HOME » KOREA
KOREA

6 Influencer Korea Selatan Ini Putuskan Jadi Mualaf, Begitu Menginspirasi

Rabu, 13 Mei 2020 16:55 Penulis: Dhia Amira

Daud Kim, Ayana Moon, Yongsworld (credit: instagram.com/jaehan9192;instagram.com/xolovelyayana;instagram.com/thisisyongsworld)

Kapanlagi.com - Saat ini banyak sekali masyarakat Korea Selatan yang tertarik dengan berbagai budaya dan agama di seluruh dunia termasuk agama Islam. Dan ada beberapa influencer Korea Selatan yang pada akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang muslim karena mencintai agama Islam. Bahkan ada juga yang baru saja menjadi seorang mualaf dan ada pula yang sudah bertahun-tahun menjadi seorang muslim.

Tentu saja beberapa influencer ini selalu membagikan aktivitas mereka dalam akun instagram atau YouTube Channel pribadi miliki mereka. Dan ini tentu memberikan banyak inspirasi bagi setiap muslim di seluruh Indonesia.

Penasaran siapa saja mereka? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 influencer Korea Selatan yang memutuskan menjadi seorang mualaf.

 

 

1. Daun Kim

Influencer Korea Selatan yang pertama yaitu datang dari Daun Kim. Ia merupakan seorang influencer yang cukup terkenal di berbagai negara khususnya Indonesia. Daud Kim memutuskan menjadi seorang mualaf pada tanggal 25 September 2019.

Awalnya Daud Kim merupakan seorang penyanyi dan juga musisi yang cukup terkenal di Korea Selatan dan Indonesia. Daud Kim juga mengcover sebuah lagu berjudul Cukup Tahu milik Rizky Febian dengan mengubahnya menjadi bahasa Korea, dan tentu hal ini cukup populer saat itu di Indonesia.

Setelah ia terkenal di Indonesia, Daud Kim mulai diundang untuk pertama kalinya ke Indonesia pada acara Festival Korea. Dan pada saat itulah Daun Kim merubah pandangannya tentang Islam dengan melihat bagaimana muslim di Indonesia sangat ramah, murah senyum, dan juga mengenakan hijab sebagai kebanggaan. Setelah pulang dari Indonesia, Daud Kim membuat banyak sekali channel tentang Islam, muslim, hijab, makanan halal, dan lain sebagainya.

Ia juga kerap mengundang pembicara yang sudah terlatih dalam ajaran agama Islam untuk memperdalam ilmunya tentang Islam. Setelah melakukan banyak hal tentang Islam, dan menguatkan hati, pada akhirnya Daud Kim menjadi seorang muslim yang taat dan cukup bangga terhadap agamanya saat ini.

2. Song Bora

Influencer Korea Selatan yang kedua yaitu Song Bora. Berbeda dengan Daud Kim yang menjadi muslim pada tahun 2019, maka Song Bora sudah cukup lama menjadi seorang muslim sejak tahun 2007.

Bora juga merupakan guru pengajar bahasa Arab dan agama Islam di Korea Muslim Federation. Tidak sampai di situ, Song Bora saat ini bekerja sebagai pengajar bahasa Arab dan agama Islam untuk lembaga budaya dan bahasa Arab di Korea, Arab Academy. Ia juga aktif dalam kegiatan muslim seperti Muslim International Conference.

Lalu, Song Bora juga pernah menjadi cameo di salah satu film layar lebar Indonesia berjudul JILBAB TRAVELER pada tahun 2016, yang diangkat dari novel karangan Asma Nadia. Lalu ia juga sempat membagikan foto dirinya bersama selebritis Indonesia seperti, Bunga Citra Lestari, Laudya Cynthia Bella, Asma Nadia, dan juga istri Ustaz Aa Gym.

Sangat menginspirasi dan bangga sebagai seorang muslim, Song Bora juga membagikan kegiatannya di Youtube Channel, seperti membagikan ilmu bahasa Arab dan agama Islam, serta membagikan bagaimana kegiatan masyarakat muslim di Korea Selatan.

3. Ujung Oppa

Ujung Oppa, merupakan influencer Korea Selatan yang cukup terkenal di Indonesia, karena kelancarannya dalam berbahasa Indonesia. Memiliki nama asli Hwang Woo Joong, pada akhirnya Ujung Oppa menjadi mualaf pada Maret 2019. Awalnya ia tertarik dengan muslim karena ia hidup di lingkungan yang mayoritas muslim di Indonesia, Ujung Oppa berkata bahwa ia sudah terbiasa dengan mendengarkan adzan dan juga sholawat. Lalu yang memperkuat Ujung Oppa menjadi seorang muslim adalah karena teman dekatnya.

