INDONESIA

'9 NAGA' Menyibak Sisi Manusiawi Seorang Penjahat

Sabtu, 14 Januari 2006 07:00






KapanLagi.com - Film ini sebenarnya merupakan potret dari realita sosial yang ada di sekitar kita, namun masih jarang dibicarakan karena dianggap "tabu" oleh kebanyakan orang. Dengan mengusung tagline "Manusia terbaik di Indonesia adalah penjahat," Rudi Soedjarwo ingin menyuguhkan sebuah tontonan yang segar di tengah-tengah kejumudan wajah perfilman kita.

9 NAGA mengisahkan persahabatan Marwan (Lukman Sardi), Lenny (Fauzi Baadilla), Donny (Donny Alamsyah) yang bekerja sebagai pembunuh bayaran. Seiring perjalanan waktu, secara perlahan-lahan dalam hati mereka masing-masing mulai muncul kesadaran bahwa kehidupan yang mereka jalani sama sekali tidak menjanjikan masa depan yang lebih baik. Ditambah lagi, resikonya begitu besar.

Di tengah kegelisahan itu, sebuah peristiwa yang tidak terduga terjadi. Sejak itulah mereka seolah "terbangun" dari mimpi yang panjang dan merasa muak terhadap pilihan hidup yang telah diambil. Mereka pun lalu berusaha melepaskan diri dari kehidupan itu.

Cerita film ini memang sengaja disusun sedemikian rupa sehingga mengalir bebas, tanpa perlu interpretasi yang rumit. Penonton pun tidak akan bertemu dengan gaya penuturan yang sulit. Drama kehidupan semua karakternya pun dibalut dengan letupan-letupan aksi yang proporsional dan seru.

Meski adrenalin penonton akan dipacu dengan beberapa scene kekerasan yang mengisi jalan ceritanya, sutradara Rudi Soedjarwo menegaskan bahwa 9 NAGA adalah sebuah film drama yang akan di ingat sepanjang masa. Melalui film ini, ia menawarkan sebuah bahan perenungan yang menurutnya akan dapat memperbaiki kondisi mental bangsa yang kini sedang terpuruk. "Ini adalah film tentang bertanggung jawab terhadap pilihan," katanya. (bsb/dni)