Pilih Tak Menikah, Pak Raden Bahagia Dengan Banyak Muridnya

Sabtu, 31 Oktober 2015 14:15 Penulis: Wulan Noviarina
Pilih Tak Menikah, Pak Raden Bahagia Dengan Banyak Muridnya Pak Raden ©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto
Kapanlagi.com - Sampai akhir hayatnya, Pak Raden memilih untuk hidup selibat. Ia tak pernah menikah dan membentuk keluarga, tapi selalu ada banyak orang di sekelilingnya yang membantu dan membuatnya tetap bahagia.

Menurut sang kakak, Siswati, Pak Raden selama ini tinggal bersama asisten-asistennya. Selain itu juga banyak murid yang membuat harinya jadi berwarna, hingga Pak Raden tak pernah merasa kesepian.

"Pak Raden itu memang tidak berkeluarga. Dia tinggal sendiri bersama asisten-asistennya banyak yang membantu dia sebagai volunteer. Dia memang tidak berkeluarga, tidak punya istri, tidak punya anak. Tapi kami selalu bilang 'Pak Gu, anak-anak mu banyak sekali'," ujar Siswati saat ditemui di rumah duka, kawasan Petamburan, Jakarta, Sabtu (31/10).

Kartini, kakak Pak Raden nomor 6 mengungkapkan bahwa adiknya itu adalah sosok yang ceria. Ia selalu bisa menghangatkan segala suasana, bisa membuat anak-anak sampai orangtua merasa gembira.

Pak Raden bahagia tinggal dengan asisten dan punya banyak murid. ©KapanLagi.com®/Agus ApriyantoPak Raden bahagia tinggal dengan asisten dan punya banyak murid. ©KapanLagi.com®/Agus Apriyanto

Bersama asisten-asistennya, Pak Raden tinggal di rumah sederhana, namun ia tak pernah mengeluhkan hal itu. Ia pun belum sempat berpikir untuk pindah ke rumah yang diberikan oleh Silet Awards belum lama ini.

"Pak Raden itu betul-betul seorang seniman. Dia tidak memikirkan kekayaan punya rumah, dia sederhana sekali. Dia katanya bersyukur bisa tinggal di sini, ada kontak anak-anak di sini. Kalau saya tinggal di rumah mewah saya tidak akan kontak dengan masyarakat. Dia bahagia tinggal di sini," ujar Kartini.

Soal rumah yang diberikan oleh Silet Awards, Kartini belum tahu nantinya mau diapakan. Karena semasa hidup Pak Raden belum membicarakan hal tersebut dengan keluarganya.

"Belum ada rencana apa-apa karena memang terlalu cepat. Nggak terpikir untuk pindah, dia nggak mikir soal gitu. Dia bersyukur sekali dapat hadiah, tapi belum ada rencana apa-apa," pungkasnya.

(kpl/hen/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING