SELEBRITI

Mulan Jameela Jadi Anggota DPR, Warga Garut Sebut 'Dulu Pelakor Sekarang Perekor'

Senin, 23 September 2019 16:42 Penulis: Sora Soraya

Mulan Jameela © KapanLagi.com®/Bayu Herdianto

Kapanlagi.com - Mulan Jameela memang sempat mencalonkan diri sebagai wakil raykat pada Pemilu di bulan April lalu. Meski sempat kalah, kini namanya disebut akan segera menjabat sebagai anggota DPR RI.

Bukan sekedar rumor, kabar ini diumumkan langsung oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) lewat Surat Keputusan nomor 1341/PL.01.9-Kpt/06/KPU/IX/2019 pada 16 September 2019 lalu tentang perubahan atas keputusan KPU nomor 1318/PL.01.9-Kpt/06/KPU/VIII/2019 tentang penetapan calon terpilih anggota DPR dalam Pemilu 2019. Di sana tertulis jika Mulan Jameela akan menggantikan dua orang koleganya, Ervin Luthfi dan Fahrul Rozie.

Kabar ini pun sempat dikonfirmasi oleh Andre Rosiade, Wasekjen Partai Gerindra, "Memang Gerindra telah mendapat surat putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, dan putusan itu in kracht. Tentu kita melaksanakan perintah pengadilan itu dengan berkoordinasi dengan KPU dan KPU sudah memberikan surat ketetapan itu."

1. Tuai Protes dari Warga Garut

Namun ternyata, pengumuman KPU ini tidak bisa diterima sepenuhnya oleh sebagian warga dari Garut. Sebagian warga memprotes pencoretan nama Ervin Luthfi dari DPP Gerindra sebagai caleg yang terpilih untuk DPR RI periode 2019-2024.

Mereka pun akhirnya menggelar aksi demo dengan Solidaritas Aktivis, Pemuda dan Masyarakat Garut pada Minggu (22/9) kemarin. Dari foto-foto yang beredar di media sosial, massa pendemo bahkan membawa spanduk bertuliskan 'DULU PELAKOR, SEKARANG PEREKOR (PEREBUT KURSI ORANG)'.

2. Apa Kata Pendemo?

Heri Rustiana, Koordinator Solidaritas Aktivis, Pemuda dan Masyarakat Garut pun sempat menyampaikan pada Antara News, "Saya selaku masyarakat Garut kecewa, KPU tidak konsisten. Kita merasa prihatin ada kabar beliau (Ervin Luthfi) itu digeser dari posisi sebagai anggota DPR RI yang akan dilantik 1 Oktober mendatang."

Sementara itu, hingga saat ini KapanLagi.com® sedang berusaha menghubungi pihak Mulan yang belum buka suara terkait aksi protes warga Garut yang viral di media sosial itu. Buat kamu yang penasaran seperti apa kelanjutannya, simak terus update-nya hanya di KapanLagi.com®!


REKOMENDASI
TRENDING