SELEBRITI

Beri Contoh Buruk Pada Masyarakat, KPAI Kecam Kriss Hatta Pacari Anak Usia 14 Tahun

Rabu, 28 September 2022 15:02

Kriss Hatta dikecam oleh KPAI © KapanLagi.com/Muhammad Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Sabtu pekan lalu (24/9/2022) Kriss Hatta membuat pernyataan mengejutkan terkait pacar barunya. Kepada awak media, ia mengaku tengah menjalin hubungan asmara dengan perempuan berusia 14 tahun.

Kriss memilih merahasiakan identitas sang pacar yang berprofesi sebagai pemain sinetron. Hal tersebut karena ia tak ingin hubungan mereka kandas, terlebih bila kemudian dianggap terkenal jalur panjat sosial.

1. Beri Contoh Buruk

Pernyataan Kriss Hatta mengenai hubungan dengan pacarnya menuai kontra dari publik. Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) pun buka suara dan mengecam hubungan tersebut.

"Terkait hal ini saya selaku Komisioner KPAI menyampaikan mengecam Kriss Hatta sebagai publik figur yang telah memberikan contoh buruk pada masyarakat terutama para remaja. Hal ini berpotensi ditiru oleh masyarakat Indonesia," kata Retno Listyarti selaku Komisioner KPAI dikutip dari rilis yang diterima KapanLagi.com, Rabu (28/9/2022).

2. Glorifikasi Pernikahan Usia Anak

Pihak KPAI juga mengecam pernyataan Kriss Hatta terkait keinginan menikahi sang pacar setelah lulus SMA. Hal ini bertentangan dengan pemerintah pusat dan daerah yang sedang giat menurunkan angka perkawinan anak.

"Kriss Hatta juga menyatakan kalau akan menikah segera dengan sang pacar setelah lulus SMA, hal ini juga berpotensi menjadi glorifikasi pernikahan usia anak. Padahal pemerintah pusat dan daerah sedang giat-giatnya berjuang menurunkan angka perkawinan anak," imbuh Retno.

3. Harusnya Dukung Program Pemerintah

Sebagai publik figur, KPAI berharap Kriss Hatta bisa mendukung program pemerintah. Bukan malah membuat potensi dilakukan pernikahan usia anak.

"Publik figur harusnya mendukung program pemerintah yang berdampak baik bagi bangsa ini. Perkawinan anak berpotensi kuat membuat anak kehilangan hak-haknya untuk tumbuh kembang secara optimal," tegasnya.

REKOMENDASI
TRENDING