PERSONAL

Aditya Gumay lahir di Jambi, 1 oktober 1966. Ia dikenal sebagai pimpinan Teater Kawula Muda dan Sanggar Ananda yang sudah didirikan sejak tahun 1986. Aditya identik dengan Sanggar Ananda yang dikenal sejak tahun 1989 muncul di berbagai tayangan televisi untuk anak-anak dan berjaya di tahun 1990an.

Aditya memiliki 4 orang anak. Bungsu dari keempat anaknya, Ayu Gumay juga terlibat dalam film arahannya, RUMAH TANPA JENDELA.

Sebelumnya, Aditya pernah mendapatkan pendidikan di Institusi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik jakarta dan mengenyam ilmu perfilman di Kursus Pendidikan Umum Sinematografi yang diselenggarakan oleh Pusat Perfilman Usmar Ismail.

Setelah 15 tahun malang melintang di dunia broadcast, Aditya memulai debutnya sebagai sutradara untuk TINA TOON & LENONG BOCAH MOVIE muncul pada tahun 2004. Dan belakangan menjadi juri yang dipilih oleh Didi Petet untuk Indonesian Movie Awards yang diselenggarakan pada Mei 2012 kemarin.

KARIR

Aditya memulai karirnya dengan mendirikan dan memimpin Sanggar Ananda dan Teater Kawula Muda. Lewat kedua sanggar itu, ia berperan mencetak bintang baru di dunia pertelevisian di Indonesia. Banyak bakat yang dicetak olehnya seperti Olga Syahputra, Ruben Onsu, Indra Bekti bahkan Agnes Monica.

Setelah acara televisi anak-anak yang dibinanya, LENONG BOCAH populer di era 1990an, Ia lalu memulai debutnya untuk menyutradarai LENONG BOCAH THE MOVIE. Dalam film tersebut, Tina Toon, Okky Lukman, Olga Syahputra yang merupakan murid binaan Sanggar Ananda muncul sebagai pemeran di dalamnya.

Kini, Aditya mulai menyutradarai beberapa film lagi seperti EMAK INGIN NAIK HAJI, UMMI AMINAH dan RUMAH TANPA JENDELA. Dan dalam waktu dekat, Ia ingin mengulangi kejayaannya menggarap film musikal seperti saat Ia menyutradarai LENONG BOCAH THE MOVIE.

FILMOGRAFI

2012    UMMI AMINAH
2011     RUMAH TANPA JENDELA
2009     EMAK INGIN NAIK HAJI
2004    TINA TOON & LENONG BOCAH THE MOVIE

PENGHARGAAN

2010    kategori Sutradara Terpuji pada Festival FIlm Bandung untuk film EMAK INGIN NAIK HAJI
2009     kategori Penulis Skenario Cerita Adaptasi terbaik pada Festival Film Indonesia untuk film EMAK INGIN NAIK HAJI

Oleh: Dyan Saryani

Baca Profil Lengkap Aditya Gumay ▼



Show More ▼