Ujung Oppa bercerita bahwa ia mengajak temannya untuk menemaninya ke sebuah masjid, hal tersebut dilakukan untuk sebuah konten Youtube. Setelah selesai mencari materi, teman Ujung Oppa akhirnya memutuskan untuk menjadi seorang mualaf. Ujung Oppa juga bercerita bahwa temannya dipecat dari pekerjaan karena tak bisa ikut acara minum-minum dengan orang kantor. Tetapi yang membuat Ujung Oppa terheran adalah, bagaimana temannya tetap bisa hidup bahagia dan tersenyum. Dari situlah keputusan Ujung Oppa untuk mulai masuk islam.

Saat ini Ujung Oppa aktif dalam kegiatannya di instagram dan juga YouTube, dengan membagikan setiap kegiatan yang ia miliki sebagai seorang muslim.

4. Yongsworld

Influencer Korea Selatan selanjutnya yang menjadi mualaf adalah Yongswold. Di antara influencer lainnya, Yongsworld termasuk baru dalam memeluk agama Islam, sekitar bulan Januari 2020.

Walaupun tak terlalu terkenal di Indonesia, tetapi Yongsworld merupakan Youtuber Korea Selatan yang sangat terkenal di daerah timur tengah salah satunya Saudi Arabia. Yongswold awalnya sangat tertarik dengan muslim, negara arab, dan juga bahasa arab. Karena hal tersebut akhirnya membuat Yongswold memutuskan untuk masuk Islam. Pada tahun 2020 juga Yongswold melakukan ibadah umrah untuk pertama kalinya.

Ia membagikan bagaimana perjalanannya selama berada di Mekah lewat Channel YouTube miliknya. Tak hanya itu saja Yongswold juga membagikan hal-hal positif lainnya bagi para muslim di seluruh dunia, dan bagaimana kehidupannya sebagai muslim di Korea Selatan. Saat Ramadhan tahun ini pun ia melakukan buka bersama dengan Daud Kim yang juga menjadi seorang mualaf terlebih dahulu.

5. Kang Nayeon

Kemudian ada Kang Nayeon yang merupakan influencer Korea Selatan yang juga menjadi seorang mualaf. Kang Nayeon merupakan salah satu wanita muslim berpengaruh yang ada di Korea Selatan.

Hal itu terlihat di akun instagram miliknya yang aktif dalam kegiatan-kegiatan Islam seperti menjadi bagian kegiatan seminar Thailand Halal, acara seminar para wanita, dan mengunjungi majelis ulama Indonesia untuk mempelajari tentang makanan halal. Tak hanya itu saja, Kim Nayeon juga memiliki usaha pribadi, dan usaha tersebut merupakan bisnis makanan halal. Tempat makan yang dimiliki Kim Nayeon berbentuk seperti kedai bernama Manis Kitchen.

Tantu saja tempat makan ini sangat populer di kalangan para turis, terutama turis muslim yang bingung untuk mencari makanan halal di Korea Selatan. Tak hanya memberikan sebuah inspirasi, ternyata Kang Nayeon juga ikut andil dalam membantu para muslim yang akan berkunjung ke Korea Selatan dengan membuka kedai makanan halal.

6. Ayana Moon

Influencer cantik ini memutuskan menjadi seorang muslim pada tahun 2012, dan menjadi salah satu influencer sukses yang menginspirasi dari Korea Selatan saat ini. Bahkan banyak sekali kegiatan yang dimiliki oleh Ayana Moon, seperti iklan dan bintang tamu. Ia juga pada tahun 2020 ini menerbitkan sebuah buku tentang bagaimana perjalanannya sebagai seorang muslim.

Awalnya Ayana Moon dikenal oleh masyarakat Malaysia dan berlanjut di Indonesia. Ayana juga menjadi salah satu influencer yang menginspirasi banyak muslimah seperti fashion, makeup, dan cerita hidup.

Diketahui juga pada tahun 2020 ini Ayana dan adik laki-lakinya menjalankan ibadah puasa bersama untuk yang pertama kalinya. Hal itu karena baru saja adik Ayana Moon menjadi seorang mualaf. Dan ini merupakan kebahagiaan bagi Ayana Moon karena adiknya menjadi seorang muslim sama sepertinya.

Itulah 6 influencer Korea Selatan yang memutuskan menjadi seorang mualaf. Bukan hanya memberikan inspirasi berupa kisah mereka dalam berhijrah, tetapi mereka juga memberikan aktivitas-aktivitas positif yang membuat para penggemarnya kagum dan juga terinspirasi.


REKOMENDASI
TRENDING