keterangan Nur Alamsyah dalam Berita Acara Pemeriksaan (BAP) yang dibacakan Jaksa di ruang sidang.

Pasalnya, ia menilai ada kejanggalan dalam BAP yang dilakukan Nur Alamsyah sebagai pelapor.

"Ternyata keterangan dalam saudara MNA dibuat dua kali satu pada 11 Maret bersama dia melaporkan dan yang kedua adalah pada tanggal 6 Juni," kata Nur Wafiq Warodat di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Kamis (14/7/2022).

1. Ada Kejanggalan

Kejanggalan pertama, kata Nur Wafiq Warodat, Nur Alamsyah menjalani pemeriksaan pada tanggal dia melapor, yang mana proses penyidikan belum dimulai.

"Bagaimana bisa dibuat BAP tanggal 11 oleh penyidik berdasarkan berita acara penyidikan padahal penyidikan belum dimulai. Penyidikan baru dimulai tanggal 16 Maret sehingga kami keberatan.
Ini kejanggalan pertama," ujarnya.

2. Tidak Ada Sumpah

Kemudian kejanggalan kedua adalah pemeriksaan pada 6 Juni 2022 tidak menyertakan sumpah.

"BAP yang kedua yang dibuat tanggal 6 Juni ternyata tidak didasari oleh berita acara sumpah jadi apapun yang dibacakan di sini bagi kami enggak ada artinya karena satu yang keterangan BAP dibuat sebelum penyidikan dan kedua BAP dibuat tanggal 6 Juni itu tidak ada berita acara sumpah," ucapnya.

3. Berharap Hakim Lebih Teliti

Ia pun berharap Majelis Hakim bisa jeli sehingga persoalan keterangan BAP Nur Alamsyah yang dibacakan Jaksa, bisa menjadi keuntungan kliennya.

"Nah kami harap itu dijadikan pertimbangan majelis hakim bahwa di tengah keragu-raguan, ada prinsip di mana hakim harus mengambil keputusan meringankan terdakwa," tuturnya.


REKOMENDASI
TRENDING