SELEBRITI

Putu Ayu Saraswati, Puteri Indonesia Lingkungan 2020 Kagumi Perempuan di Dunia Satwa Saat Peringatan Hari Kartini

Kamis, 22 April 2021 09:02 Penulis: Umar Sjadjaah

Putu Ayu Saraswati - instagram.com/ayusarasw

Kapanlagi.com - Memperingati Hari Kartini pada 21 April ini, Puteri Indonesia Lingkungan 2020 yakni Putu Ayu Saraswati bersama Jakarta Aquarium & Safari (JAQS) menyatakan kekagumannya pada sosok-sosok perempuan tangguh di balik dunia konservasi satwa.

“Karena di April ini kita bertepatan tanggal 21 adalah hari Kartini. Kebetulan Jakarta Aquarium dan Safari memang sebuah lembaga konservasi jadi kita menyatukan ide-ide hubungan antara women empowerment atau emansipasi wanita dengan kelestarian alam dan juga satwa-satwa liar,” ujar Putu Ayu Saraswati di Jakarta Aquarium & Safari (JAQS), Neo Soho Mall, Jakarta Barat belum lama ini.

“Saya kagum pada para perempuan JAQS karena rasa cinta mereka yang tulus pada para satwa dan alam serta lingkungan dan itu terlihat dari cara mereka bekerja,” lanjutnya.

1. Kagumi Perempuan di Dunia Konservasi Satwa

Nuzulur Rakhmah © KapanLagi.com

Menurut Ayu Saraswati pekerjaan para perempuan di dunia satwa juga tidak mudah. Hal ini menunjukkan bahwa perempuan juga bisa berkontribusi dalam pelestarian satwa dan lingkungan.

“Setelah mengenal lebih dekat dan mengetahui bahwa tanggung jawab mereka sama dengan rekan kerja mereka yang laki-laki, tanpa perbedaan, terlihat sekali betapa besarnya rasa cinta dan dedikasi mereka,” ungkap Putu Ayu Saraswati.

“Ini menunjukkan perempuan itu mampu berkontribusi dalam pelestarian satwa dan lingkungan. Tantangannya adalah diri sendiri dan pemikiran bahwa masing-masing perempuan memiliki kapasitas yang sama, bahkan lebih, dan ini mematahkan ucapan bahwa wild life adalah dunianya para pria,” lanjutnya.

2. Makna Hari Kartini

Nuzulur Rakhmah © KapanLagi.com

Dalam kesempatan kali itu, Putu Ayu Saraswati pun memaknai hari Kartini sebagai pengingat dan penyemangat untuk dirinya agar bisa selalu membuat perubahan di era sekarang seperti yang dilakukan RA Kartini pada zaman penjajahan dulu.

“Kalau secara personal hari kartini sebagai reminder bahwa ternyata pada zaman dulu penjajahan saat itu pun ada sosok-sosok wanita yang datang untuk memberikan harapan dan bisa membuat perubahan bukan hanya untuk wanita tapi orang-orang di sekitar mereka. Seorang RA Kartini bisa membuat sebuah perubahan yang kita rasakan sekarang,” paparnya.

“Wanita yang hebat apabila seorang wanita bisa jujur terhadap dirinya sendiri, bisa mengikuti kata hatinya dan berani untuk mengambil tempat dan memimpin sebuah perubahan yang mereka ingin lihat,” pungkasnya.

(kpl/rhm/ums)

Reporter: Nuzulur Rakhmah


REKOMENDASI
TRENDING