in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Penampilan Grup 2 Top 21 LIDA 2019 Yenti Duta Sumatera Barat Tersenggol

Sabtu, 23 Maret 2019 14:00 Penulis: Louvina Gita

Grup 2 Top 21 LIDA 2019 (credit: Indosiar)

Kapanlagi.com - Kompetisi Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 sudah memasuki babak 21 besar. Setelah grup 1 menyenggol Anton, duta provinsi Kalimantan Utara, tiba giliran peserta dari grup 2 yang saling adu kemampuan untuk mengharumkan nama provinsi yang diwakili, Jumat malam (22/3).

Puput, duta provinsi Sulawesi Selatan mendapat kesempatan tampil pertama. Membawakan lagu berjudul Antara Teman dan Kasih, ia berupaya semaksimal mungkin mencuri hati dewan juri, panel provinsi, dan juga pemirsa lewat suaranya yang merdu.

Hasilnya, ia berhasil membuat seluruh juri dan panel provinsi memberikannya seluruh lampu dukungan kepadanya. Bahkan Nassar memberikan standing ovation (SO) atas penampilannya yang luar biasa.

“Suara kamu sudah matang, cengkok kamu juga bagus, kamu bisa menyampaikan isi lagu dengan jelas dan ekspresi kamu pun sudah cukup bagus walaupun masih on off. Namun kamu harus lebih percaya diri lagi,” ucap Nassar mengomentari penampilan Puput.

1. Yenti Tak Maksimal

Yenti yang menjadi penampil kedua, juga tak mau kalah saing. Ia juga ingin mengharumkan nama provinsi Sumatera Barat yang diwakilinya lewat penampilannya dalam membawakan lagu berjudul Janur Kuning.

Namun sayang, hanya dua dari lima juri yang terpesona akan penampilannya dan memberikannya lampu biru. Tiga juri lainnya memberikan lampu merah tanda tidak mendukung atau tidak suka dengan penampilannya. Sementara seluruh panel provinsi memberikannya lampu dukungan.

Rita Sugiarto menilai, Yenti memiliki cengkok dan suara yang bagus. Namun karena grogi, Yenti tidak bisa tampil maksimal. Ada beberapa bagian dari suaranya yang goyang sehingga tidak enak didengar. “Ada fals di beberapa bagian. Namun di bagian reff, kamu itu bagus sekali,” tutur Rita.

2. Standing Ovation Untuk Dayat

Sementara sebagai penampil terakhir, Dayat yang merupakan wakil dari provinsi Bali berhasil memborong seluruh lampu dukungan juri dan panel provinsi. Ia bahkan membuat dua juri memberikannya standing ovation atas penampilannya yang luar biasa dalam melantunkan tembang Pengalaman Pertama.

“Saya melihat kamu dari awal sampai sekarang, sangat minim kesalahan. Bahkan mala mini kamu sangat bagus. Kamu bisa membawakan lagu ini dengan karakter kamu sendiri. Kamu itu aset dangdut masa depan,” puji Inul Daratista.

Setelah tampil solo, ketiga peserta dari grup 2 Top 21, kembali diuji kemampuannya untuk bernyanyi secara bersamaan dalam melantunkan lagu berjudul Antara Teman dan Kasih yang dinilai para dewan juri.

3. Perolehan Skor

Setelah itu, tiba giliran mereka untuk mendengarkan hasil dukungan dari pemirsa melalui polling SMS dan vote Shopee yang ditutup usai acara. Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilaian kepada peserta.

Pertama dari panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote aplikasi Shopee dari pemirsa yang memiliki bobot paling besar, yakni sebesar 75 persen.

Berdasar urutan tampil, nilai yang diperoleh Puput dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya adalah sebesar 1,67. Dari juri sebesar 9,09. Sedangkan dari pemirsa sebesar 30,34. Setelah digabungkan, Puput meraih total nilai 41,10.

4.

Sementara itu, Yenti yang tampil kedua meraih nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,67. Dari juri sebesar 2,73. Dari pemirsa sebesar 22,55. Setelah digabungkan, Yenti meraih total nilai 26,94.

Dayat yang tampil terakhir memperoleh nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,67. Dari juri sebesar 8,18. Dari pemirsa sebesar 22,15. Setelah digabungkan, Dayat meraih total nilai 31,97.

Dengan demikian Puput berada di posisi puncak dengan skor akhir tertinggi yakni 41,10. Sedangkan Dayat berada di posisi kedua dengan total nilai 31,97 dan Yenti harus puas berada di posisi terbawah dengan total nilai 26,94.

Sebagai peraih nilai terendah, Yenti pun harus tersenggol. Perjalanannya di panggung LIDA 2019 harus terhenti. Saksikan terus LIDA 2019, dan dukung peserta favoritmu dengan cara voting melalui aplikasi Shopee atau voting SMS (ketik: LIDA [spasi] Nama Peserta, kirim ke 97288).

(kpl/dan/lou)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING