Detail Pernikahan Pangeran Harry - Meghan, Bakal Habis Banyak Untuk Uang Keamanan

Sabtu, 31 Maret 2018 13:40 Penulis: Cinthya Septavy
Detail Pernikahan Pangeran Harry - Meghan, Bakal Habis Banyak Untuk Uang Keamanan Pangeran Harry - Meghan Markle (credit: AFP)

Kapanlagi.com - Pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle akan dilaksanakan pada 19 Mei 2018 waktu setempat. Undangan pun telah disebar dan beberapa persiapan telah dilakukan oleh pihak kerajaan.

Bunga-bunga seharga lebih 110 ribu poundsterling (2,1 miliar rupiah) tersebar sepanjang Windsor, tumpukan sosis seharga 26 ribu poundsterling (502 juta rupiah) menghiasi piring perak dan sebuah counter-drone system seharga 1 juta poundsterling (19,2 miliar rupiah). Itu hanyalah sebagian kecil beberapa item yang akan ada dalam pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Pernikahan keduanya sendiri diperkirakan mencapai kurang lebih 32 juta poundsterling dan jika dirupiahkan kurang lebih sekitar 617,4 miliar.
Disadur dari telegraph.co.uk, Bridebook, perusahaan perencanaan pernikahan memperkirakan bahwa royal wedding kali ini disebut masuk dalam 10 besar pernikahan dengan biaya termahal sepanjang waktu.

Pernikahan Pangeran William dan Kate Middleton diperkirakan menghabiskan dana lebih sedikit dari pernikahan sang adik yaitu 20 juta poundsterling (385,8 miliar rupiah). Meski angka kedua bersaudara itu masih kalah jauh dengan pernikahan Pangeran Charles dan Putri diana yang diperkirakan mencapai 84 juta poundsterling (1,6 triliun rupiah), meski angka pastinya tidak pernah dirilis.

Sebagian besar biaya pernikahan Pangeran Harry dan Meghan ini dihabiskan untuk dress Meghan, bunga, katering dan minuman yang menghabiskan dana kurang lebih satu juta poundsterling atau jika dirupiahkan setara dengan 19,2 miliar. Lalu bakal seperti apa penampakan pernikahan yang memakan biaya fantastis ini?

Urusan Keamanan Memakan Biaya Paling Besar

Kota Windsor akan disterilkan dengan beberapa kehadiran polisi yang ditempatkan di beberapa toko dan restoran. Penembak jitu juga terlibat dalam pernikahan megah ini, termasuk juga beberapa polisi yang menyamar dan sebuah counter-drone system yang diperkirakan menghabiskan dana 24 juta poundsterling atau sekitar 463 miliar rupiah. Namun menurut Bridebook untuk biaya keamanannya sendiri menelan biaya sekitar 30 juta poundsterling atau sekitar 579 miliar rupiah. Kalau memang pendapat kedua yang benar, itu berarti tersisa 2 juta poundsterling (38,5 miliar rupiah) untuk pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle.

Masalah keamanan memakan biaya paling tinggi di pernikahan Harry-Meghan (credit: AFP)Masalah keamanan memakan biaya paling tinggi di pernikahan Harry-Meghan (credit: AFP)

Biaya kemanan untuk pernikahan putra kedua Pangeran Charles ini diperkirakan lebih tinggi dari pernikahan William-Kate. Hal itu dikarenakan tingkat ancaman teroris yang sedang panas akhir-akhir ini di Inggris. Background Harry yang merupakan seorang militer dan sejumlah komentar rasis yang diarahkan ke Meghan juga menjadi salah satu penyebab keamanan di pernikahan kali ini lebih ditingkatkan.

2,640 Masyarakat Umum Diundang

Bridebook kemudian merinci pernikahan Harry-Meghan 90 ribu poundsterling (1,7 miliar rupiah) untuk terompet berlapis perak, 50 ribu poundsterling (965 juta rupiah) untuk lemon elderflower cake yang berasal dari Violet Bakery di timur London, 110 ribu poundsterling (2,1 miliar) untuk bunga yang menghiasi St George's Chapel di Windsor Castle dan St George's Great Hall. Tenda terbuat dari kaca yang akan menjadi pusat untuk resepsi dan diperkirakan menghabiskan dana 300 ribu poundsterling (5,8 miliar) untuk sewanya.

Sebagian masyarakat umum mendapatkan undangan untuk menghadiri acara pernikahan (credit: AFP)Sebagian masyarakat umum mendapatkan undangan untuk menghadiri acara pernikahan (credit: AFP)

Harry-Meghan bisa menghabiskan uang 26 ribu (501 juta rupiah) untuk sosis dan teh yang bisa diberikan kepada 2,640 masyarakat umum yang telah diundang ke Windsor. Wah pasti beruntung banget ya bisa menghadiri undangan dari putra kedua Pangeran Charles ini.

