in partnership with Indosiar
 
DANGDUT

Penampilan Grup 6 Top 28: Yusuf Raih 3 SO, Linda Duta Kalimantan Selatan Tersenggol

Rabu, 20 Maret 2019 11:50 Penulis: Sora Soraya

Yusuf & Linda LIDA 2019 © Indosiar

Kapanlagi.com - Kompetisi dangdut terbesar di Indonesia, Liga Dangdut Indonesia (LIDA) 2019 sudah memasuki babak 28 besar. Persaingan antara peserta pun semakin ketat. Setiap duta provinsi menunjukkan kemampuan maksimalnya untuk mengharumkan nama provinsi yang diwakilinya.

Semalam, Selasa (19/3), giliran peserta dari grup 6 yang unjuk kebolehan dalam bernyanyi dangdut. Mereka adalah Linda (Kalimantan Selatan), Ninda (Jawa Tengah), Novi (Kalimantan Barat), dan Yusuf (Maluku Utara).

Setelah pembawa acara LIDA mengacak urutan tampil, Novi, duta Kalimantan Barat menjadi peserta yang mendapat kesempatan pertama. Membawakan lagu berjudul Stress, Novi berhasil membuat seluruh juri terpukau akan penampilannya. Ia pun meraih seluruh lampu dukungan dari juri dan panel provinsi.

Atiek CB, selaku juri tamu memuji penampilan Novi. "Suara kamu luar biasa, aku sangat terkesan dari awal kamu tampil. Hanya saja yang kamu harus perhatikan, biasakan kontak mata dengan penonton meski sesaat," ujarnya.

Tidak mau kalah saing, Yusuf yang mendapat kesempatan tampil kedua, berupaya menunjukan kebolehannya dalam bernyanyi dangdut. Hasilnya, Yusuf berhasil menghipnotis dewan juri dengan lantunan suaranya yang merdu sehingga seluruh juri dan panel provinsi tak sungkan memberinya lampu dukungan usai membawakan lagu India berjudul Bhula Dena.

Penampilan Yusuf yang luar biasa juga mampu menggerakkan Nassar, Inul Daratista, dan Zaskia Gotik, untuk memberikannya apresiasi berupa SO (Standing Ovation). "Saya sangat suka dengan penampilan kamu. Malam ini kamu yang terbaik, saya tunggu kamu di babak 5 besar," ucap Nassar.

1. Linda Banjir Kritik dari Juri

Sementara, Ninda yang menjadi penampil ketiga, tampil kurang maksimal dalam membawakan lagu berjudul Pria Idaman. Ia hanya mampu memikat dua juri dan tiga panel provinsi untuk memberikannya lampu dukungan.

Soimah yang tak puas dengan penampilan Ninda, memberi banyak catatan. "Dari semua penampilan, ini adalah penampilan terburuk kamu. Banyak yang fals, pernafasan, bahasa tubuh kamu juga tidak nyaman, tidak sesuai dengan lagunya," kritiknya.

Linda yang menjadi penampil terakhir, juga tampil kurang maksimal dalam melantunkan lagu Matahariku. Seluruh dewan juri kecewa dengan penampilannya, sehingga tidak ada satu pun yang memberinya lampu biru. Hanya empat lampu dukungan dari panel provinsi yang diraihnya.

Padahal, juri memiliki harapan tinggi terhadap Linda karena sempat diselamatkan dengan wild card agar dirinya bisa masuk babak 28 besar. "Kamu tidak berhasil mengeksekusi lagu ini dengan baik, tidak bisa menjiwai lagu, bahasa tubuh kamu juga tidak dinamis, jadi saya tidak bisa menikmati penampilan kamu," kritik Inul.

2. Hasil Penilaian Pemirsa & Juri

Setelah keempat peserta tampil, tiba pengumuman skor akhir yang menentukan siapa peserta yang akan tersenggol dan bertahan di panggung LIDA 2019. Para peserta pun terlihat tegang menanti dukungan pemirsa melalui polling yang ditutup usai acara.

Sebagaimana diketahui ada tiga elemen penilaian kepada peserta. Pertama dari panel provinsi yang memiliki bobot 5 persen, kedua dewan juri yang memiliki bobot 20 persen, dan ketiga polling SMS, dan vote aplikasi Shoppe dari pemirsa yang memiliki bobot paling besar, yakni sebesar 75 persen.

Berdasar urutan tampil, nilai yang diperoleh Novi dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya adalah sebesar 1,25. Dari juri sebesar 8,33. Sedangkan dari pemirsa sebesar 16,43. Setelah digabungkan, Novi meraih total nilai 26,02.

Sementara itu, nilai yang diperoleh Yusuf dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 8,33. Dari pemirsa sebesar 19,01. Setelah digabungkan, Yusuf meraih total nilai 28,59.

Ninda yang tampil ketiga, perolehan nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 3,33. Dari pemirsa sebesar 22,74. Setelah digabungkan, Ninda meraih total nilai 27,32.

Linda yang tampil terakhir memperoleh nilai dari panel provinsi setelah dikonversikan hasilnya sebesar 1,25. Dari juri sebesar 0 atau tidak meraih nilai sama sekali. Dari pemirsa sebesar 16,82. Setelah digabungkan, Linda meraih total nilai 18,07.

Dengan demikian Yusuf berada di posisi puncak dengan skor akhir tertinggi yakni 28,59 menyusul Ninda dengan total nilai 27,32. Kemudian Novi berada di posisi ketiga dengan total nilai 26,02 dan Linda berada di posisi terbawah dengan total nilai 18,07.

Sebagai peraih nilai terendah, Linda pun harus tersenggol. Perjalanannya di panggung LIDA 2019 harus terhenti. Saksikan terus LIDA 2019, dan dukung peserta favoritmu dengan cara voting melalui aplikasi Shopee atau voting SMS (ketik: LIDA [spasi] Nama Peserta, kirim ke 97288).

(kpl/dan/sry)

Reporter: Dadan Deva


REKOMENDASI
TRENDING