Ternyata Ini Alasan Sang Sutradara Mengambil Judul 'YASMINE'

Jum'at, 22 Agustus 2014 17:51 Penulis: Angga S Priyono
Ternyata Ini Alasan Sang Sutradara Mengambil Judul 'YASMINE' YASMINE © KapanLagi.com®/Hendra Gunawan
Kapanlagi.com - Masyarakat Brunei dapat tersenyum bahagia setelah setengah abad lebih tak ada karya sineas negeri sendiri. Adalah Siti Kamaluddin, mewujudkan itu lewat film besutannya yang berjudul YASMINE. Bercerita tentang gadis remaja yang masuk klub silat karena rasa kecewanya tak bisa masuk sekolah unggulan. Sejak saat itu ia berusaha untuk menjadi juara tingkat nasional.

Itu sebabnya Siti Kamaluddin memilih judul YASMINE untuk disematkan kepada karyanya. Diakui Siti, nama itu juga diambil dari filosofi bunga jasmine. "Bunga jasmine kecil, tapi kalau ditaruh di ruangan harumnya itu sangat kuat. Seperti karakter Yasmine, walau kecil tapi dia powerful, jago silat," ungkap Siti di acara meet and greet, Plaza Semanggi, Jakarta Pusat, Kamis (21/8).

Siti melanjutkan, sudah sejak lama ia berniat menggarap film ini. Namun film YASMINE sendiri tercetus dari 2-3 tahun lalu. "Ini kerjasama antara Brunei dan Indonesia. Semua lokasinya di Brunei," pungkasnya. 

Siti Kamaluddin sudah merencanakan jangka panjang untuk film YASMINE. Ia berencana membuat sekuel dari film pertama di negaranya. "Memang sejak awal diproduksi saya sudah mempunyai plot cerita untuk film kedua dan ketiga YASMINE. Cuma belum dituangkan sama sekali," jelasnya. 

YASMINE © Origin FilmsYASMINE © Origin Films

Menurut Siti, permintaan adanya sekuel YASMINE bukan hanya datang dari para produser, tapi juga penikmatnya. Apalagi masih sedikit sineas yang mengangkat tema tentang bela diri pencak silat. "Orang ramai menginginkan film ini berkembang lagi. Saat ini di Asia masih sangat kurang film tentang silat. Film laga yang ada selama ini mengangkat balas dendam dan kekerasan, bukan jati diri ilmu bela diri," pungkas Siti.

Selain menampilkan aktris asal Brunei, Liyana Yus yang memerankan tokoh Yasmine, film ini juga menampilkan sederet aktor papan atas Indonesia seperti Reza Rahadian, Agus Kuncoro, Dwi Sasono, Arifin Putra, Mentari De Marelle dan Roy Sungkono

Mungkinkah ada kelanjutannya? Dan masihkah mereka memanggil sineas dari Indonesia? Kita tunggu saja, sambil menyaksikan YASMINE yang sudah tayang di bioskop tanah air.

(kpl/tov/sic)

Editor:

Angga S Priyono


REKOMENDASI
TRENDING