Gaun Meghan Markle Rancangan Ralph and Russo

Salah satu biaya terbesar adalah untuk gaun pernikahan Meghan rancangan Ralph and Russo yang ditaksir antara 300 ribu poundsterling (5,8 miliar rupiah) sampai 400 ribu poundsterling (7,7 miliar rupiah). Namun Katie Nicholl, ahli kerajaan penulis Harry: Life, Loss and Love mengatakan angka seperti itu 'sangatlah tidak akurat'.

Meghan Markle diperkirakan akan mengenakan gaun pernikahan rancangan Ralph and Russo (credit: AFP)Meghan Markle diperkirakan akan mengenakan gaun pernikahan rancangan Ralph and Russo (credit: AFP)

"Meghan sadar, gaunnya akan bisa menyampaikan sebuah pesan. Gaun ini akan menjadi ikonik dan sesuai dengan latar belakang Istana Windsor. Tetapi itu seperti akan mengirim pesan yang salah kepada masyarakat untuk mengenakan gaun pengantin yang harganya melampaui milik Kate," tutur Katie Nicholl. Gaun Kate sendiri merupakan rancangan Sarah Burton untuk Alexander McQueen yang dikabarkan menelan biaya 250 ribu poundsterling (4,8 miliar rupiah).

Bukan berarti gaun Meghan tidak akan menarik untuk dilihat. "Ralph and Russo terkenal akan gaun handmade yang rumit dan luar biasa indah," lanjut Nicholl. Dan menurutnya kemungkinan akan dipasangkan dengan tiara dari koleksi pribadi Ratu Diana.

Biaya Night Party Diperkirakan Bisa Meningkat

Pesta yang akan diadakan di malam hari menurut Niemierko juga akan menelan biaya yang tidak sedikit. "Makan malam dan pesta dansa akan menjadi perayaan yang sesungguhnya. Sang ratu kemungkinan besar tidak akan hadir di perayaan night party nantinya, jadi semua orang bisa bersenang-senang," tutur Niemierko.

Tentu biaya untuk pesta di malam hari kemungkinan akan mengalami peningkatan dari segi biaya. Sebut saja untuk mirrorballs harganya 11 ribu poundsterling (202 juta). Psst, itu untuk satu mirrorball saja lho, belum untuk lighting, soundsystem dan item lainnya. Belum juga termasuk kalau ada musisi yang akan tampil di malam itu ya kan?

Rumor yang beredar menyebutkan Spice Girls akan mengisi di acara pernikahan Pangeran Harry dan Meghan (credit: AFP)Rumor yang beredar menyebutkan Spice Girls akan mengisi di acara pernikahan Pangeran Harry dan Meghan (credit: AFP)

Menurut Niemierko ada rumor yang menyebutkan bahwa Spice Girls akan mengisi acara di pernikahan Harry-Meghan. Dan tentu saja itu akan menghabiskan biaya sekitar 1 juta poundsterling (19,3 miliar rupiah) hanya untuk satu personil saja.

Anggaran Biaya Pernikahan Harry-Meghan Jauh Dari Kata Mewah

Anggaran untuk pernikahan Harry-Meghan masih jauh dari pernikahan termewah di dunia. Pernikahan orang berkuasa Rusia Aleksey Shapovalov dan Ksenia Tsaritsina di Moskow disebut-sebut sebagai pernikahan paling megah yang pernah ada. Dilansir dari businessinsider.sg, terdapat 'floating' cake, sebuah cincin berlian 70 karat yang diperkirakan seharga 7,7 juta poundsterling atau setara 148,5 miliar rupiah, dua buah gaun pernikahan dan penampilan dari runner-up Eurovision Polina Gagarina.

Tentu pemborosan seperti itu tidak akan dilakukan oleh Harry dan Meghan. Mark Niemierko, perencana pernikahan para bangsawan mengatakan kedua pasangan itu bisa dibilang lebih sederhana dan jauh dari kata mewah.

Pernikahan keduanya disebut jauh dari kata mewah (credit: AFP)Pernikahan keduanya disebut jauh dari kata mewah (credit: AFP)

"Aku tahu keluarga kerajaan dan mereka tidak menghambur-hamburkan uang. Orang-orang berpikir bahwa keluarga kerajaan seperti keluarga Kardashian, tapi keduanya jauh berbeda. Keluarga kerajaan merasa tidak pantas untuk berada di atas," tutur Niemierko.

Karena ini adalah acara yang bakal menjadi sejarah dan seluruh dunia akan tahu, maka para musisi yang akan mengisi acara di pesta pernikahan keduanya kemungkinan akan menurunkan harga. Hal yang sama juga berlaku untuk pembuat baju, toko bunga, katering dan desainer.

Memang untuk biaya pernikahannya sendiri ditaksir hanya 2 juta poundsterling (38,5 miliar rupiah) jika mengacu pada Bridebook yang mengatakan sebagian besar dana terletak pada biaya keamanan yaitu 30 juta poundsterling (579 miliar rupiah). Kita tunggu saja, bakal seperti apa royal wedding Pangeran Harry dan Meghan Markle kali ini ya?

(kpl/tel/cvn)

Editor:

Cinthya Septavy


REKOMENDASI
TRENDING