SELEBRITI

Divonis 10 Bulan Penjara, Chyntiara Alona Menangis Merasa Tidak Mendapat Keadilan

Kamis, 09 Desember 2021 20:49

Cynthiara Alona divonis 10 Bulan Penjara / Credit Foto: KapanLagi.com - Budy Santoso

Kapanlagi.com - Artis Chyntiara Alona dinyatakan bersalah melanggar Pasal 296 KUHP atas dugaan kasus praktik prostitusi anak di bawah umur. Atas kesalahannya itu, Alona dihukum 10 bulan penjara dalam sidang beragendakan putusan yang digelar di Pengadilan Negeri Tangerang, Rabu (8/12/2021).

Mendengar hasil putusan tersebut, Alona yang mengikuti jalannya persidangan secara virtual terlihat menangis. Ia merasa hasil dari persidangan tak adil.

"Saya butuh keadilan," ujar Alona sambil menangis.

1. Tidak Merasa Melanggar Hukum

Disinggung perihal Alona yang meminta keadilan, Kasman Eli, kuasa hukum Alona mengatakan, kliennya tersebut memang sejak awal ingin dibebaskan karena merasa tidak melakukan pelanggaran hukum sebagaimana jerat Pasal yang disangkakan kepadanya.

"Yang bersangkutan memang tidak melakukan perbuatan yang dituduhkan, oleh karena itu minta dibebaskan. Ya karena memang tidak pernah melakukan perbuatan, kan majelis hakim sependapat. Memang tidak ada eksploitasi anak yang dilakukan oleh ibu Alona, itu perlu digarisbawahi," tuturnya.

2. Awal Mula Cynthiara Alona Ditangkap

Seperti diketahui Chyntiara Alona ditangkap bersama dua orang lainnya, yakni AA dan DS pada Maret 2021 karena diduga melakukan tindak dugaan praktik prostitusi anak di bawah umur yang dilakukan di Hotel Alona di kawasan Ciledug, Tangerang, Banten.

"Saya tegaskan putusan majelis hakim, Chyntiara Alona tidak terbukti melakukan perbuatan eksploitasi anak seperti yang dituduhkan oleh Jaksa Penuntut Umum. Majelis menggunakan dakwaan alternatif kedua, memutuskan terdakwa dianggap mempermudah, perbuatan yang dilakukan oleh saudara AA dan DS," tuturnya.

Ketiganya dijerat dengan Pasal 88 jo Pasal 76 Huruf I Undang Undang Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan anak.

3. Awalnya Dituntut 6 Tahun Penjara

Awalnya, pihak JPU menuntut Cynthiara Alona agar dihukum 6 tahun penjara dan denda Rp200 juta subsider enam bulan penjara terkait kasus dugaan praktik prostitusi anak di bawah umur. Usai mendengar tuntutan JPU kala itu, Cynthiara Alona syok dan menangis.

"Dia (Alona) nangis, syok pas tuntutan kemarin," kata Halim Darmawan saat dihubungi, Kamis (4/11/2021).

(kpl/dan/gtr)


REKOMENDASI
TRENDING