SELEBRITI

Polisi Rilis 5 Inisial Seleb yang Terlibat Jaringan Prostitusi Online, Siapa Saja?

Kamis, 10 Januari 2019 16:57 Penulis: Rezka Aulia

Lima artis ini akan diperiksa polisi. (Merdeka.com/Mochammad Andriansyah)

Kapanlagi.com - Perkembangan kasus prostitusi online yang melibatkan Vanessa Angel terus berlanjut. Beberapa hari lalu kepolisian mengaku telah mengantongi 100 nama artis, model, hingga selebgram yang terlibat. Kini pihak kepolisian berencana memeriksa 45 nama yang diduga terlibat.

Namun sebagai langkah pertama polisi akan memeriksa lima artis terlebih dahulu. Rencana ini diungkapkan oleh  Kapolda Jatim Irjen Pol Luki Hermawan, Kamis (10/1). Pemeriksaan ini dilakukan untuk membuktikan jaringan prostitusi online yang ada.

"Untuk menguatkan bukti penyidik akan memanggil ke lima artis tersebut," ujarnya. Inisial para artis ini adalah AC, TP dan BS, ketiganya dibawah asuhan TN. Sedangkan artis berinisial ML dan RF diurus oleh muncikari ES.

1. Bukti Transaksi 2,7 Miliar Rupiah

Perkembangan lain dari kasus ini juga dengan ditemukannya bukti transaksi keuangan dan data digital. Dari data ini penyidik mendapatkan total transaksi senilai 2,7 miliar. Angka ini diduga merupakan hasil prostitusi online yang tersimpan di satu rekening koran milik muncikari ES.

"Itu hitungan pertahun, dari mulai 1 Januari sampai 5 Desember 2018," ujar Dirreskrimsus Polda Jatim, Kombes Pol Akhmad Yusep Gunawan dilansir dari Merdeka.com.

2. Ancaman Hukuman ES dan TN

Polda Jatim telah merampungkan proses gelar perkara prostitusi online yang melibatkan ES dan TN. Dua germo ini akan dijerat dengan undang-undang ITE sebagai pasal utama. Masih ditambah dengan pasal yang mengatur tindakan asusila dan prostitusi.

Ancaman pidana yang harus dihadapi ES dan TN adalah kurungan satu tahun penjara. Namun besaran masa hukuman dapat berubah bila nantinya ditemukan lebih banyak bukti yang memberatkan keduanya.

 

Reporter: Erwin Yohanes

 

 


REKOMENDASI
TRENDING