Ribuan Masyarakat Sambut Kirab GKR Hayu - KPH Notonegoro

Rabu, 23 Oktober 2013 11:11 Penulis: Darmadi Sasongko
Ribuan Masyarakat Sambut Kirab GKR Hayu - KPH Notonegoro GKR Hayu dengan KPH Notonegoro @Foto: Merdeka.com
Kapanlagi.com - Setelah ijab kabul dan upacara panggih, prosesi pernikahan GKR Hayu dengan KPH Notonegoro dilanjutkan dengan kirab pengantin dan resepsi pernikahan di Kepatihan, Rabu (23/10). Ribuan masyarakat Yogyakarta menyambut meriah kirab pengantin sepanjang jalan. 

Senyum bahagia selalu terpancar dari pasangan pengantin baru, KPH Notonegoro dan GKR Hayu sepanjang arak-arakan. Dengan mengenakan busana berwarna hijau bludru, kedua mempelai melambaikan tangan kepada masyarakat yang sudah sejak pagi menanti kedatangan arak-arakan.

Empat ekor kuda putih perlahan membawa sepasang pengantin baru ini melewati alun-alun utara melewati perempatan Kantor Pos Besar menuju bangsal Kepatihan di kompleks Kantor Gubernur DIY.

Foto: Kraton Yogya Wedding @KratonWeddingFoto: Kraton Yogya Wedding @KratonWedding

Ekspresi kegembiraan tersebut juga ditunjukan oleh sejumlah masyarakat yang hadir dalam arak-arakan. Di antara mereka ada yang melambaikan tangan sembari meneriakkan nama GKR Hayu.

Weny mahasiswa salah satu perguruan tinggi di Yogyakarta yang hadir dalam arak-arakan tersebut mengungkapkan, turut mendoakan kedua pengantin baru. Mahasiswa yang sudah hampir lima tahun tinggal di Yogyakarta ini merasa sudah selayaknya masyarakat menyambut putri rajanya yang menikah.

Foto: Kraton Yogya Wedding @KratonWeddingFoto: Kraton Yogya Wedding @KratonWedding

"Inikan putri raja, jadi kita juga turut bahagialah, ya walau saya bukan warga asli Yogya, tapi saya bisa merasakan kebahagiaan itu juga," tutur Weny.

Arak-arakan pengantin baru dan kerabat Kraton ini merupakan wujud dari kesatuan antara Kraton dengan masyarakat atau yang bisa dikenal dengan istilah Manunggal Ing Kaluwo Gusti yang bisa diartikan bersatunya pemimpin dengan rakyat akan mendatangkan kemakmuran.

(kpl/mdk/dar)


REKOMENDASI
TRENDING