SELEBRITI

Okie Agustina Bermasalah dengan Biro Travel Umrah, 11 Seleb Ini Juga Alami Kasus Sama

Rabu, 10 Juli 2019 15:15 Penulis: Galuh Esti Nugraini

Lyra Virna - Fadlan - Okie Agustina dan Gunawan Dwi Cahyo © KapanLagi.com/Bayu Herdianto/Deki Prayoga

Kapanlagi.com - Okie Agustina menjadi sorotan kini. Lama tak terdengar kabarnya, ia muncul dengan adanya masalah terkait dengan biro travel umrah. Awalnya ia merasa ditipu oleh biro tersebut, namun apa yang terjadi dirinya malah dilaporkan balik dengan dugaan pencemaran nama baik.

Tak hanya Okie Agustina saja ternyata, tak disangka banyak juga selebriti Tanah Air yang ikut tersandung masalah dengan biro travel umrah. Niat ingin beribadah, namun mereka tidak juga berangkatkan ke Tanah Suci.

Lain lagi dengan sejumlah artis lainnya. Ada juga sejumlah selebriti yang mendapat endorsement umrah dari salah satu biro travel. Tapi apa yang terjadi, biro tersebut juga malah lakukan penipuan.

Maka tak heran jika banyak selebriti Indonesia yang kerap datang ke pengadilan atas kasus seperti ini. Mulai dari pelapor hingga menjadi saksi. Kira-kira siapa saja mereka?

1. Okie Agustina

Baru-baru ini pemberitaan tentang Okie Agustina hangat diperbincangkan. Ya, mantan istri dari vokalis Pasha Ungu itu tengah tersandung masalah. Ia bersama sang suami, Gunawan Dwi Cahyo, Senin (9/07) datangi Polres Metro Jakarta Pusat.

Keduanya diperiksa oleh penyidik karena terlibat kasus pencemaran nama baik terhadap penyedia jasa Travel Hidayatul Imam Abadi. Padahal mulanya, Okie yang lebih dulu melaporkan agen travel itu.

Mereka melaporkan tentang dugaan penipuan dan penggelapan. Namun apa yang terjadi, pihak agen travel malah laporkan mereka balik.

"Hari ini kita dipanggil sama polres Jakarta Pusat sebagai terlapor. Jadi laporan kita yang kemarin tanggal 1 Maret itu ternyata dilaporkan balik sama pihak travel. Jadi hari ini kita dipanggil untuk klarifikasi," ucap Okie.

Didampingi kuasa hukumnya Okie dan suami menjalani pemeriksaan selama sekitar 8 jam lamanya. Selama pemeriksaan Ia dicecar kurang lebih delapan pertanyaan dari penyidik.

"Kami dilaporkan atas tuduhan pencemaran nama baik. Kurang lebih 8 pertanyaan diberikan oleh penyidik selama pemeriksaan," ujar Gus Bejo selaku kuasa Hukum Okie dan Gunawan.

Okie dan Gunawan awalnya sempat kaget atas panggilan yang dilayangkan kepolisian untuk keduanya. Selain rugi uang dan waktu, rupanya Okie harus menanggung malu. Pasalnya, dirinya sempat untuk mengajak bebeapa orang untuk ikut umrah menggunakan jasa travel tersebut.

Okie sendiri dijadwalkan untuk berangkat umrah pada penghujung tahun 2018 lalu. Namun tanpa sebab yang jelas, keberangkatannya dibatalkan oleh pihak travel secara tiba-tiba.

2. Syahrini

Masih ingatkah kalian dengan kasus First Travel? Ya, pasangan Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan. Kasusnya pun menyedot perhatian publik dan menjadi pemberitaan hangat pada tahun 2017. Apalagi First Travel juga ikut menyeret sejumlah selebriti, seperti Syahrini.

Mendapat endorsement, Syahrini pun diberikan fasilitas top saat pergi umrah dan paket tour ke Turki. Dalam kasus itu, Syahrini juga diperiksa oleh polisi.

"Saya keliling dunia mana pun saya tidak pernah di-endorse, apalagi urusan ibadah, masak saya di-endorse?," tepisnya waktu itu.

3. Baby Shu

Sama halnya dengan Syahrini, Baby Shu juga ikut diperiksa terkait kasus penipuan First Travel. Kasusnya pun sama, ia mendapat endors dari First Travel. Terlihat dari beberapa postingannya yang beritakan tag pada akun sosial media First Travel.

Hingga ia akhirnya diperiksa oleh polisi sebagai bagian dari penyelidikan. Baby Shu juga diberikan beberapa pertanyaan.

"Saya berangkat (umrah) juga maksudnya niat tulus hanya ibadah. Kalaupun di sana Beliau (Anniesa) meminta saya untuk meminta tolong di-posting, itu pure saya bantu teman. Kita tidak ada kontrak," ungkap Baby Shu.

4. Ria Irawan

Memang cara yang dilakukan First Travel untuk menarik minat calon jemaah untuk menggunakan jasanya. Ya, salah satunya dengan paket promosi yang murah meriah. Siapa yang tidak tertarik dengan promo yang seperti itu.

Ditambah lagi dengan endorsment para artis yang ternyata berpengaruh besar. Ria Irawan juga pernah mendapat endors dari First Travel itu. Ya, dirinya berangkat umrah pada 3 Januari 2017 lalu.

