INDONESIA

'THE MIRROR NEVER LIES', Laut Itu Cermin Besar

Jum'at, 29 April 2011 10:14  | 

Atiqah Hasiholan


'THE MIRROR NEVER LIES', Laut Itu Cermin Besar
Film THE MIRROR NEVER LIES





KapanLagi.com -
Oleh: Puput Puji Lestari

Pemain: Atiqah Hasiholan, Reza Rahadian, Gita Lovalista, Eko dan Zainal.

Dibuka dengan pemandangan alam menakjubkan dari daerah Wakatobi, film ini langsung menunjukkan kualitasnya sejak menit pertama. Pemandangan alam yang alami tanpa ada trik kamera memukau mata. Tak heran jika film ini memang ditujukan untuk merefleksi keindahan dan tantangan alam Wakatobi, Sulawesi Tenggara.

Suku Bajo, adalah suku yang bertahan hidup di laut dengan kesederhaan. Seorang anak perempuan Bajo, Pakis (Gita Lovalista) tidak percaya ketika semua orang mengatakan Bapaknya yang tidak juga pulang dari laut telah meninggal. Ia selalu mengatakan bahwa Bapaknya hilang. Bersama dengan kawannya, ia menghampiri dukun untuk melakukan ritual Bajo yang menggunakan cermin, Pakis berusaha mencari jawaban akan keberadaan Bapaknya.

Gara-gara berharap Bapaknya pulang, setiap tengah malam Pakis terjaga. Ia bangun hingga subuh, dan langsung menuju dukun. Tak pelak di sekolah Pakis sering tertidur. Sebagai janda, Ibu Pakis (Atiqah Hasiholan) lebih realistis. Hidup berdua dengan Pakis, ia berusaha memenuhi kebutuhan hidup dengan pendapatan seadanya. Sama-sama merasa tertekan dengan keadaan, Pakis dan Ibunya sering bertengkar.

Konflik semakin sering terjadi ketika seorang peneliti lumba-lumba bernama Tudo (Reza Rahadian) datang di tengah mereka. Tudo menempati rumah Bapak Pakis yang kosong. Pakis yang merasa Bapaknya belum meninggal, tidak bisa menerima kenyataan tersebut. Seiring waktu, Pakis justru merasakan perubahan pada tubuh dan pikirannya.

Konflik keluarga ini berlangsung sangat singkat. Dengan keluguan anak-anak Wakatobi, film ini terasa segar. Sehingga tanpa disadari kita diajak berbincang tentang filosofi hidup Suku Bajo yang dikenal sebagai pelaut handal. Laut adalah cermin besar, darinya kita bisa mendapat kenikmatan. Darinya pula kadang laut menjadi ganas, mengambil milik kita.

Sebagai film pertama, Kamila Andini sangat tertolong dengan keindahan alam Wakatobi. Meluluhkan alam laut tentu bukan perkara mudah. Menyederhanakan konfilk keluarga agar bisa dinikmati anak-anak juga tugas berat. Karenanya, Kamila layak mendapat jempol. Namun, di beberapa scene masih ada infokus yang sedikit mengganggu. Tapi secara keseluruhan, ini adalah film yang memang pantas mendapat penghargaan kelas dunia The Global Film Initiative. Highly recomended. (kpl/uji/nat)

Genre:Drama
Jadwal Tayang:5 Mei 2011
Sutradara:Kamila Andini
Produser:Garin Nugroho
Nadine Chandrawinata
Produksi:Set Film
World Wide Fund for Nature Indonesia (WWF-Indonesia)
Durasi:100 Menit

Lihat Galeri Foto Film THE MIRROR NEVER LIES:

THE MIRROR NEVER LIESTHE MIRROR NEVER LIES
THE MIRROR NEVER LIESTHE MIRROR NEVER LIES
THE MIRROR NEVER LIESTHE MIRROR NEVER LIES