Begini Kronologis Adik Ayu Azhari Kena Tipu Karyawan Hingga 10 Miliar

Jum'at, 19 Januari 2018 15:20 Penulis: Mita Anandayu
Begini Kronologis Adik Ayu Azhari Kena Tipu Karyawan Hingga 10 Miliar Medina Zein - Lukman Azhari

Kapanlagi.com - Adik Ayu Azhari, yakni Lukman Azhari dan istrinya Medina Zein mengalami tindak penipuan hingga mengalami kerugian sekitar Rp 10 miliar. Salah satu karyawan mereka di PT Medina Zein Global Travelindo yang menjabat sebagai manager operasional bernama Hermansyah melakukan penyelewangan jabatan dengan memalsukan tiket dan visa para calon jamaah umrah.

"Fenomena yang muncul akhir-akhir ini pada umumnya melakukan kejahatan adalah travel yang mengorbankan jamaah. Ada First Travel, Unggul Wisata, dan ada lagi yang akan bermasalah. Tetapi apa yang dialami MZ Travel yang ownernya adalah ibu Medina Zein dan Lukman Azhari ini ditipu oleh manajernya di perusahaan yang bernama Herman. Saudara Herman ini melakukan tindak pidana pemalsuan dokumen dalam hal ini pemalsuan tiket dan penggelapan tidak kurang dari 5, 7, bahkan 10 miliar," ungkap Razman Arief Nasution selaku pengacara Medina dan Lukman.

Beruntung Razman mengungkap sang pelaku telah tertangkap dan ditahan di Polres Soekarno-Hatta. Kini pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kapolres, Kasat dan Penyidik tengah mencari orang-orang yang diduga bekerja sama dengan Herman dalam kasus ini.

Medina Zein dan Lukman Azhari rugi hingga 10 miliar (Credit: kapanlagi.com/Muhammad Akrom  Sukarya)Medina Zein dan Lukman Azhari rugi hingga 10 miliar (Credit: kapanlagi.com/Muhammad Akrom Sukarya)

"Bagaimana cara melakukan modusnya itu patut diduga melakukan kerja sama dengan pihak lain sehingga bisa memberangkatkan orang. Dan pada satu waktu bulan Desember itu, fiksi sent sehingga orang berangkat di situ ketahuan bahwa tiketnya palsu dan hampir saja. Kalau misalnya tidak tertangkap saudara Herman saat itu, maka patut diduga Medina Zein-lah yang menelantarkan jamaahnya. Oleh karena itu sekarang saudara Herman sudah ditahan di Polres Soekarno Hatta dan saya sudah koordinasi dengan Kapolres, Kasat, dan penyidik sedang mencari orang-orang yang patut diduga kerjasama dengan beliau," lanjut Razman.

Lukman Azhari dan Medina Zein bersama dengan pengacara Razman Arief Nasution saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Rabu (17/1) pun juga menceritakan kronologis penipuan yang dilakukan Herman. Pihak Medina Zein ternyata sudah mencurigai Herman melakukan tindak kecurangan di perusahaan.

"Kronologisnya, Herman kan orang kepercayaan saya 3 tahun di MZ Tour Travel. Kemarin ada high season bulan Desember, ada banyak jamaah yang tidak bisa check-in karena tiketnya palsu. Jadi saya berpikir mungkin dia mau melarikan diri atau bagaimana akhirnya jamaah kita inapkan di hotel bandara, 2 hari setelahnya kita berangkatkan. Tapi kerugiannya selain tiket pesawat kita juga harus booking hotel di Mekkah Madinah segala macam, terus ketambah si pelaku hanya vendor ketika tanggal 23 saja tapi banyak memalsukan berkas-berkas dokumen ke vendor-vendor lain sehingga kerugiannnya bisa 7-10 miliar jika dijumlah sampai hari ini," ungkap Medina Zein.

(kpl/aal/mit)

Reporter:

Sahal Fadhli


REKOMENDASI
TRENDING