Korban Perkosaan Tuntut Polisi Segera Periksa Sitok Srengenge

Sabtu, 08 Februari 2014 12:11 Penulis: Darmadi Sasongko
Korban Perkosaan Tuntut Polisi Segera Periksa Sitok Srengenge Sitok Srengenge
Kapanlagi.com - RW, mahasiswa korban perkosaan Sitok Srengenge meminta kepada pihak kepolisian untuk segera memeriksa sang sastrawan tersebut. Sudah tiga bulan lebih sejak laporan, pelaku tidak juga diperiksa.

"Sudah hampir 3 bulan semenjak pelaporan, kasus ini tidak mengalami perkembangan berarti terutama terkait dengan belum diperiksanya pelaku," kata Iwan Pangka, pengacara RW, kepada merdeka.com, Jumat (7/1).

Waktu tiga bulan, menurut Iwan, sudah terlalu lama untuk suatu proses pemeriksaan kasus kekerasan seksual. Dia mengkhawatirkan kasus ini akan tenggelam dan kurang diperhatikan, mengingat adanya kegiatan Pemilu yang akan segera dilaksanakan.

RW © Merdeka.comRW © Merdeka.com

"Saya khawatir, prioritas aparat kepolisian untuk melakukan penanganan keamanan serta ketertiban masyarakat pada masa pemilu turut berpengaruh terhadap kasus ini, lantas dampak terburuknya kasus ini mungkin saja akan dihentikan," katanya.

Iwan berharap pihak kepolisian segera memeriksa pelaku, memberikan informasi dan kepastian hukum atas kasus ini secara terbuka kepada publik.

"Saya dan elemen masyarakat yang tergabung dalam gerakan sosial serta masyarakat pada umumnya akan terus mengawal kasus ini sampai pelaku mendapat hukuman yang sesuai dengan pasal 285 KUHP," tandasnya.

"Hanya keadilan pada akhirnya yang dapat membantu pemulihan korban," pungkasnya.

Sitok dilaporkan pada 29 November 2013 ke Polda Metro Jaya dengan nomor pengaduan TBL/4245/XI/2013/PMJ/Dit Reskrimum. Sebagai korban, RW sudah diperiksa oleh penyidik Polda Metro Jaya pada tanggal 20 Desember 2013 di Fakultas Hukum UI.

RW sendiri sudah melahirkan bayi perempuan di sebuah rumah sakit di Jakarta pada 31 Januari 2014 pukul 21.15 WIB.

(kpl/mdk/dar)


REKOMENDASI
TRENDING