HOME » SELEBRITI » IU
KOREA

Baru Saja Gelar Konser Megah Selama 2 Hari, IU Mengaku Alami Gangguan Pendengaran

Sabtu, 24 September 2022 22:08 Penulis: Editor KapanLagi.com

IU (Credit: youtube.com/stevepaul, twitter.com/iu_bluewing)

Kapanlagi.com - Ditulis oleh: Adhella Azkia Putri.

IU baru saja mengadakan konser ulang tahun bertajuk The Golden Hour di Olympic Stadium atau disebut juga dengan Jamsil Olympic Stadium yang berlangsung selama dua hari, yaitu pada tanggal 17-18 September 2022.

Ia membuat pernyataan yang mengejutkan penggemar. Dalam konsernya penyanyi sekaligus aktris asal Korea Selatan Lee Jieun atau akrab disapa IU itu mengaku tengah menjalani perawatan untuk gangguan pendengaran yang sudah ia alami selama kurang lebih satu tahun.

Dilansir dari Koreaboo.com, IU mengaku merasa gugup saat mempersiapkan konser The Golden Hour.

"Ada sedikit masalah dengan telingaku, jadi aku merasa sangat gugup saat mempersiapkan konser ini," ungkap IU dalam film dokumenter untuk konser The Golden Hour.

1. Didiagnosis Mengalami Patulous Eustachian Tube Dysfunction

Dalam film dokumenter yang ia buat untuk konser tersebut, IU menjelaskan bagaimana kondisi gangguan pendengaran yang ia derita akhir-akhir ini.  

"Telingaku agak buruk akhir-akhir ini. Telingaku terbuka dengan sendirinya, jadi pendengaranku mirip dengan pendengaranmu saat sedang menguap. Saat aku mendengar diriku bernyanyi, itu menjadi terlalu keras dan berdering," ungkapnya. 

Ternyata IU akhir-akhir ini didiagnosis mengalami Patulous Eustachian Tube Dysfunction. Menurut Hopkins Medicine, gangguan tersebut menyebabkan penderitanya mendengar suara mereka sendiri terasa lebih keras dan hal tersebut sangat tidak nyaman. 

Hopkins Medicine juga memberi gambaran bagaimana gangguan pendengaran tersebut bisa terjadi.

"Ini merupakan kelainan pada katup tabung Eustachius yang menyebabkannya tetap terbuka. Ketika katup terbuka, suara dapat mengalir dari lubang hidung ke telinga dan memungkinkan kamu untuk mendengar suara, napas atau bahkan suara pompaan darahmu sendiri," jelas Hopkins Medicine. 

2. Penyebab Terjadinya Gangguan Patulous Eustachian Tube Dysfunction

Lebih lanjut Hopkins Medicine mengungkapkan faktor apa saja yang dapat menjadi penyebab dari gangguan pendengaran yang dialami oleh penyanyi cantik tersebut. 

Gangguan tersebut ternyata dapat disebabkan oleh beberapa hal seperti, penurunan berat badan, penyakit neuromuskular atau imunologis kronis, alergi hidung kronis, dan riwayat penyakit refluks asam. 

Sedangkan dalam kasus IU, ia menyebutkan bahwa gangguan pendengaran itu disebabkan oleh kecemasan yang penyanyi itu alami. 

"Ketika aku cemas, ada tekanan yang menjadi lebih besar saat aku bernyanyi yang membuat telingaku lebih mudah terbuka," ungkap IU. 

3. Tetap Tampil Luar Biasa Saat Konser

Meskipun tengah mengalami gangguan pendengaran, IU mampu menampilkan konser yang sangat luar biasa yang ia persembahkan untuk para penggemarnya. 

Konser tersebut sukses digelar selama dua hari dan banyak dihadiri oleh selebriti ternama Korea Selatan seperti, Jungkook BTS, J-Hope BTS, Kim Soohyun, Soobin dan Beomgyu TXT, Yoo Inna, Lee Dohyun dan masih banyak lagi. Mereka menonton konser salah satu penyanyi wanita Korea paling dicintai itu secara langsung di Jamsil Olympic Stadium. 

REKOMENDASI
TRENDING