Dari Jaksa Sampai Pengusaha, Inilah Profesi Yang Paling Banyak di K-Drama

Kamis, 28 Desember 2017 07:45 Penulis: Rahmi Safitri
Dari Jaksa Sampai Pengusaha, Inilah Profesi Yang Paling Banyak di K-Drama Profesi di K-Drama © Istimewa

Kapanlagi.com - Ketika nonton drama Korea, pernah nggak sih memperhatikan pekerjaan para karakternya? Kalau iya, berarti KLovers sama nih dengan Komite Monitor Siaran dari Aliansi Warga Pers Demokratik di Korea. Dilansir dari Soompi, aliansi tersebut baru-baru ini merilis sebuah laporan yang mereka beri judul 'Bagaimana Drama Menggambarkan Dunia di 2017'.

Judulnya keren dan laporannya diambil dengan mengamati pekerjaan para karakter di K-Drama. Mereka meneliti 49 drama yang tayang dari Juli - 20 November 2017 di KBS1, KBS2, SBS, MBC, JTBC, dan tvN. Drama-drama yang bertema remaja, sekolah, dan sageuk (sejarah Korea) tidak diikutkan dalam daftar, contohnya seperti Andante, Queen For Seven Days, dan Saimdang Light's Diary.

Selain itu, penilaian mereka juga hanya mengambil empat karakter dalam tiap drama yang mereka anggap sebagai yang utama. Kalau kesulitan menentukan siapa saja karakter utama, Aliansi Warga Pers Demokratik akan mengambil dua sampai maksimal enam karakter dalam tiap drama. Lalu bagaimana hasilnya?

Dari 197 karakter yang diambil dari 49 drama, setelah menganalisis tentang pekerjaan dan latar belakang perekonomian, satu dari empat karakter utama drama adalah pengusaha yang merupakan putra konglomerat dan biasanya disebut chaebol. Totalnya mencapai 23% dari persentase keseluruhan. Dari penelitian ini, banyak drama yang tayang di semua stasiun televisi ceritanya berpusat pada konglomerat.

Polisi dan dokter juga jadi profesi favorit karakter K-Drama © IstimewaPolisi dan dokter juga jadi profesi favorit karakter K-Drama © Istimewa

Drama dengan para karakter sebagai pengusaha atau konglomerat ini terutama yang tayang di KBS dan MBC. Untuk drama yang tayang di SBS dan tvN, kebanyakan karakternya bekerja di bidang hukum seperti pengacara, jaksa, hakim, atau polisi. Aliansi Warga Pers Demokratik pun menyimpulkan kalau KBS dan MBC tidak bisa jauh-jauh dari cerita tentang orang kaya. Sedangkan SBS dan tvN dinilai lebih berani dalam memulai tren baru.

Laporan Aliansi Warga Pers Demokratik juga menyatakan kalau drama dengan tema hukum dan jurnalisme bersinar tahun ini. Dilaporkan kalau 19 dari 49 drama yang tayang di paruh kedua 2017 memiliki karakter utama yang bekerja di bidang hukum atau jurnalisme. Ada dua drama dengan karakter utama berprofesi sebagai jurnalis, 14 drama dengan karakter utama di bidang hukum, serta tiga drama yang memiliki karakter utama kerja di bidang hukum dan jurnalisme.

Selain yang sudah disebut, pekerjaan lain bagi karakter drama adalah dokter dan selebritis. Untuk dua profesi tersebut jumlah persentasenya sama dengan jurnalis yaitu 4%. Sedangkan profesi yang baru muncul di drama 2017 adalah reporter.

Kira-kira KLovers paling suka kalau karakter drama sebagai apa nih? Pengusaha kaya, jaksa, dokter, atau selebritis? Yuk share pendapat kalian!

(soo/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING