SELEBRITI

6 Sosok Ini Raih Penghargaan Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021, Aksi dan Perjuangan Mereka Sesuai Semangat Kartini

Kamis, 22 April 2021 16:30

Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 (credit: Liputan6.com)

Kapanlagi.com - Setelah menjadi kesepakatan bersama untuk menentukan Perempuan Hebat Indonesia dalam rangka Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 pada Rabu (21/4/2021) kemarin, tim juri Irna Gustiawan selaku ketua Pemred Liputan6.com menyampaikan latar belakang serta alasan terpilihnya nama peraih Penghargaan Anugerah Perempuan Hebat 2021.

Kesepakatan tersebut dinilai dari contoh semangat, sekaligus inspirasi kepada seluruh di Indonesia. Namun perlu diketahui bahwa Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 ini sudah menjadi gelaran tahun ketiga yang diselenggarakan oleh Liputan6.com bareng KLY (Kapanlagi Youniverse).

1. Sesuai Semangat Kartini

Yang menjadi penilaian terpilihnya Perempuan Hebat Indonesia yaitu salah satunya sesuai gagasan Kartini seperti dengan aksi nyata dan perjuangan mereka yang semangat.

"Perjuangan serta aksi nyata Perempuan Hebat Indonesia yang terpilih ini sangat sesuai dengan pemikiran dan gagasan Kartini yang tak lekang dimakan zaman," kata Irna Gustiawati.

Melansir dari liputan6.com, Kartini adalah sosok perempuan yang mempunyai pikiran melampaui zamannya. Pemikiran, gagasa, dan perjuangan Kartini akan selalu relevan dan masih menjadi PR karena isu-isu yang diangkatnya dahulu, hingga kini masih terus berjalan.

"Kita lihat saja masih banyaknya perempuan yang menjadi korban sikap feodal seperti isu pernikahan anak, isu pengakuan untuk pekerja rumah tangga sebagai golongan pekerja, kekerasan dalam rumah tangga, dan yang tak kalah menakutkan adalah perempuan yang menjadi korban human trafficking (perdagangan manusia)," ujarnya.

2. Cerita RA Kartini

Melihat dari ceritanya, Kartini merupakan nasionalisme serta intelektualitas yang diakui oleh kaum pergerakan pada masa penjajahan Belanda.

Selain itu, melihat sosok Kartini, Tjipto Mangoenkoesumo yang juga merupakan Pahlawan Nasional sangan mengagumi kedalaman pikiran Kartini yang memiliki kesamaan dan semanga seperti dirinya.

Pada tanggal 3 September 1912, Tjipto mendirikan kelompok diskusi bernama Raden Ajeng Kartini Club di Surabaya. Sastrawan besar Pramoedya Ananta Toer juga mengagumi intelektualitas Kartini dan sikap egaliternya, sampai-sampai, Pramoedya membuat buku "Panggil Aku Kartini Saja".

3. 6 Pemenang Peraih Penghargaan Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021

Melanjutkan peraih penghargaan Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021, Ada 6 pemenang yang telah terpilih oleh juri dengan berbagai kalangan baik dari organisasi, keperempuan, sukarelawan, kementerian, hingga akademis.

Enam pemenang tersebut merupakan sosok perempuang yang berjuang melawan Covid-19 dengan terus berkarya dan berjuang untuk masyarakat dan lingkungannya. Enam pemenang yaitu sebagai berikut.

1. Erni Suyanti Musabiine – Pegiat Konservasi Harimau Sumatra

2. Yustitia Arief – Pegiat Kesetaraan untuk Disabilitas

3. dr. RA Adaninggar, SpPD – Pegiat Edukasi Lawan Hoaks Covid-19

4. Suci Apriani – Pegiat Edukasi Cegah Pernikahan Dini

5. Lidya Angelina – Pegiat UMKM dan Ekonomi Kreatif

6. dr. Ariani – Pegiat Plasma Konvalesen untuk Lawan Covid-19

4. Pemberian Penghargaan Khusus dari Juri

Untuk keenam pemenang yang merupakan sosok-sosok inspiratif dengan prestasi, kerja, dan karyanya akan mendapat penghargaan khusus yang diberikan oleh tim juri. Penghargaan khusus diberikan oleh sosok-sosok berikut ini:

1. Retno Marsudi, Tokoh Perempuan Inspiratif

2. Sri Mulyani Indrawati, Tokoh Perempuan Inspiratif

3. I Gusti Ayu Bintang Darmawati, Tokoh Perempuan Inspiratif

4. Handayani, Tokoh Perempuan Inspiratif

5. Hasto Wardoyo, Tokoh Indonesia Bebas Stunting

5. Penghargaan Khusus Lainnya

Selain itu, ada juga penghargaan khusus yang sudah berkontribusi untuk Perempuan Hebat dan sosok inspiratif dengan membantu penanggulangan Covid-19 di Indonesia.

Pihak tersebut memberikan penghargaan untuk perusahaan yang peduli terhadap masyarakat di tengah pandemi Covid-19, diberikan kepada:

1. OPPO, Brand Peduli Indonesia

2. KPR BRI, Brand Penyedia Solusi di Tengah Pandemi

6. Agar Berikan Dampak Positif

Dalam acara Anugerah Perempuan Hebat Indonesia 2021 gelaran tiga tahun ini, Liputan 6 berharap bisa memberikan dampak postiti bagi penerima dan masyarakat untuk tepta menjadi penyemangat dan terus berkarya dalam situasi pandemi Covid 19 ini.

"Akhir kata, selamat untuk para penerima penghargaan. Mari kita semua berdoa semoga bangsa Indonesia selalu dikuatkan dan segera terlepas dari pandemi Covid-19," kata Irna Gustiawati.


REKOMENDASI
TRENDING