FILM INDONESIA

Film 'SURAT KECIL UNTUK TUHAN' 2011 dan 2017, Ketahui Bedanya Jangan Sampai Tertukar

Sabtu, 13 Agustus 2022 12:33

Film SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2011 dan 2017 (credit: imdb)

Kapanlagi.com - SURAT KECIL UNTUK TUHAN mungkin jadi salah satu judul film Indonesia yang sudah tak asing lagi, khususnya bagi kalangan pecinta film. Pasalnya di sepanjang sejarah perfilman tanah air, judul tersebut telah dipakai untuk dua film yang rilis di tahun berbeda. Film SURAT KECIL UNTUK TUHAN yang pertama rilis pada 2011. Kemudian film berjudul SURAT KECIL UNTUK TUHAN yang kedua dirilis 2017.

Punya judul yang sama, banyak yang mengasumsikan bahwa film SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2017 adalah hasil remake atau bahkan kelanjutan dari film SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2011. Padahal, keduanya merupakan film yang sama sekali berbeda dan secara cerita juga tidak saling berhubungan.

Lantas, apa sih perbedaan film SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2011 dan 2017? Daripada terus menerus salah sangka, langsung saja yuk simak beberapa perbedaannya berikut ini.

1. Pemain Film SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2011

Film SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2011 merupakan adaptasi dari sebuah novel best seller berjudul sama. Novel tersebut menceritakan kehidupan tokoh utama seorang remaja berusia 13 tahun. Alhasil saat diangkat ke dalam film, film SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2011 banyak menampilkan aktris Dinda Hauw yang saat film dirilis masih berusia 14 tahun, tak jauh beda dengan tokoh utama dalam novel.

Selain Dinda Hauw, SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2011 juga menampilkan sejumlah aktor sebagai pemain pendukung. Berikut jajaran pemain film SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2011.

- Dinda Hauw sebagai Gita Wanda Sesa Cantika atau Keke

- Esa Sigit sebagai Andi

- Egi John sebagai Chika

- Dwi Andhika sebagai Kiki

- Alex Komang sebagai Ayah

- Ranty Purnamasari sebagai Ibu

- Heri Savalas sebagai Pak Yus

- Indri Giana sebagai Shifa

- Maulidha Tiara Ningsih sebagai Fachda

- Vinessa Inez sebagai Dinda

- Sasa Nabila sebagai Andini

- Cut Nadya sebagai Ida

- Ayunda Gayatri Maheswari sebagai Maya

- Cellica Nurrachadiana sebagai Dokter

2. Sinopsis Film SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2011

Sekilas tentang film SURAT KECIL UNTUK TUHAN, film ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama seorang gadis berusia 13 tahun bernama Gita Wanda Sesa Cantika (biasa dipanggil Keke) yang terkena sebuah penyakit langka. Namun alih-alih terpuruk, Keke yang sedari awal dikenal sebagai gadis ceria dan penuh semangat tetap bisa tersenyum dengan keadaannya. 

Bahkan, Keke tetap bersemangat untuk sekolah dan mengikuti ujian. Beruntung, Keke dikelilingi oleh keluarga dan sahabat yang yang hangat. Mereka juga selalu mendukung Keke untuk sembuh. Berkat dukungan yang didapatnya, Keke juga selalu bersemangat untuk berjuang demi kesembuhannya. Namun tak jarang, semangat untuk sembuh yang dipunya Keke justru membuat orang-orang di sekitarnya merasa iba.

3. Fakta Seputar Film SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2011

Cerita SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2011 bukan sekadar film yang diangkat dari novel. Pasalnya, novel tersebut juga diangkat dari kisah nyata. Sehingga tak heran, jika ceritanya yang begitu sedih dan penuh makna dari kehidupan Keke telah mampu menyentuh banyak hati penonton. Alhasil, pada tahun rilisnya, film ini berhasil jadi salah satu yang terlaris dan terpopuler di kalangan masyarakat khususnya para pecinta film.

Tak saja laris dan populer, film ini juga berhasil memenangkan beberapa penghargaan. Salah satunya, untuk dua pemeran utama yaitu Dinda Hauw dan Alex Komang. Dinda berhasil memenangkan Piala Citra kategori AKtris Terbaik. Sedangkan Alex Komang yang berperan sebagai ayah Keke juga memenangkan PIala Citra kategori Aktor Terbaik.

4. Pemain Film SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2017

Sementara itu, film SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2017 juga jadi salah satu film yang populer pada masa rilisnya. Film ini bahkan menjadi salah satu box office Indonesia di 2017. Disutradarai oleh Fajar Bustomi, film ini menampilkan Joe Taslim dan Bunga Citra Lestari sebagai dua pemeran utamanya. Selain itu, masih film ini juga mempunyai jajaran pemain yang mengagumkan. Berikut daftar pemain film SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2017.

- Bunga Citra Lestari sebagai Angel

- Joe Taslim sebagai Martin

- Bima Azriel sebagai Anton

- Aqeela Calista sebagai Maria

- Izzati Khansa sebagai Angel kecil

- Lukman Sardi sebagai Om Rudi

- Aura Kasih sebagai Ningsih

- Rifnu Wikana sebagai Asep

- Ben Joshua sebagai Let. Joko

- Maudy Koesnaedi sebagai Mama Soraya

- Jeroen Lezer sebagai Papa Edward

- Chew Kin Wah sebagai Bapak Martin

- Susan Bachtiar sebagai Ibu Martin

- Dorman Borisman sebagai Pak Wiryawan

- Kevin Bzezovski Taroreh sebagai Ricky

- Yuvens sebagai Martin kecil

- Avril Sigarlaki sebagai Ningsih kecil

5. Sinopsis SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2017

SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2017 punya cerita yang sangat berbeda dengan film berjudul sama yang dirilis 2011. SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2017 sebenarnya juga bercerita tentang perjuangan hidup yang berat. Namun bukan tentang melawan penyakit, melainkan kehidupan dua kakak adik yatim piatu yang berjuang untuk bisa bertahan menjalani hidup.

Di kisahkan dalam film ini, Anton dan Angel dua saudara yang jadi yatim piatu. Kehidupan mereka kian pilu setelah terjebak dalam situasi dimana mereka dimanfaatkan orang jahat untuk dijadikan pengemis. Hingga suatu ketika, Angel mengalami kecelakaan yang membuatnya terpisah dari Anton. Namun berkat kecelakaan itu, Angel bertemu dengan keluarga baik hati yang merawatnya hingga dewasa.

Hidup dalam kondisi serba kecukupan, nyatanya tak membuat Angel lepas dari bayang-bayang sang kakak. Setelah 15 tahun berselang, Angel tetap berusaha mencari kakaknya yang lama terpisah.

6. Fakta Film SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2017

Seperti yang telah disinggung di awal, film SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2017 menjadi salah satu film yang berhasil masuk box office di tahun rilisnya. Sejalan dengan hal itu, film ini ternyata juga diproduksi dengan biaya yang cukup mahal.

Tak saja berhenti dalam karya film, SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2017 juga menelurkan sebuah album lagu dengan format paduan suara. Lagu-lagu tersebut merupakan soundtrack yang kemudian dibawakan grup paduan suara Purwa Caraka Music Studio Choir.

Itulah beberapa ulasan singkat terkait perbedaan film SURAT KECIL UNTUK TUHAN 2011 dan 2017. Jadi jangan sampai tertukar lagi ya, KLovers.

REKOMENDASI
TRENDING