Tak sendiri ia juga bersama suami dan keluarganya. Mereka juga melakukan perjalanan ke Mesir dengan biro travel itu. Ia juga memakai pakaian rancangan sang pemilik agen travel, Anniesa Hasibuan.

5. Julia Perez

Ternyata dalam perjalanan umrah Ria Irawan juga bersamaan dengan Julia Perez. Waktu itu wanita yang kerap disapa Jupe ini berangkat umrah dalam keadaan sakit. Ria juga mendampingi suaminya yang diminta mendokumentasikan perjalanan umrah Jupe.

"Yang di-endorse Jupe. Honor Jupe kan besar. Kalau First Travel tidak bayar pakai uang (honor) maka ada barter (berupa perjalanan umrah)," jelas Ria Irawan.

6. Lyra Virna - Fadlan

Masalah yang menimpa pasangan Lyra Virna dan Fadlan. Sungguh bersyukur kasus Lyra Virna ini pun selesai juga. Kasus ini memang membutuhkan waktu begitu lama.

Merasa ditipu, Lyra malah dilaporkan ADA Tour ke pihak berwajib. Ya, tentu saja dugaan pencemaran nama baik. Semula berawal dari Lyra yang mengeluarkan segala keluh kesahnya di Instagram mengenai ADA Tour yang tidak juga memberangkatkannya ke Tanah Suci, padahal semuanya pun telah ia penuhi.

Beberapa kali sidang pun telah dilakukan. Energinya pun sampai terkuras, namun sang suami, Fadlan tetap berikan dukungan. Lyra Virna juga sempat ditetapkan sebagai tersangka.

Namun pada akhirnya ia menemukan titik cerah. Wanita berusia 37 tahun itu pun dinyatakan bebas pada Januari 2019 lalu. Ia pun tak kuasa menahan tangis bahagianya.

7. Armand Maulana dan Dewi Gita

Jarang ada gosip menerpa seputar rumah tangga, namun siapa sangka masalah datang dari luar. Pasangan musisi ini juga pernah menjadi korban Abu Tours. Ya, mereka adalah Armand Maulana dan Dewi Gita.

Padahal keduanya telah membayar lunas paket umrah tersebut untuk 6 orang. Namun apa yang terjadi, mereka malah batal berangkat.

8. Kalina Ocktaranny

Mantan istri Deddy Corbuzier juga pernah alami hal yang serupa. Awal cerita ia mendapat tawaran endorsement dari Ada Tour. Ia pun dijanjikan akan mendapat paket VVIP.

Tak sampai di situ, saja ia juga akan menikmati jalan-jalan di Malaysia saat transit. Namun apa yang terjadi setelahnya, Kalina Ocktaranny akhirnya mencium adanya kecurigaan.

Saat berada di Malaysia, paspornya dan keluarga malah ditahan oleh pihak Ada Tour. Namun ia pun tetap bungkam karena terikat oleh perjanjian yang ada. Kecurigaan itu makin besar ketika apa yang dijanjikan tidak seperti pada kenyataannya.

Selama di Tanah Suci, bukannya kamar VVIP seperti yang dijanjikan, Kalina hanya menempati kamar apa adanya. Jauh dari yang namanya VVIP. Tak hanya itu, ia juga memesan tiket pulang ke Indonesia sendiri.

9. Sulis

Masih ingat dengan penyanyi religi Sulis? Ternyata ia juga pernah menjadi korban penipuan. Parahnya, ia ditipu oleh teman sendiri.

Awalnya ia pun memberikan investasi uang sejumlah 400 juta. Nantinya uang itu akan menjadi paket umrah. Setelah merasakan ada yang tidak beres, Sulis pun akhirnya melaporkan ke polisi.

10. Ratna Listy

Di tahun 2016, Ratna Listy juga menjadi korban penipuan agen umrah. Hingga ia pun akhirnya melaporkan biro travel tersebut ke polisi. Sangat disayangkan, banyak masyarakat yang juga menjadi korban, hingga ratusan orang.

"Ya, bener, aku lagi kecewa. Sebenarnya yang kena tipu ratusan calon jemaah," ucap Ratna Listy, wanita yang naik daun berkat menjadi presenter program Bedah Rumah. Meski rasakan kecewa, ia pun mengambil hikmah dari peristiwa tersebut.

11. Medina Zain

Tak disangka selebgram yang juga entrepreneur muda ini juga menjadi korban penipuan. Ya, pemilik MZ Tour itu pun dibohongi oleh karyawan kepercayaannya sendiri. Karyawan tersebut telah menggelapkan uang jamaah di Desember tahun 2017 sampai Februari 2018.

Tak tanggung-tanggung kerugian pun mencapai 10 miliar. Tentunya menggeluti dunia bisnis, Medina Zain telah rasakan asam garam dan perjalanan yang berliku. Apalagi ia telah memulai bisnis tersebut sejak 2015.

Diketahui ternyata karyawannya itu sempat mau kabur ke Arab, namun polisi langsung melakukan tindakan. Beruntung, ia pun ditangkap di bandara. Meski awalnya membantah, akhirnya ia mengakuinya.

Menjadi korban penipuan oleh karyawan sendiri, tentu Medina rasakan trauma. Perlahan atas dukungan keluarga, ia pun bangkit kembali.


REKOMENDASI
TRENDING