SELEBRITI

Lahirkan Putra Ketiga Secara Prematur, Asri Welas Menyesal Tak Jaga Kesehatan

Selasa, 16 April 2019 20:10 Penulis: Rezka Aulia

Asri alami diare hingga air ketuban berkurang dan harus melahirkan lebih awal. © KapanLagi.com/Akrom Sukarya

Kapanlagi.com - Asri Welas melahirkan anak ketiga berjenis kelamin laki-laki pada Senin kemarin (15/4/2019) pukul 06.15 WIB di RSIA Bunda, kawasan Menteng, Jakarta Pusat. Bayi tampan tersebut diberi nama Renzo Gibrar Ridharaharja.

Gibrar dilahirkan lebih cepat dari prediksi semula. Hal itu dikarenakan Asri mengalami diare selama beberapa hari sehingga air ketubannya berkurang.

"Saya menderita diare sampai cuma keluar air gitu. Kemudian jadi sedih karena harusnya 29 April (lahir), dimajukan dua minggu lebih awal," kata Asri dalam jumpa pers.

Dokter Dimple Nagrani yang membantu perawatan Gibrar memberi penjelasan lebih lanjut. "Kami menyebut oligohidramnion, jadi karena kekurangan air ketuban, maka terpaksa harus dilahirkan lebih cepat karena demi kebaikan anaknya juga. Kalau nutrisi dari ibu nggak sampai, bayinya tidak bisa bertumbuh, berkembang dengan baik," jelasnya.

1. Kondisi Bayi Sehat

Mengingat lahir dalam kondisi prematur, setelah proses persalinan Gibrar langsung dibawa ke NICU. Asri Welas begitu bersyukur karena kondisi dan respon anaknya normal meski tidak untuk berat badan.

"Selesai dilahirkan bayi langsung diobservasi. Memang dia menangis begitu lahir tapi tetap sebagai prosedur, kalau bayi dibawah dua kilo harus diobservasi. Di sana kita memastikan suhunya stabil, kemudian reflek hisab atau menyusui bagus. Kita memastikan tubuhnya sudah mature, matang. Ternyata hasilnya oke," tambah Dimple Nagrani.

2. Menyesal Tak Jaga Kesehatan

Lebih lanjut Asri Welas mengungkap rasa penyesalan karena tak bisa menjaga kondisi kesehatannya sehingga sang anak lahir prematur. Pengalaman ini benar-benar dijadikan pelajaran berharga oleh pemain film KELUARGA CEMARA tersebut.

"Sejak awal hamil memang serba kurang. Tiga bulan pertama kurang zat besi harusnya sebelas cuma punya tiga. Nah ini mungkin karena kelalaian saya juga, maksudnya mungkin makannya nggak bersih, sehingga saya diare," ucap Asri.

"Tapi bayinya alhamdulilah nggak papa, kepalanya bagus, organnya semua bagus, matanya juga nggak kenapa-napa. Cuma sayanya yang tidak bisa memberikan dengan baik nutrisi untuk si bayi. Itu kan sangat membahayakan dianya, itu kenapa saya nangis kemarin," tandas Asri dengan mata berkaca-kaca.

 


REKOMENDASI
TRENDING