HOLLYWOOD

8 Tradisi Unik Royal Baby Kerajaan Inggris: Rahasia - Selimut Berusia 100 Tahun!

Selasa, 07 Mei 2019 16:55 Penulis: Sora Soraya

Pangeran Harry - Meghan Markle © Splashnews

Kapanlagi.com - Senin (6/5) kemarin menjadi momentum yang sangat spesial bagi British Royal Family. Bukan tanpa alasan, pasalnya Meghan Markle dan Pangeran Harry baru saja menyambut kelahiran bayinya yang berjenis kelamin laki-laki.

Setelah sempat dikabarkan melahirkan secara diam-diam, pihak Kerajaan Inggris akhirnya mengumumkan secara resmi kelahiran bayi Meghan Markle dan Pangeran Harry. Sesuai tradisi, pengumuman itu ditampilkan di depan Buckingham Palace agar bisa dinikmati publik dan media.

Bicara soal tradisi, ternyata ada banyak hal yang biasa dilakukan anggota keluarga Kerajaan Inggris usai proses persalinan lho. Mulai dari masa kehamilan, hingga royal baby lahir, tradisi ini selalu dipegang teguh oleh mereka. Penasaran apa saja? Simak ulasan lengkapnya di sini!

 

 

1. Rahasiakan Jenis Kelamin

Tradisi yang satu ini seakan benar-benar menjadi hal wajib bagi Kerajaan Inggris. Ibarat sebuah hal yang tabu, jenis kelamin calon royal baby akan dirahasiakan sepanjang masa kehamilan, sampai akhirnya proses persalinan berlangsung. Meski ada banyak bocoran dari banyak pihak, kerajaan akan tetap bungkam soal rumor yang beredar.

2. Tempat Bersalin

Di masa lalu, British Royal Family selalu memegang tradisi untuk melakukan persalinan di dalam istana. Namun, sejak Putri Diana, tradisi persalinan berubah dilakukan di rumah sakit. Bukan sembarangan, rumah sakitnya pun harus bertempat di bangsal Lindo Wing yang ada di St Mary's Hospital, Paddington, London.

3. Selimut Warisan

Foto di atas adalah penampakan selimut warisan yang selalu digunakan untuk menyambut royal baby selama kurang lebih 100 tahun terakhir. Selimut rajut berwarna putih ini dibuat oleh sebuah perusahaan tekstil bernama G.H.Hurt & Son dan dikenakan pertama kali oleh mendiang Pangeran George, Duke of Kent.

4. Ratu Elizabeth II Jadi Orang yang Pertama Tahu

Seperti yang kita tahu, Ratu Elizabeth II adalah pemegang kekuasaan tertinggi di Inggris. Karena itulah ia juga harus menjadi orang yang pertama kali tahu tentang berita kelahiran royal baby. Setelah ratu, disusul oleh berita ini akan disampaikan pada Pangeran Philip, Pangeran Charles, Camilla Duchess of Cornwall, Pangeran William, Kate Middleton, dan kerabat British Royal Family yang lainnya sebelum diumumkan ke publik.

5. Nama Bayi

Meski berstatus sebagai anggota kerajaan, Duke dan Duchess harus mendaftarkan kelahiran bayi mereka secara legal. Saat mendaftarkan akta kelahiran itulah, mereka sudah memilih nama yang sangat pas untuk bayinya, yang biasa dipilih lewat nama tradisional.

Nama tradisional ini dimaksud dengan nama-nama anggota Kerajaan Inggris. Satu hal yang terpenting, mereka diharuskan memilih minimal 3 nama untuk bayinya. Hal itu bisa kita temukan pada anak-anak William dan Kate yang bernama George Alexander Louis, Charlotte Elizabeth Diana, dan Louis Arthur Charles.

6. Pengumuman di Tempat Umum

Bersamaan dengan tersebarnya kabar kelahiran royal baby, Inggris pun dibanjiri dengan berbagai pengumuman. Contohnya saja seperti yang terlihat jelas saat Meghan melahirkan. Jalanan Inggris dipenuhi dengan balon berwarna biru dan papan yang bertuliskan 'It's a boy (Bayinya laki-laki)'.

Tidak hanya itu saja, setiap landmark yang ada di sana juga membuat pengumuman serupa. Seperti yang pernah terlihat di Tower Bridge, Trafalgar Square, dan London Eye yang menyala biru jika bayinya laki-laki dan pink untuk perempuan.

7. Pembaptisan

Setelah bayinya lahir, maka Kerajaan Inggris akan melakukan upacara pembaptisan. Meski dilakukan di tempat dan gereja yang berbeda, pembaptisan ini selalu dilakukan oleh Archbishop of Canterbury, uskup tertua yang ada di Inggris.

Tidak hanya itu saja, saat acara pembaptisan berlangsung, royal baby harus memakai gaun baptis yang jadi warisan sejak tahun 1841. Istimewanya lagi, air baptis yang dipakai harus berasal dari Sungai Jordan dan cawan emas yang sudah ada sejak tahun 1840 silam.

8. Gelar & Keturunan Perempuan

Sesuai dengan ketentuan yang ada dalam Letters Patent yang terbit di tahun 1917, gelar kerajaan hanya akan diberikan pada keturunan laki-laki. Jika nantinya Charlotte Elizabeth Diana punya anak, maka anak-anaknya tidak akan mendapat gelar bangsawan karena berasal dari keturunan perempuan.

(kpl/sry)

Editor: Sora Soraya


REKOMENDASI
TRENDING