SELEBRITI

Program Bayi Tabung Demi Anak Kedua, Tya Ariestya Siapkan Kocek Ratusan Juta

Sabtu, 25 Agustus 2018 21:45 Penulis: Sora Soraya

Tya Ariestya © KapanLagi.com®/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Genap dua tahun Tya Ariestya menjadi seorang ibu melalui program bayi tabung atau In Vitro Fertilization (IVF). Kini ia kembali menjalani proses tersebut untuk mendapatkan anak kedua.

Mantan atlet bela diri ini mengaku awalnya ingin hamil lagi melalui cara natural. Namun rupanya belum diperkenankan oleh Tuhan sehingga memulai program bayi tabung.

"Sebenarnya aku udah coba buat alami, kalau bisa alami ya alami karena setelah lahir anak pertama sengaja nggak KB. Tapi kayaknya belum dikasih buat alami, mungkin rezekinya melalui bayi tabung," kata Tya saat hadiri jumpa pers Morula: Fertility Science Week 2018, di kawasan Gondangdia, Jakarta Pusat, Jumat (24/8).

Memulai program bayi tabung ini, Tya akan merasa lebih mudah lantaran sebelumnya pernah menjalani proses yang sama. Namun tetap saja harus dilakukan dengan sabar dan perbanyak berdoa.

"Karena udah pernah jadi lebih ringan, udah tahu gimana step-step yang dijalani kayak apa. Cuma dosisnya yang beda karena berat badan aku beda, terus umur juga udah mulai meningkat. Mudah-mudahan bisa berhasil, yakin bisa berhasil," ucap Tya optimistik.

1. Sempat Gagal Bayi Tabung

Beberapa waktu lalu, Tya rupanya sempat gagal melaksanakan program bayi tabungnya ini. Namun ia tak berhenti mencoba demi memberikan Muhammad Kanaka Ratinggang seorang adik.

"Kemarin sempat belum berhasil gitu. Karena yang kemarin kita mulai dari freezing, kemungkinan embrio yang kita tanamkan kualitasnya belum terlalu bagus," ujar wanita berusia 32 tahun itu.

2. Banyak Dapat Support

Keberhasilan Tya Ariestya mendapatkan anak melalui bayi tabung sempat menuai respon bernada pro dan kontra. Beruntung, kemudian banyak yang tertarik mengikuti jejaknya demi memiliki momongan.

"Alhamdulilah banyak yang positif, karena aku nge-share dengan tujuan mengedukasi bayi tabung itu sebenarnya gimana, apa yang harus dilalui, tips-tips. Mereka semua pada termotivasi, banyak yang ikutan program dan besar yang berhasil," urainya seraya tersenyum.

"Keberhasilan itu tidak dilihat dari ending-nya yakni hamil. Karena hamil itu memang rezeki ya, tapi minimal kita usaha dengan bayi tabung supaya mempertemukan sperma dengan kualitas telur yang baik yang sudah kita pilih," kata Dr Ivan Rizal ditemui di tempat yang sama.

3. Rogoh Kocek Rp 100 Juta

Biaya untuk program bayi tabung tentunya tidak murah tergantung seperti apa kondisi seorang ibu. Namun tak akan sebanding apabila berhasil mendapatkan seorang anak. Tya dan suami pun tak ragu untuk merogoh kocek lebih dalam untuk kehadiran anak kedua.

"Kalau untuk program pertama yang Kanaka kemarin sekitar 60-an (juta). Kalau untuk saat ini akan lebih tinggi karena obat-obatan stimulasi yang aku dapatin, terutama suntikan, itu yang paling mahal. Jadi akan lebih tinggi, mungkin harganya bisa mencapai 100 (juta). Mungkin untuk bayangan siapin aja 60 (juta) sampai 100 (juta)," tandas istri Muhammad Irfan Ratinggang ini.

(kpl/abs/sry)

Reporter: Adi Abbas Nugroho


REKOMENDASI
TRENDING