in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

LIDA 2019 Memasuki Konser Top 21 Grup 1, Siapa Nih Jagoan Kamu?

Kamis, 21 Maret 2019 14:39 Penulis: Cinthya Septavy

Top 21 Grup 1 LIDA 2019 (credit: Indosiar)

Kapanlagi.com - Kompetisi dangdut terbesar di Indonesia, Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 tak lama lagi mendekati babak Grand Final. Dari 80 peserta yang lolos audisi kini menyisakan 21 peserta. Persaingan antara peserta pun dijamin bakal semakin ketat. Sebab para peserta yang bertahan sudah teruji kualitasnya setelah melewati beberapa tahap kompetisi.

Adapun 21 peserta yang masih bertahan untuk mengharumkan nama provinsi yang diwakilinya di ajang LIDA 2019 adalah sebagai berikut; Cut (Aceh), Anton (Kalimantan Utara), Nirwana (Bengkulu), Yenti (Sumatera Barat), Puput (Sulawesi Selatan), Dayat (Bali), Alif (Kalimantan Timur), Beni (Banten), Sheyla (Maluku), Fikoh (Kep. Bangka Belitung), Agus (Gorontalo), Vita (Lampung), Ninda (Jawa Tengah), Novi (Kalimantan Barat), Yusuf (Maluku Utara), Kiki (Riau), Angga (Sumatera Utara), Hanan (Jawa Barat), Faul (Aceh), Ebi (Jambi), dan Diyan (Kalimantan Barat).

1. Tidak Ada Pengacakan Grup

Indosiar tidak melakukan pengacakan grup kepada peserta yang akan bersaing di babak 21 besar. Jumlah grup tetap sama seperti pada babak 28 besar, yaitu tujuh grup. Peserta yang berada dalam grup 1 hingga 7 juga sama, hanya minus peserta yang tersenggol.

Rencananya, nanti malam, Kamis (21/3) akan menjadi penanda dimulainya babak 21 besar dengan menghadirkan penampilan dari grup 1. Mereka yang berada di grup 1 adalah Cut (Aceh), Anton (Kalimantan Barat), dan Nirwana (Bengkulu).

Seperti biasa, kemampuan peserta nantinya akan dinilai tiga panel provinsi dan lima dewan juri yang terdiri dari empat juri musisi dangdut dan satu juri tamu yang bukan dari kalangan dangdut.

2. Ruben Onsu Jadi Juri

Berdasar informasi dari pihak Indosiar, rencananya yang bertindak sebagai juri dari kalangan dangdut nanti malam adalah Zaskia Gotik, Soimah, Dewi Perssik, dan Rita Sugiarto. Adapun juri tamu dari kalangan non dangdut adalah Ruben Onsu.

Sedangkan untuk panel provinsi akan hadir finalis ajang pencarian bakat Indosiar yang berasal dari daerah peserta yaitu Randa LIDA (Bengkulu), Nabila LIDA (Aceh), dan Kartina (Kalimantan Utara). Bertindak sebagai Fashion Guru yang mengomentari busana peserta adalah Caren Delano.

Selain penilaian dari juri dan panel provinsi, dukungan dari pemirsa di rumah juga sangat menentukan kelanjutan peserta di panggung LIDA 2019. Caranya dengan mengirim SMS (ketik: LIDA [spasi] Nama Peserta, kirim ke 97288) atau vote lewat aplikasi Shopee Indonesia.

Seperti diketahui ada tiga elemen penilaian kepada peserta LIDA 2019, pertama panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri sebanyak 20 persen, dan ketiga adalah SMS dan vote shopee dari pemirsa yang memiliki bobot paling besar, yakni 75 persen.

Ketiga elemen tersebut diakhir acara akan digabungkan untuk menentukan siapa peserta yang akan tersenggol dan bertahan ke babak selanjutnya. Selain persaingan antara peserta, LIDA 2019 juga selalu dihiasi hiburan menarik dari pengisi acara. Rencananya nanti malam Indosiar akan menampilkan Putri DA, Rani DA, DAN Ridwan LIDA sebagai bintang tamu.

Disiarkan secara langsung dari Studio 5 Indosiar, Daan Mogot, Jakarta Barat, dan dipandu host Irfan Hakim, Gilang Dirga, Ramzi, dan Jirayut, saksikan Konser Top 21 Grup 1, nanti malam, Kamis (21/3/2019) mulai pukul 18.30 WIB.

(kpl/dan/cvn)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING