in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Penampilan Grup 1 Top 21 LIDA 2019, Anton Duta Kalimantan Utara Tersenggol

Jum'at, 22 Maret 2019 15:40 Penulis: Louvina Gita

Grup 1 Top 21 LIDA 2019 (credit: Indosiar)

Kapanlagi.com - Konser Top 21 LIDA 2019 telah dimulai dengan menghadirkan persaingan dari grup 1, tadi malam, Kamis (21/3). Mereka yang berada di grup 1 adalah Nirwana (Bengkulu), Anton (Kalimantan Utara), dan Cut (Aceh).

Nirwana, menjadi peserta yang tampil di urutan pertama. Membawakan lagu berjudul Biarlah Merana, ia hanya mampu memikat dua juri untuk memberinya lampu biru dan tiga lampu dari panel provinsi. Tiga juri lainnya memberi lampu merah tanda tidak mendukung atau tidak suka dengan penampilannya.

“Lagunya banyak diubah, dengan adanya genre swing menurut saya itu mengganggu keindahan lagunya. Kemudian di bagian koda, cengkoknya kebanyakan. Akan lebih baik menggunakan versi original saja,” Rita Sugiarto mengomentari penampilan Nirwana.

1. Cut Buat Juri Terpesona

Anton yang menjadi penampil kedua, juga mengalami nasib yang sama dengan Nirwana. Ia hanya berhasil meraih dua lampu biru dari juri dan tiga lampu dari panel provinsi. Tiga juri memberikan lampu merah atas penampilannya membawakan lagu berjudul Masih Punya Cinta.

“Bait pertama dan kedua nggak ngeblend dengan musiknya, artikulasi dan cengkok kamu kurang jelas. Nafas, nada rendah dan tinggi kamu bermasalah. Kamu juga salah menginterpretasikan lagunya. Mala mini kamu mengecewakan,” kritik Soimah.

Sementara, Cut yang menjadi penampil terakhir, membuat seluruh juri dan panel provinsi terpesona dengan keindahan suaranya dalam melantunkan lagu Hijrah Cinta. Bahkan tiga juri memberikannya standing ovation. Ia berhasil memborong seluruh lampu dukungan juri dan panel provinsi.

“Saya menikmati dan puas banget dengan penampilan kamu mala mini. Saya suka dengan part Aceh dan aransemennya. Keren banget,” puji Zaskia Gotik.

2. Hasil Penilaian Peserta

Setelah ketiga peserta tampil, tiba giliran mereka untuk mendengarkan hasil dukungan dari pemirsa melalui polling SMS dan vote Shopee yang ditutup usai acara.

Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilaian kepada peserta. Pertama dari panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS dan vote aplikasi Shopee dari pemirsa yang memiliki bobot paling besar, yakni sebesar 75 persen.

Berdasar urutan tampil, nilai yang diperoleh Nirwana dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya adalah sebesar 1,67. Dari juri sebesar 5,71. Sedangkan dari pemirsa sebesar 35,01. Setelah digabungkan, Nirwana meraih total nilai 42,39.

Sementara itu, nilai yang diperoleh Anton dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,67. Dari juri sebesar 5,71. Dari pemirsa sebesar 25,73. Setelah digabungkan, Anton meraih total nilai 21,64.

3. Anton Tersenggol

Cut yang tampil terakhir memperoleh nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,67. Dari juri sebesar 8,57. Dari pemirsa sebesar 25,73. Setelah digabungkan, Cut meraih total nilai 35,97.

Dengan demikian Nirwana berada di posisi puncak dengan skor akhir tertinggi yakni 42,39. Sedangkan Cut berada di posisi kedua dengan total nilai 35,97 dan Anton harus puas berada di posisi terbawah dengan total nilai 21,64.

Sebagai peraih nilai terendah, Anton pun harus tersenggol. Perjalanannya di panggung LIDA 2019 harus terhenti. Saksikan terus LIDA 2019, dan dukung peserta favoritmu dengan cara voting melalui aplikasi Shopee atau voting SMS (ketik: LIDA [spasi] Nama Peserta, kirim ke 97288).

(kpl/dan/lou)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING