SELEBRITI

Ikuti Trending Topik Seputar Video Syur Mirip Gisella Anastasia, Roy Suryo: Jangan Terlalu Cepat Memvonis

Sabtu, 07 November 2020 17:31

Gisella Anastasia © Rio Motret

Kapanlagi.com - Gisella Anastasia menjadi trending topik di media sosial setelah beredar cuplikan video syur mirip dirinya. Tak hanya jebolan Indonesian Idol ini, nama Wijin dan Gading Marten juga ikut terseret menjadi topik yang banyak dicari sejak hari Jumat (6/11) malam tadi.

Kabar beredarnya video mirip Gisella Anastasia juga sampai ke telinga Roy Suryo. Ahli Telematika ini ternyata juga mengikuti dan ikut mengamati topik trending seputar video kontroversial mirip Gisella Anastasia tersebut.

"Semenjak semalam saya sudah ikuti trending topik di sosmed ada #Gisel #Wijin #Gading #Pemersatu #Videonya #Linknya dan sudah juga mengamati apa-apa yang diperbincangkan," ujar Roy Suryo saat dihubungi melalui pesan Whatsapp, Sabtu (7/11/2020).

1. Temukan Kemiripan

Sejak beredarnya kontroversi mirip Gisella Anastasia, netizen banyak mencocokkan bukti-bukti seperti interior kamar bahkan baju yang dikenakan oleh sosok dalam video cuplikan tersebut. Menurut Roy Suryo, hal-hal tersebut bisa menjadi petunjuk siapa pelakunya.

"Untuk dapat memastikan dua sosok yang berada dalam video berdurasi 19 detik tersebut, sebenarnya netizen bisa melihat selain kepada wanitanya, juga kepada lelakinya. Apakah memang benar yang bersangkutan seperti apa yang disebut-sebut selama ini atau orang lain," tutur Roy Suryo.

"Selain itu juga bisa melihat kepada interior kamar, misalnya gorden dan tayangan TV tampak orang berjenggot dengan background biru dan teks, selain beberapa barang lain yang berada di sekitarnya bisa jadi petunjuk," sambungnya.

2. Azas Praduga Tak Bersalah

Namun, kemiripan dalam video tersebut tidak bisa dijadikan patokan untuk memutuskan bahwa sosok dalam video benar-benar seperti dugaan para netizen. Roy Suryo menekankan agar selalu mengedepankan azas praduga tak bersalah.

"Kita kedepankan azas praduga tidak bersalah terlebih dahulu. Karena sosok-sosok dalam video saat ini banyak sekali terdapat kemiripan. Apalagi postur seperti ini sering muncul dalam video-video Korea atau Tiongkok. Namun yang menarik, saya amati ternyata topik ini bisa memunculkan 'persatuan' di dunia maya," katanya.

3. Jangan Cepat Memvonis

Lebih lanjut, Roy Suryo juga menyampaikan agar publik tidak cepat memvonis apa pun seputar kontroversi ini sebelum ada klarifikasi maupun pengaduan dari pihak terkait.

"Maaf saya lagi posisi di Jogja sehingga tidak bisa bertemu langsung, sementara penjelasan saya cukup ini saja dulu. Sekali lagi jangan terlalu cepat memvonis sampai ada klarifikasi atau bahkan pengaduan (lagi) dari sosok yang disebut-sebut," pungkasnya.

4. Gisella Anastasia Buka Suara

Di sisi lain, Gisella Anastasia akhirnya buka suara soal video panas yang mirip dengan dirinya. Saat dihubungi oleh KapanLagi.com, Gisel yang saat ini tengah berada di Sumba ini mengaku bahwa dirinya bingung harus bagaimana.

"Aku bingung klarifikasinya gimana. Soalnya juga udah bukan kali pertama yah kena di aku," kata Gisella Anastasia saat dihubungi lewat pesan WhatsApp, Sabtu (11/7/2020).


REKOMENDASI
TRENDING