INDONESIA

[REVIEW] 'BUKAAN 8'

Kisah Romantis Pasangan Milenial Merebut Restu
Selasa, 07 Maret 2017 10:52  | 

Chicco Jerikho


Kisah Romantis Pasangan Milenial Merebut Restu
©Visinema Pictures

KapanLagi.com - [SPOILER ALERTS]

BUKAAN 8 adalah salah satu film karya terbaru sutradara Angga Dwimas Sasongko yang dibintangi oleh Chicco Jerikho dan juga Lala Karmela. Dirilis pada 23 Februari lalu, film ini sudah mengumpulkan sekitar 73.519 penonton, menurut data yang dilansir oleh filmindonesia.or.id hingga hari ini. Apa sih yang diceritakan Angga dan juga Salman Aristo sebagai penulis naskah di sini?

BUKAAN 8 menyoroti hubungan pasangan milenial Alam (Chicco Jerikho) dan juga Mia (Lala Karmela). Film dibuka dengan adegan di mana Alam sedang mengantarkan sang istri, Mia, yang akan segera melahirkan putra pertama mereka. Demi kenyamanan Mia, Alam ngotot untuk membawanya ke sebuah rumah sakit bergengsi dan berencana untuk meminta Mia beristirahat di ruang VIP.

Sayang, karena keteledoran Alam, diskon kamar VIP sudah berakhir. Di sinilah masalah bermula. Alam, yang seorang influencer dan aktivis di Twitter serta seorang pegawai percetakan buku independen, harus berjibaku mencari tambahan dana bagi proses kelahiran anak pertamanya itu.

Alam dan Mia yang nantikan kelahiran anak pertama mereka/©instagram.com/bukaan8Alam dan Mia yang nantikan kelahiran anak pertama mereka/©instagram.com/bukaan8

Usut punya usut, Alam tak ingin harga dirinya jatuh di depan kedua orangtua Mia yang cukup berada. Segala cara, yang cukup ruwet dan kocak, berusaha dilakukan Alam agar Mia tetap bisa stay di kamar VIP. Meski akhirnya bisa beristirahat di kamar baru yang tenang dengan pemandangan city lights, masalah tak selesai begitu saja.

Ada sebuah kejadian yang akhirnya membuat Mia super marah dan ibunda Alam kecewa berat. Ujungnya, Alam 'ditendang' keluar dari kamar, padahal Mia sedang mengalami kontraksi hebat dan terus berjuang untuk melahirkan secara normal padahal bayinya sungsang.

Hancur, Alam pun masih terus berusaha mencari tambahan dana untuk proses persalinan Mia. Sampai ia tak sengaja bertemu dengan rekannya, Erick (Uli Herdinansyah). Ia menawarkan bayaran cukup mahal bagi Alam asal ia mau bekerja untuknya, meski pekerjaan itu berlawanan dengan idealisme Alam. 

Demi kamar VIP, Alam berusaha memberikan yang terbaik/©instagram.com/bukaan8Demi kamar VIP, Alam berusaha memberikan yang terbaik/©instagram.com/bukaan8

Masih terus galau dengan pekerjaan yang makin berantakan, Alam bertemu dengan seorang mandor kontraktor yang juga sedang kebingungan. Long story short, Alam pun menerima tawaran untuk mengoperasikan crane, berbekal video tutorial dari Youtube demi uang cash.

He's back, tepat pada waktunya, dan bisa menyaksikan kelahiran jagoannya. Everybody's happy, restu orangtua bisa direbut dan at least, ada rasa lega yang menyelimutinya.

Overall, BUKAAN 8 adalah hiburan yang kocak namun cerdas. Kalian bakal dibuat ngakak karena kelakuan Alam yang diperankan apik oleh Chicco. Meski agak sedikit main aman, karakter Alam seolah sudah menyatu dengan seorang Chicco.

Sayangnya, Angga dan Salman membungkus konflik pekerjaan dan juga sindiran-sindiran politik dalam twitwar Alam terlalu terburu-buru. Andai saja kita tahu lebih detail dan pelan soal masalah yang terjadi dalam pekerjaan Alam, konfliknya dengan Erick, maka akan lebih mudah mendapatkan feel kekecewaan dan kemarahan calon bapak ini. 

Chemistry Chicco dan Lala bikin baper!/©instagram.com/bukaan8Chemistry Chicco dan Lala bikin baper!/©instagram.com/bukaan8

Meski demikian, inti cerita yang ingin disampaikan bisa dibilang cukup 'kena'. Cerita bagaimana seorang calon ayah berusaha untuk membuat nyaman proses hidup dan mati bagi sang istri serta menyambut kedatangan anak pertama yang dinanti, membuat beberapa penonton terdiam, bahkan meneteskan air mata. Setelah dibuat sakit perut, kita seolah ditampar keras dengan konflik-konflik yang hadir.

Akting Lala Karmela sebagai Mia juga cukup keren. Mampu menghadirkan emosi yang real dan membuat kita terkesiap, Lala membuktikan bahwa ia mampu memberikan yang terbaik setelah aktingnya di film NGENEST sebagai istri Ernest Prakasa. Chesmistry-nya dengan Chicco? Asli lah bikin baper bagi para jomblo!

More details, grading warna dalam film kurang konsisten. Ada beberapa bagian adegan yang terlalu gelap dan kurang nyaman di mata. Tapi, usaha Visinema tentunya super keras karena berhasil mengambil gambar di sebuah rumah sakit, which is hal tersebut tidaklah murah.

Seandainya, tak terlalu terburu-buru dan lebih smooth dalam mengemas tiap adegan, it would be amazing. But, a very good job and dedicated work from Visinema. Salute!

Sudah nonton BUKAAN 8?/©instagram.com/bukaan8Sudah nonton BUKAAN 8?/©instagram.com/bukaan8

(kpl/tch)