'FIFTY SHADES' Gagal Tayang di Saudi Arabia, Mengapa?

Selasa, 17 Februari 2015 11:52 Penulis: Fitrah Ardiyanti
'FIFTY SHADES' Gagal Tayang di Saudi Arabia, Mengapa? FIFTY SHADES OF GREY/©Focus Features
Kapanlagi.com - Tak mengherankan jika ada beberapa negara yang melarang pemutaran film erotis romantis garapan sutradara Sam Taylor-Johnson. Indonesia dan Malaysia adalah negara-negara yang melarang penayangan FIFTY SHADES di bioskop. Inggris dan Amerika Serikat pun memberikan rating 17+ dan melarang keras remaja berusia 17 tahun untuk menonton film ini tanpa didampingi orang dewasa.

Sebenarnya juga tak jadi sebuah kejutan jika film yang diangkat dari novel berjudul sama karangan E.L. James ini batal ditayangkan di Saudi Arabia. National Media Council, yang bertanggung jawab atas penyensoran sebuah film sebelum tampil, telah mereview FIFTY SHADES minggu lalu. Menurut yang dilansir koran 7Days, Senin kemarin (16/2), para dewan mengajukan rekomendasi untuk memotong durasi film selama 35 menit karena adanya adegan-adegan 'kurang pantas'.

Hal ini menyebabkan distributor film yang dibintangi Jamie Dornan dan Dakota Johnson menarik FIFTY SHADES. Namun, para dewan ini tak ingin disalahkan, dan terkesan menganggap penarikan film ini murni merupakan keputusan distributor. “Kami telah mereview filmnya di depan para distributor. Setelah menyadari banyaknya adegan-adegan yang kurang senonoh di sana, mereka memutuskan untuk tidak menayangkannya di depan publik, sebelum kami mencapai keputusan,” jelas Juma Al Leem, Direktur Dewan Media Content.

Salah satu adegan hot dalam FIFTY SHADES OF GREY/© Focus FeaturesSalah satu adegan hot dalam FIFTY SHADES OF GREY/© Focus Features

Juma juga membeberkan jika distributor membuat keputusan itu karena tak ingin hubungannya dengan produser menjadi riskan dan berakhir tidak baik. “Nggak fair juga buat para penikmat film yang ingin nonton FIFTY SHADES secara lengkap namun ketika mereka sudah duduk di kursi bioskop, ternyata isinya sudah jauh berbeda (karena pemotongan durasi),” ujar Juma.

Sementara itu Four Star Films telah memutuskan untuk tak jadi merilis FIFTY SHADES karena pemotongan durasi yang terlalu lama. Kejadian ini bukan yang pertama kalinya terjadi di Saudi Arabia. Tahun lalu, bioskop-bioskop di sana memutar THE WOLF OF WALL STREET dengan durasi yang dikurangi sepanjang 45 menit, hampir separuh durasi filmnya. Pemotongan ini membuat para penonton bingung.

Di tahun 2012, produser THE GIRL WITH THE DRAGON TATTOO menolak sensor ini dan memilih untuk tak merilis filmnya di Saudi Arabia. Well, jika kalian ingin menikmatinya tanpa ada sensor dan larangan-larangan lainnya, pergilah ke Prancis!

(the/tch)


REKOMENDASI
TRENDING