Menikah, Pangeran Harry dan Meghan Markle Sandang Gelar Duke and Duchess of Sussex

Sabtu, 19 Mei 2018 19:14 Penulis: Wulan Noviarina
Menikah, Pangeran Harry dan Meghan Markle Sandang Gelar Duke and Duchess of Sussex Pangeran Harry dan Meghan Markle ©AFP

Kapanlagi.com - Hanya beberapa jam sebelum upacara pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle digelar, Ratu Elizabeth II memberikan gelar untuk cucunya. Ada tiga gelar yang diberikan oleh Ratu Inggris tersebut kepada Harry, yaitu Duke of Sussex, Earl of Dumbarton dan Baron Kilkeel.

Selain itu, Ratu Elizabeth II juga memberikan gelar kepada Meghan Markle. Untuk cucu menantunya ini, Elizabeth memberikan gelar Duchess of Sussex dan gelarnya akan langsung sah dipakai begitu Meghan resmi menikah dengan Harry.

"Pangeran Harry akan menjadi His Royal Highness The Duke of Sussex, dan Ms Meghan Markle akan menjadi His Royal Highness The Duke of Sussex setelah pernikahan digelar," demikian bunyi pengumuman dari Istana Buckingham.

Ratu Elizabeth II yang memberikan gelar untuk Pangeran Harry dan Meghan Markle ©AFPRatu Elizabeth II yang memberikan gelar untuk Pangeran Harry dan Meghan Markle ©AFP


Dilansir dari E!Online, Meghan Markle adalah Duchess of Sussex pertama di Kerajaan Inggris. Sementara penyandang gelar Duke of Sussex sebelumnya memiliki sejarah pernah menikah dua kali dan dua pernikahannya tak direstui oleh ayahnya. Kini gelar Duke of Sussex disandang oleh Harry.

Apakah ini ada hubungannya dengan status Meghan yang merupakan seorang janda dan pernikahannya tak dihadiri oleh ayahnya? Hanya Ratu Elizabeth yang tahu alasannya.

Sementara itu, baru kali ini gelar Baron Kilkeel diberikan oleh Kerajaan Inggris kepada anggota keluarga. Kilkeel adalah sebuah kota di pesisir County Down yang kerap jadi tujuan memancing.

Pangeran Harry bisa menerima atau menolak gelar yang diberikan oleh Ratu Elizabeth II kepadanya. Dan jika ia menolak, maka gelar Harry tetap HRH Prince Harry, sementara Meghan tidak boleh dipanggil princess karena ia bukan keluarga bangsawan.

Berbeda dengan Pangeran Harry yang menerima gelar Duke of Sussex, Pangeran William mendapatkan gelar Duke of Cambrigde dari Ratu Elizabeth II ketika ia menikah dengan Kate Middleton. Apa perbedaan gelar mereka? Simak di sini...

(eol/phi)

Editor:

Wulan Noviarina


REKOMENDASI
TRENDING