Saipul Jamil Dipenjara, Lawyer Perjuangkan Kebebasannya: Doakan 2 Bulan dari Sini

Senin, 21 Januari 2019 18:34 Penulis: Dhefa Mauren Roos Mary
Saipul Jamil Dipenjara, Lawyer Perjuangkan Kebebasannya: Doakan 2 Bulan dari Sini Kuasa hukum Saipul Jamil © KapanLagi.com/Bayu Herdianto & Saipul Jamil © KapanLagi.com/Agus Apriyanto

Kapanlagi.com - KLovers kangen nggak sih sama Saipul Jamil? Lama mendekam di jeruji besi, kini ada kabar terbaru nih tentang pria yang akrab disapa Bang Ipul ini. Apa sih kabar terbarunya?

Hari ini kakaknya, Samsul Hidayatullah, dan kuasa hukumnya, Deddy DJ mendatangi Pengadilan Negeri Jakarta Utara, Senin (21/1). Tujuan kedatangan mereka ini adalah untuk mengurus kelanjutan putusan hukum Saipul Jamil. Termasuk untuk mengurus kebebasannya!

Menurut sang pengacara, Saipul Jamil telah menjalani dua per tiga hukuman yang dijatuhkan padanya. Itu artinya tidak lama lagi mantan suami Dewi Perssik ini akan segera bebas dari penjara.

Kuasa hukum Saipul Jamil © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoKuasa hukum Saipul Jamil © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

"Kebetulan emang hari ini kita dalam agenda ke Pengadilan Negeri, Jakarta Utara. Dalam hal ini kami mewakili keluarga besar Saipul Jamil menindak lanjuti progres isi daripada isi putusan peninjauan kembali. Karena terkait masalah putusan di Jakarta Utara sendiri kan 3 tahun, kemudian jaksa tidak terima dan banding, sehingga putusannya menjadi 5 tahun (yang mengarah kepada) Pasal 82, sedangkan di tingkat pertama itu pasal 292. Kemudian kita menjalani, ikhlas, namun ada sesuatu yang memungkinkan kita melakukan peninjauan kembali. Dan alhamdulillah di 11 Desember 2017 sudah putus. Namun di dalam amar putusannya selain memang ditolak untuk bebas tetapi kembali ke pasal 292," ungkap Deddy.

"Nah, ini yang kami lagi beresin di PN JakUt. Untuk apa? Supaya kita menyamakan antara Pengadilan Tingkat Pertama dengan Mahlamah Agung. Kalau memang Mahkamah Agung menolak kita tidak ada masalah. Tapi kembali ke pasal 292, berarti kalau kembali ke pasal 292 yang vonisnya 3 tahun, dikali dua dengan vonis KPK 3 tahun, berarti kan enam tahun. Kita sudah menjalani dua per tiga, berarti empat tahun. Kurang lebih 2 tahun sudah dijalani, dapat remisi 10 bulan jadi mungkin 2 bulan ke depan persiapan kita untuk Saipul Jamil bisa bersama kita di luar, bisa menghirup udara segar sama-sama dengan kita. Karena apa? Kita rindu, keluarga rindu, fans-fans Saipul Jamil juga rindu jadi kami dari keluarga besar Saipul Jamil meminta doanya agar proses keluarnya Saipul Jamil ini bisa keluar dengan lancar, dengan baik dan tidak ada sedikitpun suatu hambatan," sambungnya menjelaskan.

Kuasa hukum Saipul Jamil, Deddy DJ, dan kakak Saipul Jamil memperjuangkan kebebasan Saipul Jamil © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoKuasa hukum Saipul Jamil, Deddy DJ, dan kakak Saipul Jamil memperjuangkan kebebasan Saipul Jamil © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Perwakilan Keluarga Agak Gak Puas
Selain itu Deddy juga menjelaskan kalau perwakilan pihak keluarga agak tidak puas dengan fakta di lapangan. Seharusnya petikan putusan Saipul Jamil sudah diterima jauh-jauh hari. Sayangnya faktanya tidak demikian.

"Hari ini kita minta di Pengadilan Tingkat Pertama, namun kami dari perwakilan keluarga agak gak puas. Putusan itu sudah keluar 11 Desember 2017, sekarang sudah masuk 2019. Harusnya petikan putusan sudah ada di sini.
Maka pagi ini kami make sure kepada Pengadilan Tingkat Pertama tentang petikan putusan, namun disampaikan kita langsung ke MA. Jadi, kami dari sini sudah luruskan akan langsung ke MA," lanjut Deddy.

Kakak Saipul Jamil © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoKakak Saipul Jamil © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

Kapan Bebas Resmi?
Karena itulah sebagai kuasa hukum Saipul Jamil, Deddy DJ mendampingi pihak perwakilan keluarga untuk memperjuangkan nasib kebebasan Saipul Jamill. Sayangnya ia belum bisa memberitahu kapan Saipul Jamil resmi
bebas.

"Doakan 2 bulan dari sini kita lagi persiapkan kebebasan beliau," jawab Deddy DJ.

Sang kuasa hukum belum bisa memberi kepastian kapan Saipul Jamil akan bebas © KapanLagi.com/Bayu HerdiantoSang kuasa hukum belum bisa memberi kepastian kapan Saipul Jamil akan bebas © KapanLagi.com/Bayu Herdianto

"Kemarin Bang Samsul sudah koordinasi dengan bagian lapas maka hari ini ke sini untuk meluruskan baik MA, dari lapas, maupun Pengadilan Pertama sehingga dokumentasinya bisa clear dan Bang Ipul bisa kembali bersama kita.
Habis ini kita ke MA langsung berkabar ya," pungkasnya.

Kita tunggu saja kabar selanjutnya dari Bang Ipul  ya, KLovers!

(kpl/aal/ren)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING