SELEBRITI

Klarifikasi Deddy Corbuzier Soal Wawancara Bareng Siti Fadilah yang Dianggap Tanpa Izin

Selasa, 26 Mei 2020 17:50

Deddy Corbuzier (credit: Kapanlagi.com/Muhammad Akrom Sukarya)

Kapanlagi.com - Dalam salah satu video podcast yang diunggah di kanal Youtube-nya, Deddy Corbuzier melakukan wawancara berasama mantan menteri kesehatan, Siti Fadilah. Kini video tersebut justru jadi kontroversi.

Baru-baru ini pihak Kemenkumham mengklaim kalau Deddy tak memiliki izin untuk melakukan wawancara dengan Siti Fadilah yang saat ini sedang jadi terpidana kasus korupsi.

Deddy Corbuzier pun akhirnya angkat bicara terkait tudingan yang dilayangkan padanya. Lewat sebuah video yang diunggah di instagramnya beberapa jam lalu, Deddy menyampaikan klarifikasinya.

 

1. Klarifikasi Deddy Corbuzier

"Saya Deddy Corbuzier, di video ini saya ingin memberikan sedikit informasi perihal tentang podcast yang terjadi antara saya dengan ibu Siti Fadilah," ucap pria 43 tahun itu.

Pada video berdurasi hampir 4 menit itu Deddy Corbuzier dengan tegas menyebut jika dirinya sudah mendapatkan izin. Ia mengaku telah diizinkan langsung oleh Siti Fadilah.

2. Diizinkan oleh Siti Fadilah

"Video tersebut terjadi di rumah sakit ketika saya bersilaturahmi dengan ibu Siti Fadilah. Dan saya meminta izin kepada ibu Siti Fadilah dan diizinkan tanpa sedikitpun paksaan. Karena beliau menginginkan agar ada informasi untuk masyarakat Indonesia yang bisa membantu bangsa kita untuk segera menyelesaikan pandemi Covid-19," tutur Deddy Corbuzier.

3. Tidak Mengandung Hoax

Ia juga menjelaskan kalau semua informasi yang disampaikan dalam podcast-nya itu tidak mengandung hoax.

"Video tersebut tidak mengandung unsur hoax, tidak mengandung unsur provokatif sama sekali. Video tersebut hanyalah sebuah informasi untuk masyarakat dan untuk bangsa kita. Untuk segera menghabiskan pandemi Covid-19," pungkas Deddy.

4. 4 Orang Kunjungi Siti Fadilah

Sebelumnya, kepala Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham, Rika Aprianti menuturkan jika ada 4 orang tamu yang sempat berkunjung ke kamar perawatan Siti Fadilah di RSPAD.

"Bahwa pada pukul 21.30 WIB, ada 4 orang (2 laki-laki, 2 perempuan) yang masuk ke ruang rawat Siti Fadilah mengenakan masker. Dan salah satunya menggunakan penutup kepala dari jaket dan mengenakan ransel. Satu di antaranya adalah Deddy Corbuzier," ujar Rika seperti dikutip dari Kumparan.com.

5. Langgar Aturan Ini

Dilansir dari Tempo.co, Deddy Corbuzier dianggap melanggar Peraturan Menteri Hukum dan HAM RI tentang Pengelolaan dan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi pada Direktorat Jenderal Pemasyarakatan, Kantor Wilayah Kemenkumham dan UPT Pemasyarakatan, Oktober 2011.

Bila ingin melakukan wawancara, Deddy harus mengantongi izin dari Ditjenpas terlebih dahulu. "Pada pasal 28 (1) menyatakan bahwa peliputan untuk kepentingan penyediaan informasi dan dokumentasi harus mendapat izin secara tertulis dari Ditjenpas," ujar Rika.

6. Video Klarifikasi Deddy Corbuzier

 
 
 
View this post on Instagram

Pertama saya ingin memberitahukan bahwa Saya tidak terikat oleh partai, golongan atau kepentingan apapun di dalam podcast saya kecuali Indonesia. tidak ada HOAX maupun PROVOKASI di dalam Podcast tersebut. Masalah Korupsi dll adalah pembelaan beliau yang sudah banyak di media lain. Masalah beliau pernah membantu Indonesia dan dunia menghadapi kasus Sars pun sudah banyak di media lain. Ibu Siti memberikan saya ijin bahkan minta untuk memberikan info yang bisa membantu negara kita tuk menghadapi Covid19. Tujuan dari podcast tersebut adalah untuk kepentingan rakyat dan bangsa kita melawan Covid19. Di luar beliau koruptor atau tidak, yang kita ambil adalah ilmu nya bagi bangsa kita.. Saya paham ketika media memunculkan berita dari berbagai angel.. Tapi saya mohon, kasian Ibu Siti saat ini.. Yuk kita ambil positif nya saja. Ambil ilmu nya.. Tuk Indonesia.

A post shared by Deddy Corbuzier, Ph.D (@mastercorbuzier) on May 26, 2020 at 1:59am PDT

instagram.com/mastercorbuzier


REKOMENDASI
TRENDING