KOREA

Perjuangan Gitlicious Penulis 'My Lecturer My Husband', Pernah Dikritik Karena Menulis Fanfic Idola K-Pop

Senin, 27 Juli 2020 15:25

(credit: Istimewa)

Kapanlagi.com - Seorang penulis itu bisa mendapat inspirasi dari mana saja bahkan karena hal-hal yang tidak terduga, termasuk rasa cinta kepada idola. Biasanya nih, fans K-Pop tuh suka menulis cerita yang tokoh utamanya terinspirasi oleh idolanya. Hal itu juga dialami oleh Gitlicious alias Mbak Git, penulis novel My Lecturer My Husband, yang sebentar lagi bakal difilmkan dengan bintang Reza Rahadian dan Prilly Latuconsina.

Buat yang belum tahu, My Lecturer My Husband itu awalnya adalah fanfic di Wattpad dengan karakter utama terinspirasi Lay EXO. Siapa sangka, sebelum menjadi penulis yang fanfic-nya telah dibaca lebih dari 6 juta kali, Mbak Git ternyata awalnya cuma iseng menulis.

"Suka menulis sudah sejak SMA, sekitar tahun 2012. Tapi tidak pernah mengunggahnya di media mana pun, hanya iseng menulis di laptop sendiri. Sebelum mengenal Wattpad saya juga menulis di situs fanfiction.net untuk mengunggah cerita, namun setelah pindah ke Wattpad saya deactive acount di sana," kenang Mbak Git.

1. Inspirasi

Menulis itu tidak mudah, apalagi bikin novel. Kadang seorang penulis itu butuh inspirasi buat jalan ceritanya. Apalagi kalau mengalami writer-block yang bikin jadi nggak bisa menulis, pasti butuh sesuatu buat melanjutkan. Mbak Git pun berbagi cerita tentang bagaimana ia memperoleh inspirasi dan mengatasi writer-block.

"(Inspirasi) Cerita dari orang-orang sekitar, drama yang ditonton, atau berita-berita yang sedang viral pun dapat menjadi sumber inspirasi, kadang juga mendadak mendapatkan ide. Biasanya membaca komentar para pembaca atau membaca ulang cerita yang sudah ditulis agar hasrat untuk menulis kelanjutan kisah ceritanya muncul kembali. Lumayan cukup sering dapat komentar untuk cepat update," katanya.

2. Tak Menyangka

Buat yang belum tahu, Mbak Git bukan hanya seorang penulis saja. Ia juga wanita karir yang bekerja di salah satu perusahaan asuransi. Oleh karena itu sekarang ia menulis saat akhir pekan atau libur kerja. Kerja kerasnya dalam menulis fanfic itu pun pastinya pernah dapat respon positif dan negatif. Positifnya, cerita yang dibuatnya diangkat jadi novel bagai film.

"Tidak menyangka, ini merupakan kesempatan yang tidak setiap orang mendapatkannya, dan saya bersyukur akan hal itu," kata Mbak Git.

3. Dapat Kritikan

Mbak Git sudah mendapatkan banyak hal positif terkait fanfic yang ditulisnya. Tapi ia tak memungkiri kalau kritikan juga pernah didapatkan olehnya. Tapi untungnya, kritikan itu justru memberi semangat.

"Tentu pernah, karya saya pun pernah dikritik karena menggunakan tokoh idol K-Pop. Namun terima kasih kepada pengkritik tersebut, karena mereka pula lah saya bisa mengambil langkah sejauh ini," ujarnya.

4. Pesan dari Mbak Git

Apa yang dialami Mbak Git ini bisa banget buat penulis fanfic di luar sana buat terus berkarya dan jangan takut dapat kritikan. Buat kalian yang juga sering dapat komentar negatif, nih ada pesan dari Mbak Git.

"Tetaplah menulis dan berusahalah, jangan pernah menyerah. Kita tidak tahu kapan kesempatan terbaik itu datang menghampiri," pungkasnya.

Tetap semangat buat penulis fanfic dan tentu saja buat Mbak Git!


REKOMENDASI
TRENDING