Film Bollywood Terbaik Bulan Ini, Pilih 'RAEES' atau 'KAABIL'?

Jum'at, 27 Januari 2017 16:38 Penulis: Wulan Noviarina
Film Bollywood Terbaik Bulan Ini, Pilih 'RAEES' atau 'KAABIL'? RAEES dan KAABIL ©The Indian Express

Kapanlagi.com - Mengawali tahun 2017, ada dua film yang paling ditunggu publik India. Ada RAEES yang dibintangi oleh Shahrukh Khan dan Mahira Khan. Juga ada KAABIL yang dibintangi oleh Hrithik Roshan dan Yami Gautam.

Sejak belum dirilis, dua film ini jadi sorotan karena ditayangkan di tanggal yang sama. Baik Shahrukh maupun Hrithik sama-sama enggan mengubah jadwal tayang karena tanggal 26 Januari adalah Hari Republik dan pada momen ini banyak orang pergi ke bioskop. Karena itulah, baik SRK maupun Hrithik sama-sama keukeuh memutar film mereka pada tanggal 25 Januari, sehari menjelang Hari Republik India.

Ketika akhirnya diputar, dua film ini mendapatkan sambutan yang berbeda. Jika dinilai dari jumlah penonton, saat ini RAEES memimpin dengan angka Rp 40 miliar, sementara KAABIL baru mendapatkan Rp 20 miliar.

Pendapat para kritikus film pun tak ada yang sepaham. Beberapa memberikan angka bagus buat RAEES, beberapa menyebut KAABIL memiliki jalan cerita yang lebih bagus.

Bingung nonton yang mana? Simak ulasan berikut ini dulu yuk.

RAEES

RAEES jadi film pertama Shahrukh memerankan sosok penjahat ©indianexpressRAEES jadi film pertama Shahrukh memerankan sosok penjahat ©indianexpress

Raees (SRK) adalah seorang penjahat, penjual miras di pasar gelap yang sangat terkenal di Gujarat. Ia kejam pada saingan dan para musuhnya. Namun memiliki hati yang baik pada masyarakat miskin di sekitarnya.

Bersetting tahun 1970-an, ini adalah film pertama Shahrukh Khan sebagai sosok penjahat. Banyak kritikus memuji penampilannya yang apik di film ini. Beberapa media bahkan menyebut kalau Raees adalah karakter terbaik yang pernah dibawakan oleh Shahrukh Khan.

Tidak hanya itu, akting Mahira Khan, aktris Pakistan yang jadi lawan main SRK di film ini juga panen pujian. Demikian juga dengan Nawazuddin Siddiqui, yang sukses mencuri perhatian di pertengahan sampai akhir film.

Namun film ini dinilai memasang terlalu banyak lagu, yang membuat jalan ceritanya jadi kurang terasa kuat. Salah satu lagunya pun menuai kontroversi karena klipnya dibawakan oleh Sunny Leone, mantan bintang porno India.

KAABIL
KAABIL bercerita tentang pria buta yang membalas dendam untuk kekasihnya ©freeKAABIL bercerita tentang pria buta yang membalas dendam untuk kekasihnya ©free

Film ini berkisah tentang pria dan wanita yang sama-sama buta dan saling jatuh cinta. Di tengah perjalanannya, si wanita diperkosa. Lalu si pria marah, karena keinginannya untuk dapat keadilan bagi sang kekasih dipermainkan oleh polisi.

Dari sosok romantis, si pria buta ini menjadi pemburu keadilan yang beringas. Ia ingin membalas dendam karena kekasihnya sudah diperkosa oleh pria-pria jahat. Apakah ia akan berhasil?

Beberapa kritikus film India menilai KAABIL lebih bagus bila dibandingkan RAEES. Naskahnya ditulis dengan lebih smooth dan masuk akal bila dibanding film yang dibintangi Shahrukh Khan.

Akting Hrithik di film ini sangat bagus dan disebut sebagai penampilan terbaiknya sepanjang karirnya di Bollywood. Meski pemasukannya belum banyak, namun jika menilik review dari netizen, bukan tidak mungkin KAABIL akan mendapatkan tambahan penonton akhir pekan ini.

Fakta-Fakta Pemutaran RAEES dan KAABIL.
KAABIL sekarang masih kalah dibanding RAEES, tapi hasil akhirnya masih belum tahu nanti... ©indianexpressKAABIL sekarang masih kalah dibanding RAEES, tapi hasil akhirnya masih belum tahu nanti... ©indianexpress

- Sebelum pemutaran film, Shahrukh Khan dan Hrithik Roshan sudah bertemu untuk bicara soal jadwal tayang. Namun mereka tak menemukan titik temu.

- Meredam panasnya situasi antar fans SRK dan Hrithik, Salman Khan turun tangan. Ia posting foto kebersamaannya dengan SRK dan Hrithik, yang membuat para fans agak tenang.

- Di tengah acara promo RAEES, seorang fans Shahrukh Khan meninggal dunia karena sesak terdesak dan membuat sakit jantungnya kambuh.

- RAEES diputar di 2500 layar bioskop India, sementara KAABIL hanya diputar di 2200 layar.

- Rakesh Roshan, ayah Hrithik yang juga produser KAABIL marah karena film putranya hanya diputar di 2200 layar, lebih sedikit daripada RAEES. Ia mengancam bakal berhenti dari dunia film kalau terus diperlakukan tak adil seperti ini.

- Di tengah promo KAABIL, Hrithik selalu didampingi mantan istrinya, Sussanne Khan, yang membuat rumor mereka balikan makin berhembus kencang.

Well, mau nonton yang mana? Pilihan ada di tangan kamu...

(kpl/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING