KOREA

Tak Seperti yang Ditampilkan di Atas Panggung, Sederet Idol K-Pop Ini Ternyata Pernah Alami Gangguan Psikologis

Senin, 20 September 2021 12:35

Idol K-pop (Credit: Instagram/bts.bighitofficial; dlwlrma; ateez_official_)

Kapanlagi.com - Menjadi seorang Idol k-pop bukanlah suatu perkara yang mudah. Selama berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun, para idol k-pop menjalani pelatihan yang keras dan cukup menguras energi dan psikis. Tuntutan untuk menjadi seorang yang selalu berhasil menjadi perfectperformer akan selalu membayang-bayangi kehidupan dan karir mereka di dunia hiburan.

Bukan hanya pada masa pelatihan, saat mereka terjun di industri hiburan secara langsung, para idol k-pop juga harus dihadapkan dengan kejamnya industri hiburan. Cibiran dari para haters atau bahkan dari para penggemar karena kekecewaan mereka terhadap para idola juga harus selalu siap mereka hadapi kapanpun dan di manapun.

Tak heran, dengan kondisi dan situasi tersebut, cukup banyak idol k-pop yang harus terkena imbasnya dengan didiagnosis mengalami gangguan psikologis. Bahkan ada juga yang mengalami diagnosis ini dari sebelum menjadi idol k-pop. Beberapa idol k-pop yang pernah didiagnosis mengalami gangguan psikologis di antaranya adalah:

1. Suga BTS

Idol K-pop yang pertama adalah Suga BTS. Salah satu member BTS yang debut pada tahun 2013 ini ternyata gangguan psikologis sangat dekat dengan sosok Suga BTS ini. Ia ternyata pernah berjuang untuk menghadapi OCD dan depresi yang pernah ia alami.

OCD adalah sebuah akronim dari Obsessive Compulsive Disorder yang mana penderitanya merasa terdorong untuk melakukan sesuatu yang berulang-ulang kali agar dirinya tidak merasa cemas. Sedangkan depresi adalah gangguan suasana hati yang membuat penderitanya terus menerus merasa sedih dan semakin kehilangan minat untuk melakukan kegiatan sehari-hari. 

Suga BTS juga pernah menuangkan pengalamannya ini di dalam karya lagunya. Dilansir dari portal berita Naver, Ia menuliskan pengalamannya selama menderita gangguan mental dalam "Last", lagu yang menjadi bagian di mixtape yang ia rilis tahun 2016.

 

2. IU

Idol K-pop selanjutnya datang dari penyanyi cantik kenamaan Korea Selatan yakni IU. Tak disangka-sangka, IU juga sempat memiliki gangguan psikologis yaitu Bulimia yang mana membuatnya cukup tersiksa saat itu. Dengan gangguan psikologis ini, IU akan terdorong untuk memuntahkan makanan yang telah ia makan karena munculnya perasaan takut gemuk.

Adanya gangguan psikologis ini membuat IU melakukan terapi untuk pengobatannya, yaitu dengan melakukan diet ketat hingga membuatnya kehilangan berat badan sebanyak lima kilogram dalam seminggu. Sebenarnya, diet ekstrem seperti ini tidak dianjurkan untuk dilakukan oleh orang-orang tanpa sepengawasan dokter yang memang berpengalaman di bidangnya. 

 

3. Day6

Jika tadi ada Suga BTS dan IU, group band Day6 juga ternyata pernah berjuang menghadapi gangguan psikologis yang dialami oleh para membernya. Bahkan, gangguan psikologis ini sampai-sampai membuat seluruh kegiatan promosi comeback mereka pada tahun 2020 lalu. Hal ini ternyata beberapa member mereka mengalami anxiety disorder hebat yang mengganggu aktivitas mereka sehari-hari.

Penundaan tersebut diumumkan oleh agensi mereka, yaitu JYP Entertainment tepat satu hari sebelum mereka langsungkan comeback-nya. Dengan kondisi tersebut, agensi dan tim dokter yang menangani mereka memutuskan untuk mengistirahatkan dulu hingga kondisi mereka benar-benar kembali stabil dan dapat melangsungkan comeback-nya dengan baik.

 

4. Mingi ATEEZ

Sama halnya dengan Day6Mingi ATEEZ juga mengalami gangguan psikologis yang serupa, yaitu anxiety disorder. Hal ini membuatnya sempat hiatus dari dunia hiburan pada bulan November tahun 2020 lalu. Hal ini diumumkan oleh agensi ATEEZ, yaitu KQ Entertainment. 

Anxiety disorder atau yang biasa dikenal dengan gangguan kecemasan sendiri adalah gangguan kesehatan mental yang ditandai dengan perasaan khawatir, cemas, dan takut yang luar biasa hebat sehingga penderitanya merasa tidak nyaman untuk berkegiatan sehari-hari. Penyebab dari gangguan psikologis ini juga lumayan beragam dari adanya pengalaman buruk mengenai sesuatu di masa lalu hingga genetik.

 

5. Park Bom

Idol K-pop yang juga menderita gangguan psikologis yang cukup serius adalah Park Bom. Perempuan cantik yang dulunya adalah member dari girl group 2NE1 ini ternyata mengalami ADHD yang muncul sejak ia melihat kematian temannya di bangku sekolah menengah pertama.

Park Bom sendiri pernah berurusan dengan pihak kepolisian mengenai skandalnya dalam penyelundupan obat amfetamin yang dikirim keluarganya di Amerika Serikat. Hal ini ternyata berkaitan dengan kondisi ADHD yang ia alami. pihak YG Entertainment selaku agensi dari Park Bom memberikan klarifikasi bahwa obat tersebut sebenarnya telah diresepkan secara resmi di AS, untuk mengobati kondisi psikologis yang dialami oleh Park Bom. 

Menyeramkan yah KLovers kondisi gangguan psikologis yang dialami oleh idol-idol k-pop. Sebagai penggemar yang baik, yuk kita dukung para idola kita dengan tidak menyebarkan hatespeech dan juga selalu suportif dengan kondisi idola kita, KLovers!

Ditulis oleh: Muhammad Ancah

 

 


REKOMENDASI
TRENDING