Ini Alasan Kenapa Kamu Rugi Jika Melewatkan Film-Film Rhoma Irama

Kamis, 16 Maret 2017 07:52 Penulis: Rahmi Safitri
Ini Alasan Kenapa Kamu Rugi Jika Melewatkan Film-Film Rhoma Irama Film Rhoma Irama © Istimewa

Kapanlagi.com - Orang Indonesia pastinya pernah nonton film-film yang dibintangi oleh Warkop DKI. Selain film komedi yang diperankan tiga pelawak legendaris tersebut, sinema-sinema karya anak bangsa yang pernah ditonton adalah yang dibintangi oleh Suzanna dan Rhoma Irama.

Kali ini kita akan membahas tentang film-film Rhoma Irama. Kenapa? Film-film yang dibintangi oleh pria yang dijuluki sebagai raja dangdut ini punya keunikan. Banyak yang mengaku nggak suka nonton (terutama yang nggak hobi dengar lagu dangdut). Uniknya nih biarpun mengaku nggak suka, tapi yakin deh paling nggak pernah lihat waktu ditayangkan di televisi.

Film Rhoma yang berjudul PENASARAN © PT Naviri FilmFilm Rhoma yang berjudul PENASARAN © PT Naviri Film

Rhoma Irama sendiri sejak tahun 1970-an sampai 2000-an sudah membintangi lebih dari 27 film. Film-filmnya yang populer antara lain BERKELANA I, BERKELANA II, SATRIA BERGITAR, GITAR TUA, BEGADANG, CINTA SEGITIGA, BUNGA DESA, dan lain-lain. Film-film tersebut bukan hanya menyajikan cerita saja, tapi juga diiringi lagu-lagu ciptaan sang raja dangdut. Jadi seperti Bollywood, bedanya tanpa goyang. Pasangan-pasangan Rhoma di film pun berbeda-beda mulai dari Yati Octavia, Ricca Rachim, Camelia Malik, sampai Ida Iasha. Sampai tahun 1984 saja film-film Rhoma sudah ditonton 15 juta orang pada masa itu lho!

Biarpun film-film pria yang biasa disapa Bang Haji ini mungkin bukan favoritmu, tapi yakinlah ada efek samping yang cukup positif dari nonton aksi beliau. Apa saja?

1. Jadi Lebih Dekat Dengan Ibu

Kenapa bisa lebih dekat dengan ibu kita? Karena kebanyakan yang suka dengan film-film Rhoma Irama adalah ibu-ibu. Dan kebanyakan anak-anak mengalah kalau remote sudah jadi kuasa ibu. Jadi daripada sebal dengan orangtua kita sendiri, sekalian saja menemani ibu buat nostalgia masa muda dengan menonton film-film Rhoma Irama. Siapa tahu, ibu tiba-tiba cerita pengalamannya saat nonton film itu pertama dulu bagaimana.

2. Bakal Sadar Kalau Lagu Rhoma Irama Itu Everlasting

BERKELANA, salah satu film legendaris Rhoma © PT Naviri FilmBERKELANA, salah satu film legendaris Rhoma © PT Naviri Film

Kebanyakan yang nggak suka dangdut itu bilang kalau musik yang sering disebut dari Indonesia itu kampungan. Padahal dangdut tetaplah karya seni yang mungkin saja nih para pembencinya nggak bisa menciptakannya. Rhoma Irama sendiri adalah sosok jenius yang sudah menciptakan berbagai macam lagu yang sampai sekarang masih disukai dan sering di-recycle.

Lagu-lagu yang muncul di film Rhoma itu kebanyakan adalah lagu yang disukai dari generasi ke generasi. Contohnya Ani, Cuma Kamu, Penasaran, yang muncul di film Rhoma yang tayang tahun 1976 PENASARAN. Ada juga film DARAH MUDA juga mempopulerkan lagu berjudul sama. Selain itu ada lagu Piano yang muncul dalam film BERKELANA II dan Judi yang hadir di NADA-NADA RINDU. (Note: klik di judul lagu untuk mendengarkan lagunya)

Lagu-lagu tersebut di atas, mustahil rasanya kalau belum pernah dengar. Entah kalian dengar di film tersebut, saat dinyanyikan oleh pengamen, atau nggak sengaja dengar saat ada tetangga yang kondangan. Intinya lagu-lagu itu nggak ada matinya.

3. Akan Kenal Sosok Legendaris Bernama Ani

Rhoma dan Ani © IstimewaRhoma dan Ani © Istimewa

Siapakah Ani? Itu adalah nama karakter utama wanita paling sering muncul di film Rhoma Irama dan paling sering diperankan oleh Yati Octavia. Karakter Ani ini muncul di film PENASARAN, DARAH MUDA, BERKELANA I, BERKELANA II, SEBUAH PENGORBANAN, dan PENGABDIAN. Selain di PENGABDIAN, karakter Ani diperankan oleh Yati. Nama Ani bahkan jadi salah satu judul Rhoma Irama.

4. Mengagumi Kisah Cinta Rhoma Irama dan Ricca Rachim

Dari sederet pemeran utama wanita yang mendampingi Rhoma salah satunya adalah Ricca Rachim. Ricca ikut dalam film CINTA SEGITIGA, CAMELIA, MELODI CINTA RHOMA IRAMA, PERJUANGAN DAN DOA, BADAI DI AWAL BAHAGIA, SEBUAH PENGORBANAN, SATRIA BERGITAR dan PENGABDIAN. Dari sering main bareng itu, Ricca akhirnya dinikahi oleh Rhoma tahun 1985. Setelah menikah Ricca pun memutuskan menjadi mualaf.

Pernikahan Rhoma dan Ricca pun bertahan sampai sekarang meskipun pasangan ini belum dikaruniai anak. Ricca juga masih setia mendampingi Bang Haji meskipun dia bukanlah istri satu-satunya dari Rhoma Irama. Berawal dari cinlok langgeng sampai sekarang nih!

Salah satu film yang dibintangi Ricca dan Rhoma © IstimewaSalah satu film yang dibintangi Ricca dan Rhoma © Istimewa

5. Nostalgia

Nostalgia ini untuk anak-anak era 80 atau 90-an, saat film-film Indonesia termasuk filmnya Bang Haji masih sering diputar di layar kaca. Kalau sekarang nonton filmnya lagi pasti kita jadi ingat masa kecil dan akan merasa nostalgic bahkan tertawa kalau melihat beberapa adegan di film Rhoma yang kadang terlihat cukup berlebihan kalau untuk di era sekarang ini.

6. Terhibur

Last but not least, meskipun ceritanya mungkin not your cup of tea, tapi sedikit banyak kalian akan terhibur melihat aksi Rhoma dengan beragam karakter yang diperankannya. Kesimpulannya film-film Bang Haji ini bisa jadi semacam guilty pleasure.

Ada lagi menurut KLovers manfaat dari nonton film-film Rhoma Irama yang legendaris ini? Oh ya kira-kira apa sih film Rhoma favorit KLovers? Yuk share pendapatmu!

Apa nih film Bang Haji favoritmu? © PT NaviriApa nih film Bang Haji favoritmu? © PT Naviri

(kpl/pit)

Editor:

Rahmi Safitri


REKOMENDASI
TRENDING