INDONESIA

[Review] 'HELLO GOODBYE', Memaki Perpisahan Mengutuk Pertemuan

Rabu, 28 November 2012 17:01  | 

Atiqah Hasiholan


[Review] 'HELLO GOODBYE', Memaki Perpisahan Mengutuk Pertemuan
Sumber: KapanLagi.com«




KapanLagi.com - Oleh: Puput Puji Lestari

Indah (Atiqah Hasiholan) yang bekerja di KBRI Busan suatu hari bertemu dengan pelaut Indonesia bernama Abi (Rio Dewanto). Abi mengalami serangan jantung dan harus diturunkan di Busan. Indah kemudian ditugaskan untuk bertanggung jawab atas Abi.

Hidup di jalanan membuat Abi memiliki watak keras dan enggan menerima perhatian orang lain. Sementara Indah yang rindu rumah ingin sekali segera mengirim Abi ke Indonesia setelah sembuh. Indah dengan segala ambisinya, berhadapan dengan Abi yang menyerahkan dirinya kemanapun kapal pergi. Indah mengajarkan Abi tentang pentingnya sebuah tujuan. Abi mengajarkan Indah tentang pentingnya sebuah perjalanan.

Secara keseluruhan film ini seperti menjadi "milik" Rio dan Atiqah berdua. Karena persoalan yang dihadapkan hanya didominasi persoalan mereka berdua. Meskipun Titien Wattimena berusaha menampilkan persoalan-persoalan yang dihadapi pekerja di kantor imigrasi Indonesia di luar negeri, namun lagi-lagi persoalan itu juga diwujudkan lewat sosok Atiqah.

Layaknya drama, maka percakapan panjang menjadi pengantarnya. Rasa bosan akan mudah menyergap melihat percakapan panjang Rio dan Atiqah yang sebagaian besar terjadi di kamar rumah sakit. Untunglah Titien sukses menggarap skenario dengan matang. Dialog yang memancing tawa dan gemas bisa mengobati rasa bosan tersebut.

Titien juga menambahkan kata-kata indah pemanis yang membuat film ini terasa segar seperti "Memaki perpisahan sama saja mengutuk pertemuan". Urusan bahasa, Atiqah tentu tak perlu diragukan lagi. Cara pengucapan dan intonasi Atiqah akan menyakinkan anda bahwa film benar-benar syuting di Korea.

Yang paling menarik di film yang mulai tayang 29 NOvember 2012 iniá justru angle pengambilan gambar yang beragam dan detail. Nampak sekali keseriusan dan usaha Titien bersama dengan Robby Barus sebagai DOP untuk menangkap detail suasana dan tempat-tempat menarik di Busan. Anda akan menemukan konsep fotografi yang bisa membuat mata takjub di beberapa adegan film ini.

(kpl/uji/dka)