KOREA

Sukses dan Tajir Melintir, 5 Idol K-POP Ini Jadi Pemegang Saham di Agensinya: BTS - BIG BANG

Sabtu, 05 September 2020 15:15 Penulis: Iwan Tantomi

credit via Big Hit Entertainment/YG Entertainment

Kapanlagi.com - Di balik kesuksesan setiap idol K-POP selalu ada peran agensi. Bahkan, tak sedikit agensi hiburan di Korea yang rela menggelontorkan banyak dana, untuk mendebutkan hingga mempromosikan para artisnya.

Wajar, saat sang artis akhirnya sukses, maka secara tak langsung juga turut mengerek kesuksesan perusahaan atau agensinya. Kerennya, beberapa idol K-POP ada yang sampai mendapatkan puncak popularitas, hingga yang sebelumnya didanai oleh agensi, kini bisa memiliki saham di perusahaan yang menaunginya.

Dari BTS sampai BIG BANG, berikut beberapa idol K-POP yang jadi pemegang saham di perusahaannya.

1. BTS

Selain karya dan prestasinya, beberapa waktu terakhir BTS juga menjadi sorotan, karena resmi diumumkan sebagai pemegang saham Big Hit Entertainment. Dilaporkan Bang Shi Hyuk, CEO Big Hit Entertainment, sebagai pemegang saham terbesar memberikan 68.385 saham kepada setiap member BTS dengan nilai Rp115 miliar.

Big Hit Entertainment membagikan saham kepada BTS, demi memperkuat hubungan bisnis antara kedua belah pihak yang sudah terjalin selama 10 tahun lamanya.

 

2. Super Junior

Pada November 2015, SM Entertainment mengizinkan para artisnya, termasuk Super Junior untuk memiliki saham agensi hiburan terbesar di Korea tersebut. Saham tersebut kemudian dialokasikan dengan membentuk label eksklusif, seperti SJ Label yang mengurusi Super Junior, tetapi masih di bawah naungan SM Entertainment.

3. BoA

Sama halnya Super Junior, BoA juga mendapatkan hak pembelian saham dari SM Entertainment. Sebanyak 21.120 saham milik SM Entertainment ditawarkan kepada 48 artis, termasuk BoA dan Super Junior. BoA dan Super Junior sama-sama mendapatkan 680 saham dari SM Entertainment.

4. Girls Generation (SNSD)

Selain Super Junior dan BoA, Girls Generation (SNSD) juga diberikan hak kepemilikan saham dari SM Entertainment. Saham yang ditawarkan pun jumlahnya sama dengan Super Junior dan BoA, yaitu 680 saham.

5. BIG BANG

Last but not least, ada BIG BANG yang mendapatkan pembagian saham dari YG Entertainment. Pada 2014 silam, Yang Hyun Suk memberikan 81.400 saham YG Entertainment kepada 18 artis, termasuk BIG BANG. Di masa itu, momen tersebut menjadi pertama kalinya bagi sebuah agensi hiburan di Korea membagikan saham kepada para artisnya.

Itulah beberapa idol K-POP yang sukses dan tajir melintir, hingga mampu menjadi pemegang saham di agensi yang telah membesarkan nama mereka. Kira-kira idol K-POP siapa lagi yang bakal menyusul kesukesan mereka, ya?

(kly/tmi)

Reporter: Iwan Tantomi


REKOMENDASI
TRENDING