Ayah Olla Ramlan Sudah 2 Tahun Mengidap Kanker Hati

Selasa, 05 Juni 2018 14:00 Penulis: Natanael Sepaya
Ayah Olla Ramlan Sudah 2 Tahun Mengidap Kanker Hati Olla Ramlan © KapanLagi.com/Akbar Prabowo Triyuwono

Kapanlagi.com - Sebuah kabar duka datang dari keluarga Olla Ramlan yang harus merelakan kepergian Ayahnya, Muhammad Ramlan. Olla Ramlan pun mengungkapkan kalau Ayahnya memang sudah sakit sejak sekitar 2 tahun lalu dengan indikasi adanya kanker hati yang sudah semakin menjalar selama setahun belakangan.

"Ya abah ini sebenarnya sudah sakit sekitar setahun yang lalu, mungkin kalau kita lihat diketahuinya dari setahun yang lalu. Tapi kemungkinan sakitnya itu sudah 2 tahun ya. Abah itu kanker hati ya yang kebetulan saat diketahui ini juga sudah menjalar gitu. Setahun itu juga udah menjalar kalau bisa dilihat," ujar Olla, saat ditemui di TPU Tanah Kusir, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (5/6).

Olla juga teringat jika Ayahnya masih terlihat sehat pada saat ia hamil di usia 4 bulan. Hanya saja pada momen yang sama Olla Ramlan menjelaskan kalau Ayahnya mulai mengeluh sakit. Ketika dibawa dan diperiksa, Olla dan keluarganya baru mengetahui jika Ayahnya mengidap kanker.

Olla Ramlan ungkap jika Ayahnya mengidap kanker hati © KapanLagi.com/Akbar Prabowo TriyuwonoOlla Ramlan ungkap jika Ayahnya mengidap kanker hati © KapanLagi.com/Akbar Prabowo Triyuwono

"Mungkin kalau kita flashback abah datang pertama kali pada saat 4 bulanan saya waktu lagi hamil. Nah di situ abah datang masih terlihat sehat cuma mulai mengeluh sakit ini itu. Kita periksa bawa check up diketahui ada cancer. Sampai akhirnya hari ini (meninggal)," lanjutnya.

Cynthia Ramlan yang juga hadir bersama Olla di peristirahatan terakhir Ayahnya mengatakan jika keluarga sempat ingin memastikan adanya kanker atau tidak. Namun ketika ditawarkan, sang Ayah menolak dan enggan menjalani endoskopi untuk memastikan keberadaan kanker.

"Sebenarnya dikasih tau dokter adalah cancer, cuma untuk memastikan itu cancer atau bukan mesti dilakukan endoskopi. Untuk melakukan endoskopi itu kami minta izin ke abah, abahnya tidak ingin melakukan itu. Jadi untuk tau pasti memang benar itu adalah cancer atau bukan, kita tidak bisa ada yang tahu, cuma dari beberapa dokter yang kita tanyain rata-rata menyebutkan bahwa ini ada indikasi cancer," pungkasnya.

(kpl/apt/ntn)


REKOMENDASI
TRENDING